OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

9 Hal yang Tidak Kamu Sadari Terjadi pada Kulit Saat Tidur (Bagian 1)

Ladies pasti sudah tahu dong bahwa tidur malam yang baik diperlukan untuk merasa cukup istirahat dan segar di pagi hari. Selain itu, tidur juga penting untuk kesehatan kulit. Dalam sebuah penelitian kecil yang diterbitkan di Royal Society Open Science, para peneliti menemukan bahwa rasa daya tarik, kesehatan, kantuk, dan kepercayaan dinilai lebih rendah di antara orang-orang yang kekurangan tidur selama dua hari. Dengan kata lain, kurang tidur selama beberapa hari akan membuatmu tampak kurang menarik dan sehat bagi orang lain.

Jadi, apa sebenarnya yang terjadi pada kulitmu saat tidur? Dan apa akibat kurang tidur? Simak di bawah ini ya!

1. Sel-sel kulit beregenerasi

9 Hal yang Tidak Kamu Sadari Terjadi pada Kulit Saat Tidur (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Ladies mungkin mengetahui dengan baik bagaimana tidur memengaruhi tubuh, tetapi tahukah kamu bahwa sel-sel kulit masuk ke mode makeover saat kamu tidur, Ladies? Beberapa penelitian, termasuk penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology, menunjukkan pertumbuhan dan perbaikan sel kulit terjadi di malam hari. 

“Saat itulah mitosis sel—pembelahan sel yang memperbarui dan memperbaiki kulit—mencapai puncaknya, baik Anda tidur atau tidak,” kata Dennis Gross, MD, dokter kulit yang berbasis di New York City dan pendiri Dr. Dennis Gross Skincare. “Ini adalah saat sel membutuhkan nutrisi paling banyak, dan ketika manfaat anti-penuaan mereka memiliki dampak maksimal.”

2. Kulit lebih mudah menerima produk tertentu

9 Hal yang Tidak Kamu Sadari Terjadi pada Kulit Saat Tidur (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Masa renewal kulit adalah masa di mana Ladies akan mendapatkan dampak maksimal dari produk dengan kandungan anti-penuaan. Itu menjelaskan prevalensi masker wajah tidur dan produk kecantikan semalaman. “Pakailah produk dengan kandungan berat di malam hari, seperti retinol dan asam glikolat,” kata Mona Gohara, MD, profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine.

Alasan lain untuk mengaplikasikan retinol di malam hari adalah sinar matahari dapat memecah bahan aktifnya, menyebabkan iritasi, dan juga membuat Ladies lebih sensitif terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Untuk meminimalisasi risiko iritasi, Dr. Gohara menyarankan untuk mengganti produk retinol dan glikolat dengan kandungan alternatif lain, seperti bakuchiol, dan pastikan selalu mengoleskan sunscreen di pagi hari.

Baca juga:

Latihan Simpel Mengencangkan Kulit Muka dan Rahang

3. Kulit kehilangan kelembapan

9 Hal yang Tidak Kamu Sadari Terjadi pada Kulit Saat Tidur (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Ekskresi sebum (minyak) kulit memuncak pada tengah hari, dan produksi sebum berkurang pada malam hari, menurut Sonoa Au, MD, dari Advanced Dermatology, P.C. di Brooklyn, New York. 

Ladies akan kehilangan lebih banyak air di malam hari ketika Ladies tidak memiliki lapisan pelindung minyak alami pada kulit. Kehilangan air dari kulit disebut kehilangan air transepidermal, dan itu terjadi menjelang pengujung hari dan malam. Sangat penting untuk mengisi kembali kehilangan air dengan pelembab semalaman untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersih, saran Dr. Au.

4. Suhu kulit berubah

9 Hal yang Tidak Kamu Sadari Terjadi pada Kulit Saat Tidur (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Saat Ladies tidur, kulitmu menjadi sedikit lebih panas dan sedikit lebih asam, kata Dr. Au. “Faktor-faktor itu berkontribusi pada kulit yang sedikit lebih kering. Itu sebabnya dokter kulit sering merekomendasikan untuk memakai krim yang lebih berat di malam hari, tetapi itu tergantung pada jenis kulit Anda.” Jika Ladies memiliki kulit berminyak, tambahnya, Ladies tidak ingin memakai sesuatu yang terlalu tebal karena dapat menyebabkan jerawat atau cyst.

Masih banyak lagi hal menakjubkan lain yang terjadi saat kamu tidur, nantikan bagian duanya ya!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles