OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

5 Aturan Makeup untuk Kulit Tipe Acne Prone 

Ladies yang memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat mungkin sedikit sebal dengan banyaknya aturan yang ada. Memang sih… dari mulai aturan makan, skincare, dan sekarang makeup… hmmm, kok jenuh ya diatur melulu? Namun percayalah Ladies, semua aturan ini adalah demi kebaikanmu, Ladies.

Kulit oily dan acne-prone memang membutuhkan perhatian ekstra karena memiliki kondisi yang mudah ‘rewel’. Bila terjadi kesalahan sekecil apapun, kulitmu akan lebih mudah bereaksi yang akhirnya akan menyusahkanmu. Oleh sebab itu, untuk menghindarinya, kamu perlu mematuhi berbagai aturan, termasuk dalam bermake-up. Simak aturannya di bawah ini ya!

1. Primer tidak boleh dilewatkan

5 Aturan Makeup untuk Kulit Tipe Acne Prone
Foto: journal.sociolla

Pastikan kamu selalu memiliki primer andalan di makeup pouch-mu, Ladies. Pemilik kulit berminyak dan berjerawat sangat sangat mengandalkan primer saat memakai makeup. Primer tidak hanya membantu riasan tahan lama, mencegah kulit cepat berminyak, menjaga kulit tetap matte, menutup ketidaksempurnaan kulit, tetapi juga membantu memberi lapisan pada kulit sehingga makeup tidak masuk ke pori-pori. 

2. Pilih produk dengan hasil akhir matte

5 Aturan Makeup untuk Kulit Tipe Acne Prone
Foto: pexels.com

Meskipun saat ini tren glowing & dewy complexion sedang tren, tetapi kamu pemilik oily dan acne-prone skin sebaiknya tidak tergoda untuk mengikutinya. Bagaimana tidak, kulitmu sudah glowing & dewy secara natural loh, Ladies hihihi. Agar kulitmu tidak over-glowing-and-dewy, pilihlah foundation dengan hasil akhir matte. Setelah itu kunci riasan dengan loose powder agar kulit tetap terlihat matte, bebas kilap, dan sempurna sepanjang hari. Jika Ladies ingin terlihat glowing dan dewy, tenang saja, dalam beberapa saat, kulitmu akan segera memproduksi highlighter alami kok ;D

3. Selalu membersihkan riasan

Tidak peduli jam berapapun, riasanmu harussss selalu dihapus sebelum tidur. Selalu terapkan double cleansing agar riasanmu terhapus dengan sempurna ya Ladies. Untuk langkah pertama Ladies bisa menggunakan makeup remover atau micellar water, setelah itu Ladies dapat menggunakan facial wash kesayanganmu.

Baca juga: Face Oil Terbaik Untuk Acne-Prone Skin

4. Pastikan alat makeup-mu bersih

5 Aturan Makeup untuk Kulit Tipe Acne Prone
Foto: pexels.com

Sebetulnya aturan ini berlaku untuk semua orang sih, tetapi untuk kasus oily & acne-prone skin, aturan ini harus diberlakukan dengan ketat: pastikan sponge dan brush makeup-mu selalu dalam keadaan bersih sebelum digunakan. Juga, jangan pinjamkan alat makeup-mu pada siapapun.

Sponge dan brush makeup yang tidak dibersihkan dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri yang sangat berbahaya bagi kulit. Bakteri ini dapat memicu atau bahkan memperparah kondisi kulitmu.Sebaiknya Ladies membersihkan alat makeup secara berkala setidaknya sekali dalam seminggu. Juga, ingat, jangan meminjamkan alat makeup-mu pada orang lain ya!

5. Biarkan kulit bernapas

5 Aturan Makeup untuk Kulit Tipe Acne Prone
Foto: pexels.com

Tampil makeup-free saat berjerawat memang cukup sulit karena kamu pasti ingin menutupinya saat bepergian, Ladies. Namun percaya deh, membiarkan kulit selama beberapa hari tanpa riasan dapat membantu kulitmu sembuh sedikit lebih cepat. Pada hari-hari ketika kamu memutuskan untuk makeup-free, jangan lupa untuk tetap membersihkannya secara menyeluruh dengan menerapkan double cleansing ya, Ladies!

 

Sumber: bebeautiful.in

Must Read

Related Articles