OUR NETWORK

Cara Mudah Mengatasi Komedo di Leher

Cara Mudah Mengatasi Komedo di Leher
Foto: eminenceorganics.com

Nggak hanya di hidung, komedo juga menyerang area-area seperti halnya hidung, dagu, sekitaran bibir, bahu, punggung, dan bahkan juga leher. Komedo, bisa terbuka ataupun tertutup. Jika permukaan komedo tertutup kulit disebut dengan whitehead. Sementara, komedo yang terbuka disebut sebagai blackheads. Penyebab munculnya bisa beragam lho, mulai dari kotoran yang menumpuk, minyak yang menyumbat folikel, dan lain sebagainya. Buat kamu yang memiliki masalah dengan komedo di leher, yuk merapat ke sini.

Penampakan Komedo Jenis Blackheads

Komedo jenis blackhead ini memiliki bentuk kecil bahkan seperti titik hitam di dalam kulit. Jika kamu melihat dengan saksama, warnanya akan gelap, terjadi penyumbatan di dalam kulit, di dalam pori-pori. Bagian tubuh yang seringkali muncul adalah di sekitaran hidung. Komedo jenis ini kerap membuat kepercayaan diri menurun karena sangat terlihat.

Penyebab Munculnya Komedo di Leher

Cara Mudah Mengatasi Komedo di Leher
Foto: verywellhealth.com

Kamu mungkin bertanya-tanya apakah penyebab komedo jenis blackheads di leher ini. Komedo di leher merupakan salah satu gejala munculnya jerawat. Sebagai informasi nih, jerawat memiliki 3 penyebab utama, termasuk juga dengan kelebihan minyak dalam kulit, penumpukan sel-sel kulit mati serta kuman. Komedo ini bisa terbentuk lantaran sel-sel kulit mati menahan minyak di dalam wajah. Tak hanya komedo saja, biasanya juga akan ada masalah lain. Bakteri, beberapa obat-obatan dan faktor keturunan bisa meningkatkan produksi minyak berlebih di kulit.

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Resiko Terkena Komedo di Leher

Bebepa orang ternyata lebih rentan terhadap jerawat dan juga komedo di leher. Faktor ini disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari usia, menstruasi, penggunaan obat-obatan tertentu, kehamilan, genetik, sampai dengan gesekan. Remaja lebih rentan terkena jerawat dibandingkan orang dewasa. Selain ituk, orang yang mengenakan helm, kerah ketat, ataupun yang sering membawa barang di leher dengan tali bisa terserang komedo lebih besar.

Pengobatan Komedo di Leher

Cara Mudah Mengatasi Komedo di Leher
Foto: wellandgood.com

Kita sering kali gemas saat ada komedo ya. Pengin pencet-pencet sampai keluar. Tapi Ladies, jangan lakukan ini ya. Hindari memencet komedo karena bisa menyebabkan infeksi atau mendorong penyumbatan lebih parah lagi nantinya. “Tapi udah cuci tangan kok…” Eits. Bukan alasan.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan pembersihan dengan menggunakan produk yang minim minyak. Supaya hasilnya lebih bagus lagi, kamu bisa mencoba untuk konsultasi dengan dokter kulit. Kamu juga bisa mencoba masker, peeling, ataupun strip komedo tanpa merusak kulit.

Pencegahan Komedo di Leher Muncul Kembali

Untuk mencegah timbulnya komedo di leher lagi, lakukan pembersihan secara rutin. Hindari menggunakan riasan yang tebal, pelembap, ataupun juga lotion yang ‘berat’ di leher. Kenakan pakaian yang longgar, dan jauhi menggunakan perhiasan yang berpotensi bergesekan dengan kulit. Mandilah segera setelah aktivitas yang berat supaya kotoran tidak menyumbat pori-pori.

Baca juga: Trik Mengatasi Komedo

Semoga informasi di atas membantumu ya, Ladies. Jangan sampai komedo di leher merusak kepercayaan dirimu.

 

Sumber: Livestrong

Comments