OUR NETWORK

Alami Anemia, Waspadai 5 Bahaya Ini Ladies

Alami Anemia, Waspadai 5 Bahaya Ini Ladies
Foto: achieveclinical.com

Tak sedikit orang yang beranggapan penyakit anemia itu sepele dan tidak berbahaya. Cukup dengan mengonsumsi obat penambah darah, lalu selesai. Well, anggapan ini sebenarnya tidak tepat, Ladies. Justru kamu perlu berhati-hati jika mengalami anemia. Pasalnya, ketika kamu mengalami anemia, tubuhmu tengah berada pada kondisi yang sangat rentan. Kurangnya perlindungan dari sel darah merah, membuat tubuhmu menjadi mudah terserang penyakit. Untuk lebih jelasnya lagi, dilansir dari All Women’s Talk, berikut ini beberapa bahaya yang kemungkinan besar muncul ketika kamu anemia dan perlu kamu waspadai, Ladies.

Baca juga: 5 Tanda Penyakit Anemia yang Lebih Banyak Menyerang Para Wanita

1. Rentan Terinfeksi

Ketika tubuhmu mengalami anemia itu berarti tubuhmu kekurangan sel darah merah. Dengan kata lain, sel-sel tubuhmu mendapatkan lebih sedikit oksigen dan nutrisi dari biasanya. Jika anemiamu berlangsung lama, tentunya tubuhmu akan kekurangan nutrisi terus-menerus hingga membuat sel-sel tubuh melemah dan rentan terhadap infeksi, serta dapat menghambat kerja sistem kekebalan tubuhmu.

2. Lemah dan Mudah Lelah

Ketika sel-sel kekurangan nutrisi yang dibutuhkan dalam jangka waktu lama, tentunya hal ini akan membuat tubuh kehilangan kekuatan hingga menjadi lemah.

Alami Anemia, Waspadai 5 Bahaya Ini Ladies
Foto: naturallysavvy.com

3. Tekanan Darah Rendah

Salah satu bahaya paling umum saat anemia ialah tekanan darah rendah. Jangan dianggap bahwa tekanan darah rendah lebih ringan dari tekanan darah tinggi, ya Ladies. Keduanya sama-sama berbahaya. Tekanan darah rendah berkaitan dengan kurangnya kandungan oksigen dalam darah. Tentunya, dengan kurangnya asupan oksigen pada tubuh dari darah dalam jangka waktu lama akan menyebabkan tekanan darah rendah yang bisa berdampak pada sejumlah komplikasi selanjutnya.

4. Pusing dan Pingsan

Ini merupakan salah satu konsekuensi dari tekanan darah rendah. Bahaya ini akan terjadi ketika kadar oksigen dalam otak yang biasanya dibawa oleh darah semakin berkurang. Jika ini terjadi, dikhawatirkan akan menyebabkan bahaya selanjutnya seperti kecelakaan dan lainnya.

5. Sakit Dada Parah

Di saat tubuh kekurangan oksigen, pada kondisi anemia, jantung akan berdetak lebih cepat dari biasanya. Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama, tubuh terutama dada akan merasakan nyeri yang cukup parah, bahkan, lebih buruknya lagi, hal ini dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti angina dan serangan jantung hingga kematian.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Gejala Hipotensi

Nah, setelah mengetahui berbagai bahayanya ini, sangat disarankan untuk tidak menganggap remeh anemia, ya, apalagi mengabaikannya. Jika kamu kini sedang mengalaminya, segera obati dan beristirahat yang cukup agar terhindar dari bahaya di atas, ya Ladies.

 

Sumber: Allwomenstalk

Comments

Loading...