OUR NETWORK

6 Jurus Jitu Mencegah Pori Tersumbat

6 Jurus Jitu Mencegah Pori Tersumbat
Foto: stylecaster

Tidak ada yang ingin pori-porinya tersumbat. Pori tersumbat adalah penyebab utama dari jerawat pada remaja dan dewasa. Selain menimbulkan inflamasi, sisa minyak dan bakteri dalam pori tersumbat pun berisiko menimbulkan jerawat tidak terlihat dan luka permanen. Mencegah pori tersumbat ini memang gampang-gampang susah, Ladies, sebab kita sesungguhnya tidak bisa sepenuhnya mengontrol produksi minyak di wajah. Namun, tenang saja Ladies, pori tersumbat ini sangat bisa dicegah loh. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Langkah pertama

Batasi frekuensi cuci muka. Menurut American Academy of Dermatology, mencuci wajah terlalu sering dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat, iritasi kulit, dan membuat pori-pori menutup dan tersumbat. Cucilah muka maksimal dua kali satu hari, satu kali di pagi hari, dan satu kali lagi pada malam hari saat hendak tidur.

Baca juga: Penyebab Wajah Kusam dan Tips Mengatasinya

2. Langkah kedua

Gunakan produk sabun cuci muka yang lembut dan air hangat untuk membersihkan wajah dan menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran pada wajah. Ingat ya Ladies, jangan menggosok area wajah, dan gunakan air mengalir untuk menghapus sabun cuci muka. Satu catatan lagi, jika Ladies memiliki rambut berminyak, jauhkan helai rambut dari wajah agar tidak ada minyak yang tersapu ke wajah.

3. Langkah ketiga

Lap wajah, dagu, dan sekitar mulut setiap kali selesai makan goreng-gorengan atau makanan berminyak. Residu minyak pada wajah tersebut dapat tertinggal di wajah kemudian mengendap dan menjadi sumbatan dalam pori-pori. Jangann lupa juga untuk mencuci tangan setelah memakanan makanan berminyak agar minyak tidak terpapar ke daerah wajah dan rambut.

4. Langkah keempat

Gunakan produk skincare dan makeup yang memiliki label bebas minyak, non-comedogenic, dan non-acnegenic.

5. Langkah kelima

Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung benzoil peroksida. Bahan aktif yang populer digunakan sebagai obat jerawat ini sangat efektif mengurangi kelebihan minyak dan mencegah pori-pori tersumbat.

6. Langkah keenam

Carilah produk yang dijual bebas yang mengandung asam salisilat untuk mencegah sumbatan di pori yang memicu komedo. Zat kimia ini mampu memperlambat pelepasan kulit tua yang cenderung menyumbat pori-pori.

Baca juga: Tidak Mau Pori-pori Tersumbat? Stop 6 Kebiasaan Ini!

Apabila Ladies hendak menerapkan enam langkah di atas, selalu berhati-hatilah saat hendak memilih produk. Pengobatan untuk jerawat biasanya memiliki efek samping seperti sengatan atau sensasi terbakar, hingga kemerahan dan kulit kering yang harus Ladies waspadai. Jadi, selalu lakukan patch test setiap kali Ladies hendak menggunakan produk baru ya!

 

Sumber: livestrong

Comments