OUR NETWORK

5 Langkah Detoks Kulit Berminyak agar Bebas Kusam!

5 Langkah Detoks Kulit Berminyak agar Bebas Kusam!
Foto: marieclaire.com

Just in case you missed it, sebagian besar produk yang diformulasikan untuk kulit berminyak memiliki tujuan untuk menjaga permukaan kulit tetap kering, dengan cara mengontrol minyak berlebih. Apakah kondisi ini baik untuk kulitmu dalam jangka panjang? Well, sayangnya tidak. Justru, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi hilangnya kelembapan wajah. Hasilnya, kulit pun akan menjadi semakin berminyak.

Lalu, apakah yang harus kamu lakukan, Ladies?

Cara terbaik untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan memberi perawatan detoksifikasi kulit yang lembut secara rutin. Perawatan ini bukan hanya akan menghilangkan penumpukan noda di permukaan serta sumbatan dalam pori, tetapi juga meremajakan, merevitalisasi, dan memperbaiki kulitmu dengan meningkatkan fungsi barrier kulit.

Terdapat lima langkah yang dapat kamu lakukan untuk mendetoks kulitmu. Keep scrolling ya!

1. Pilih bahan yang potent

Bahan-bahan yang terkandung dalam kulitmu sangat penting untuk diperhatikan. Memilih bahan yang tepat akan membantu mengatur produksi sebum secara bertahap, mengurangi penumpukan noda, sehingga kulitmu jadi bebas noda dan kusam.

Ladies bisa memilih produk dengan kandungan seperti thyme yang dapat menghilangkan bakteri penyebab jerawat; witch hazel yang memiliki sifat astringent alami sehingga membantu menghilangkan kusam tanpa menghilangkan kelembapan esensial; zinc yang mengatur produksi sebum; vitamin B3 yang mencerahkan, memudarkan bekas luka, dan mengurangi inflamasi sekaligus menjaga kelembapan kulit.

2. Bersihkan wajah dengan lembut tetapi secara menyeluruh

5 Langkah Detoks Kulit Berminyak agar Bebas Kusam!
Foto: today.com

Untuk membersihkan kulit berminyak secara menyeluruh, Ladies harus menyingkirkan kotoran, makeup, dan sebum yang menumpuk. Cara terbaiknya adalah dengan melakukan double cleansing. Ladies bisa memulainya dengan micellar water yang lembut, kemudian lanjutkan dengan facial wash yang memiliki fungsi detoks tetapi tidak mengeringkan wajah.

Baca juga: Detoks Tubuh Secara Alami Dengan 5 Makanan Ini

3. Lakukan eksfoliasi wajah

5 Langkah Detoks Kulit Berminyak agar Bebas Kusam!
Foto: freepik.com

Ini adalah langkah penting yang harus dilakukan secara rutin. Eksfoliasi adalah langkah terbaik untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat, menghilangkan kotoran di permukaan kulit dan menampilkan kulit yang segar dan bercahaya. Ladies bisa menggunakan physical atau chemical scrub. Apapun pilihan eksfoliatormu, pastikan Ladies memilih produk yang lembut atau dengan dosis awal yang rendah.

4. Bersihkan makeup sebelum tidur

5 Langkah Detoks Kulit Berminyak agar Bebas Kusam!
Foto: glamour.com

Kulit berminyak atau bukan, tidur dengan wajah masih ditempeli makeup adalah dosa besar! Tidur saat masih ber-make-up akan membuat pori-pori terinfeksi, timbul jerawat serta tentu saja noda. Kondisi ini pun mencegah kulit memperbaharui dirinya sendiri saat tidur. Oleh sebab itu pastikan Ladies menghapus setiap sisa kosmetikmu dengan pembersih lembut, seperti micellar water, kemudian lanjutkan dengan pengaplikasian pelembap.

5. Kurangi makanan berminyak, ganti dengan makanan kaya air

5 Langkah Detoks Kulit Berminyak agar Bebas Kusam!
Foto: foodnetwork.com

Selain merawat dengan skincare, Ladies juga harus memperhatikan asupan nutrisimu. Makanan berminyak, pedas, dan bergula tinggi cenderung menyumbat pori-pori dan meningkatkan produksi sebum. Beralihlah ke makanan bergizi dan kaya air seperti mentimun, semangka, tomat, bayam, brokoli, dan sebagainya. Makanan ini akan mencegah peradangan kulit, mengatur hormon, dan mencegah produksi sebum berlebih.

Baca juga: 6 Jurus Jitu Mencegah Pori Tersumbat

Nah, langkah-langkah tadi bisa kamu coba untuk detoks kulit berminyak kamu, Ladies!

 

 

Sumber: bebeautiful.in

Comments

Loading...