OUR NETWORK

4 Cara Mudah Detoksifikasi Tubuh

4 Cara Mudah Detoksifikasi Tubuh
Foto: magazine.job-like.com

Kesenanganmu mengonsumsi berbagai macam makanan, aktivitas yang padat, stress, dan berbagai polusi yang menghadang, membuat tubuhmu menimbun berbagai racun yang harus segera dikeluarkan. Jika tidak segera diatasi, tubuhmu akan semakin melemah dan menghambat segala aktivitas. Tentunya, kamu tidak ingin hal itu terjadi sejak awal tahun 2019 ini, bukan?

Sebagaimana resolusi di tahun baru yang semakin meningkat, pembersihan tubuh di tahun baru pun tentunya harus ditingkatkan levelnya. Dikutip dari Vogue, berikut ini terdapat empat cara mudah namun efektif untuk detoksifikasi tubuh secara maksimal yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh yang bersih dan sehat. Simak, yuk!

Baca juga: DIY Body Scrub untuk Detoks Kulit Sendiri di Rumah

Padukan Probiotik dengan Diet Sehat

Probiotik dimaksudkan untuk mendorong keanekaragaman mikrobiota yang berada di usus, yang membantu memproses nutrisi dari makanan di dalam tubuh. Oleh karena itu, semakin sehat diet yang dilakukan, semakin sehat pula mikrobiota yang ada di usus yang akan membuat sistem pencernaan berfungsi semakin baik.

Professor of Medicine and Microbiology di Stanford dan Kepala Penyakit Infeksi di VA Palo Alto, David A. Relman, mengatakan, makanan yang dikonsumsi seseorang dapat mempengaruhi mikrobiota seperti apa yang tercipta dalam tubuh seseorang. Dengan memasukkan konsumsi probiotik dalam dietmu, maka, mikrobiota yang tercipta pun akan baik. Kamu juga dapat mengurangi konsumsi gula dan lemak, serta meningkatkan serat untuk menciptakan mikrobiota baik.

Namun, mengingat, setiap manusia memiliki mikroorganisme yang unik pada tubuhnya, nutrisi, baik jumlah dan waktu yang dibutuhkan tubuh setiap orang pun akan berbeda. Oleh karena itu, perubahan tidak hanya dilakukan dalam makanan yang dikonsumsi, melainkan perilaku terkait konsistensi dalam menjalani pola tersebut.

Ganti Jus dengan Sup

Dengan indeks glikemik yang rendah, sup menjadi alternatif yang paling baik dan hangat untuk tubuh dibandingkan dengan jus yang cenderung disajikan dalam keadaan dingin. Selain menghangatkan, sup juga menawarkan sayuran yang kaya akan serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, dibandingkan jus, sup, khususnya sup organik dapat menjadi alternatif yang lebih baik dalam membersihkan racun dalam tubuh.

Bersihkan Usus Besar dengan Satu Sendok Makan Minyak Kelapa

Sementara banyak praktisi kesehatan mengagungkan perawatan colon sebagai detoksifikasi tubuh yang efektif, Professor of Clinical Medicine di Divisi Gastroenterology dan Hepatology di Weill Medical College of Cornell University, New York, Christine L. Frissora, justru berpendapat sebaliknya. Frissora mengatakan, usus besar penuh dengan bakteri. Perlu biaya yang besar untuk mensterilkan peralatan yang telah digunakan dan resiko munculnya penyakit lain. Tanpa perlu pembersihan manual, menurut Frissora, usus besar yang normal akan kosong dalam tiga hari. Untuk membantu pembersihannya secara alami, kamu dapat mengonsumsi satu sendok makan minyak kelapa dalam makananmu setiap harinya.

Masuk ke Infrared Sauna

Infrared sauna telah banyak dilakukan oleh komunitas kesehatan dan juga sering dijadikan sebagai terapi fisik. Dengan memanfaatkan pemanas yang memancarkan gelombang cahaya merah untuk memanaskan tubuh, alih-alih ruangan, infrared sauna mendorong lebih banyak keringat keluar dari tubuh dibandingkan dengan sauna klasik. Di saat yang bersamaan, infrared sauna juga dapat menurunkan kortisol, menambah metabolisme, dan menyembuhkan cedera.

Baca juga: Pernah Dengar Tentang Mandi Detoks?

Bagaimana, Ladies? Mudah, bukan? Cukup memasukkan keempat tips ini atau beberapa diantaranya dalam rutinitas perawatan kesehatanmu sehari-hari, kamu dapat melakukan detoksifikasi tubuh kapanpun, dengan mudah dan terjangkau untuk mendapatkan tubuh yang sehat setiap harinya. Selamat mencoba, Ladies!

Sumber: Vogue , Foto cover: magazine.job-like.com

Comments

Loading...