OUR NETWORK

7 Foundation Noncomedogenic Terbaik

7 Foundation Noncomedogenic Terbaik
Foto: whatwomanneeds.com

Ladies yang memiliki masalah jerawat, breakout, dan pori-pori besar pasti sering kesulitan menemukan foundation yang tidak menimbulkan masalah lebih besar setelah dipakai. Daripada berjudi dengan memilih sembarang foundation, lebih baik Ladies pilih saja noncomedogenic foundation yang benar-benar diformulasikan untuk menghindari penyumbatan pori-pori.

FYI, komedo adalah istilah medis bagi pori yang tersumbat. Komedo ini bisa terbuka dan berubah menjadi blackhead (saat minyak dan bakteri yang menyumbat pori sudah teroksidasi dan berubah warna), atau tertutup alias whitehead. Jika Ladies cenderung memiliki pori yang lebih besar, maka penggunaan makeup berat setiap hari akan semakin menyumbat pori dan hasilnya, komedo akan terusssss bertambah tidak peduli seberapa banyak sabun cuci muka dan produk eksfoliasi yang sudah Ladies gunakan. Nah, kosmetik noncomedogenic biasanya mengganti bahan tradisional kosmetik yang alternatif yang lebih ringan dan bebas minyak sehingga tidak akan masuk ke pori-pori dan memicu penyumbatan.

Baca juga: Matte Foundation untuk Kulit Berminyak, Anti Kilau dan Tetap Terhidrasi

Namun, seperti istilah hypoallergenic, saat ini belum ada regulasi yang mengatur standar noncomedogenic. Dengan kata lain, tidak ada tes resmi atau daftar periksa yang perlu dipenuhi suatu produk sebelum berhak menggunakan embel-embel noncomedogenic. Oleh sebab itu Ladies perlu melakukan riset mengenai efek penyumbatan wajah suatu produk, yang ternyata bisa berbeda-beda di setiap orang! Well, nggak heran deh kalau regulasi nonkomedogenik ini sulit dibuat. Akan tetapi, Ladies masih bisa melakukan riset dengan memeriksan komposisi produk, apakah menggunakan emolien berat, seperti cocoa butter, minyak kelapa, serta isopropil miristat, isopropil isostearat, lanolin asetat, dan miristil miristat, yang semuanya dikenal sebagai penyebab penyumbatan.

Biar Ladies tidak bingung dan pening, Byrdie sudah membuat daftar rekomendasi foundation noncomedogenic.

1. NARS All Day Luminous Weightless Foundation ($34)

7 Foundation Noncomedogenic Terbaik
Foto: byrdie.com

Long-wear foundation seringkali menjadi penyebab utama dari penyumbatan pori, tetapi foundation dari NARS ini berbeda. Formulanya sih memang ringan, tetapi pigment payoff-nya luar biasa mantap! Alhasil foundation ini memberikan coverage tanpa menyumbat kulit. Keren!

2. Vichy Dermablend Fluid Corrective Foundation ($15)

7 Foundation Noncomedogenic Terbaik
Foto: byrdie.com

Diformulasikan untuk menutupi dan menyembuhkan bintik, noda hitam, dan jerawat, foundation ini pun mampu menutupi lingkar hitam bawah mata, kemerahan, vitiligo, rosacea, dan jaringan parut. Selain itu, foundation ini pun ramah buat kulit sensitif!

3. Cover FX Natural Finish Oil Free Foundation ($34)

7 Foundation Noncomedogenic Terbaik
Foto: byrdie.com

Foundation sekaligus concealer ini dapat dengan mudahnya menutupi kemerahan kulit, lingkar hitam bawah mata, warna tidak merata kulit, dan bahkan tato! Formula ini pun bebas dari paraben, parfum, mineral oil, dan talc. Selain itu, yang paling penting, shade-nya banyak!

4. Becca Ultimate Coverage Complexion Crème ($34)

7 Foundation Noncomedogenic Terbaik
Foto: byrdie.com

Jika Ladies menyukai foundation dengan konsistensi creamy, maka foundation full coverage dari Becca ini tercipta untukmu! Terlepas dari formulanya yang breathable, foundation ini mampu menutupi kemerahan dan kekurangan kulit tanpa mencekik pori-pori!

5. L’Oréal Paris True Match Foundation ($10)

7 Foundation Noncomedogenic Terbaik
Foto: byrdie.com

Untuk Ladies yang mencari foundation ringan dengan hasil akhir velvet yang lembut, foundation dari L’Oréal ini pemenangnya! Sesuai namanya, foundation ini pun memiliki 23 pilihan warna. Formulanya pun mudah dibaurkan dan tidak akan menyumbat pori-porimu!

6. Clinique Anti Blemish Solution Liquid Makeup ($27)

7 Foundation Noncomedogenic Terbaik
Foto: byrdie.com

Diciptakan untuk bertahan lama di kulit berminyak tanpa membuatnya tersumbat, foundation bebas minyak ini pun menganti antibakteri asam salisilat untuk melawan nada saat kamu sibuk menjalani harimu.

7. BareMinerals Original SPF 15 Foundation ($27)

7 Foundation Noncomedogenic Terbaik
Foto: byrdie.com

Save the best for the last! Mineral foundation pemenang berbagai penghargaan ini memiliki banyak penggemar setia loh, Ladies. Nggak heran memang, formulanya sangaaaattttt ringan tetapi memiliki coverage yang dapat di-build, sementara komposisinya sangat alami sehingga Ladies tidak akan khawatir ada limpahan jerawat setelah memakainya. Klaim ini bahkan ada hasil penelitiannya loh, Ladies. Mantap!

Baca juga: Ingin Foundation Kamu Terlihat Seperti Dilakukan oleh Penata Rias? Lakukan Tips Berikut Ini!

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi produk yang bisa kamu coba, Ladies. Ada yang udah kamu pernah coba, mungkin?

Sumber: Byrdie

Comments

Loading...