OUR NETWORK

Penyebab Wajah Kusam Dan Tips Mengatasinya

Penyebab Wajah Kusam Dan Tips Mengatasinya

Semua wanita pasti mendambakan kulit yang sehat serta cerah bukan? Terlebih lagi jika itu adalah kulit wajah karena wajah adalah sumber kecantikan utama yang harus tetap kita rawat dan jaga. Nah, sebelumnya kamu harus mengenali dulu termasuk dalam jenis apakah kulit wajah kamu, apakah kulit berminyak yang cenderung berjerawat dan mengkilap, atau kulit kering yang cenderung terlihat kusam? Nah, mungkin kamu sering melakukan beberapa kebiasaan yang justru malah membuat kulitmu menjadi kusam dan terlihat keriput? Kamu perlu mempelajarinya dulu agar tahu apa saja penyebab wajah kusam. Yuk, kita bahas!

1. Lupa Mencuci Wajah

Untuk kamu para wanita yang sibuk menghabiskan waktunya di luar rumah atau bekerja, mungkin sangat sering sekali melakukan kebiasaan yang satu ini. Ketika kamu sudah terlalu lelah ketika tiba di rumah dan lupa untuk mencuci muka serta membersihkan sisa makeup seharian, itu merupakan salah satu penyebab yang harus kamu hindari untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan bersinar. Cucilah muka dengan menggunakan sabun muka yang memiliki pH serta dapat menjaga kelembapan alami kulit wajah sebelum kamu tidur. Jangan coba-coba menggunakan sabun mandi ya, Ladies! Dan setelah wajah dibersihkan cobalah untuk menggunakan toner agar sisa makeup dan kotoran lebih mudah terangkat serta wajahmu menjadi lebih segar.

via GIPHY

Baca juga: Sudah Tepatkah Caramu Mencuci Wajah?

2. Tidur Larut Malam

Di antara kamu semua siapa yang suka tidur larut malam atau bahkan menjelang waktu petang. Tidur petang akan membuatmu tidur semakin larut lagi. Nah kebiasaan itu juga harus kamu hindari, Ladies. Tidur larut malam atau begadang dapat menurunkan kemampuan organ-organ di dalam tubuh termasuk juga sel-sel alami kulit yang akan terus meregenerasi. Dengan begitu, kulit akan kehilangan waktunya untuk memperbarui sel sel alaminya dan justru akan terlihat pucat serta kusam. So, usahakan untuk tetap tidur setidaknya delapan jam setiap harinya.

Baca juga: 8 Tips Tidur Cepat

3. Terkena Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Sinar matahari yang langsung terkena pada kulit terutama kulit wajah juga termasuk salah satu penyebab utama yang menjadikan kulit kamu terlihat kering dan kusam, kondisi yang mengharuskan kamu berada di luar rumah akan membuat kulitmu tercampur dengan debu dan keringat, jadi ketika kamu sedang merada di luar rumah cobalah untuk selalu memakai pelembab kulit atau sunblock dan krim wajah yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari langsung.

via GIPHY

4. Memulas Ulang Makeup

Terkadang menggunakan makeup kembali setelah mencuci muka ataupun berwudhu membuat kamu malas atau bahkan risih, jadi kamu lebih memilih untuk menimpanya lagi dengan makeup kamu yang awal. Mungkin salah satu tujuan kamu adalah ingin tetap terlihat segar, tapi ternyata kebiasaan menimpa make up tanpa membersihkan sisa riasan yang awal adalah justru akan membuat pori pori wajahmu tersumbat dan timbullah berbagai macam masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo, dan kulit kering.

via GIPHY

5. Menyentuh Wajah Saat Berkeringat

Seringkali ketika berkeringat, kamu dengan refleks menggunakan tangan untuk mengelapnya. Padahal tanganmu belum tentu bersih, kan? Kebiasaan itu juga dapat membuat kulit wajahmu jadi terkontaminasi dengan kuman dan bakteri sehingga akan timbul jerawat dan juga kulit wajah yang kusam dan kering.

Baca juga: DIY: Pembersih Noda Keringat di Baju Putih

via GIPHY

Beberapa contoh di atas adalah sebagian dari beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan kamu kehilangan kelembapan alami kulit wajah dan menjadikannya kering serta kusam. Nah, apakah kamu ingin menghindari beberapa penyebab kulit wajah kusam tersebut?

Comments

Loading...