OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Penyebab Sibling Rivalry yang Tidak Kamu Sadari, Begini Atasinya!

Penyebab sibling rivalry tanpa sadar kita pasti pernah merasakannya. Kita merasakan kecemburuan, pertengkaran, terhadap saudara kandung sendiri. Bahkan, beberapa ahli mengatakan persaingan saudara kandung berasal dari anak-anak yang bersaing untuk mendapatkan cinta orang tua mereka. Ini adalah hal yang wajar kok Ladies, apalagi saat masih kita masih kecil. 

Namun, jika sampai saat ini kamu masih menganggap saudaramu adalah rival, ini yang harus diperhatikan. Biasanya pertengkaran yang terjadi antar saudara kandung ini akan mereda seiring berjalannya waktu.

Namun, jika konflik pertengkaran ataupun persaingan ini berlanjut hingga saat ini, maka ini bisa menjadi konflik seumur hidup. Maka dari itu, yuk kita pahami apa saja penyebab dari sibling rivalry ini agar kita sadar dan bisa cepat mengatasinya!

Baca juga: Kourtney Kardashian Beberkan Alasan Pertengkaran Berdarah Dengan Kim Kardashian

Apa saja sih penyebab sibling rivalry?

Penyebab Sibling Rivalry yang Tidak Kamu Sadari, Begini Atasinya!
Sumber; pexels.com

Ladies, perlu kamu tahu ada beberapa penyebab timbulnya sibling rivalry tanpa kita sadari loh. Jika ini dibiarkan dapat membuat hubungan persaudaraan diantara kalian bisa hancur. Nah, inilah penyebab munculnya sibling rivalry ini. Antara lain:

1. Harapan dari orang tua

Ini tanpa sadar membuat kita berusaha untuk terus memenuhi harapan dari para orang tua. Namun, sayangnya ini juga dapat menimbulkan perasaan takut gagal. Sehingga, perasaan takut gagal ini akan membuatmu merasa tersaingi ketika saudara kandungmu dapat memenuhi harapan dari orang tua kalian.

2. Label juga jadi penyebab sibling rivalry

Terkadang, para orang tua akan memberikan label kepada anak mereka. Seperti anak pintar, anak rajin, anak pemberontak, anak badung, dan sebagainya. Pelabelan ini sayangnya akan bertahan cukup lama dan membuat para anak akan merasa dibanding-bandingkan oleh orang tua mereka. Sehingga, ini akan memunculkan perasaan tersaingi dan dapat mempengaruhi hubungan persaudaraan kalian.

3. Favoritisme

Salah satu sumber daya paling berharga yang diperebutkan saudara kandung adalah cinta dan persetujuan orang tua mereka. Jika orang tua kamu menunjukkan sikap pilih kasih terhadap seorang anak, secara tidak sadar ini dapat membahayakan dan bahkan menghancurkan hubungan saudara kandung. Kamu akan selalu memandang iri terhadap saudaramu.

4. Pernikahan

Suatu pernikahan bisa menjadi salah satu penyebab sibling rivalry loh Ladies. Pernikahan bisa sangat menegangkan dan dapat menyebabkan banyak perasaan terluka di antara saudara kandung. Beberapa saudara mungkin merasa seperti ditinggalkan, atau bahkan ini bisa menjadi konflik bagi saudara kandung yang lebih tua belum menikah.

5. Menjadi lebih mapan

Saat saudara kandung bertambah tua dan lebih mapan dalam kehidupan mereka sendiri, ini dapat memunculkan sibling rivalry di antara kalian. Mulai dari kepemilikan rumah, anak-anak, pendidikan, karier, masalah uang, dan banyak realitas kehidupan lainnya dapat meningkatkan persaingan antara saudara kandung. Kalian akan membandingkan bagaimana kehidupan satu sama lain.

Cara mengatasi sibling rivalry

atasi penyebab sibling rivalry
Sumber; pexels.com

Nah, kamu sudah memahami apa yang menjadi penyebab munculnya persaingan yang terjadi antara kamu dan saudara kamu. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan loh Ladies. Ini dapat membantu hubungan persaudaraan kamu menjadi lebih baik dan mengurangi perasaan saling tersaingi di antara kalian, yaitu:

  • Saling komunikasikan satu sama lain
  • Saling terbuka satu sama lain
  • Saling minta maaf dan memaafkan
  • Selesaikan kesalahpahaman secepat mungkin
  • Bertanggung jawab atas peran masing-masing
  • Menjadikan saudara kandung kita sebagai teman
  • Luangkan lebih banyak waktu bersama
  • Mencoba memahami satu sama lain

Nah, itulah beberapa penyebab sibling rivalry dan cara penyelesaiannya. Tidak peduli berapa usia kalian sekarang, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki hubungan di antara saudara kandung. Hubungan saudara kandung adalah hubungan yang bertahan seumur hidup Ladies, jadi jangan biarkan kesalahpahaman dan rasa iri menghancurkan hubungan itu ya, Ladies.

 

Sumber: foreverfamilies.byu.edu

Must Read

Related Articles