OUR NETWORK
DIY: Body Scrub untuk Detoks Kulit Sendiri di Rumah
diy body scrub detoks di rumah

Tak hanya kulit wajah yang perlu diperhatikan kesehatannya, kulit badan pun sebaiknya juga diperhatikan. Ia juga butuh dibersihkan, diberi pelembab, dan di-scrub untuk mengangkat sel kulit mati yang masih menempel. Jika kamu bangun dan terkejut melihat lingkaran mata dan garis putih pada permukaan kulit setelah di garuk, itu tandanya kulit kamu mulai butuh perhatian.

Organ tubuh terbesar dan terluas ini juga memerlukan perawatan agar tetap sehat loh, Ladies! Jika ia sudah menampakkan tanda-tanda khusus yang mengarah pada kerusakan, sebaiknya kamu lakukan detox untuk kulit. Alih-alih harus habiskan banyak uang di tengah kebutuhan yang makin meningkat, mendingan kita buat sendiri detox body scrub di rumah. Bahan yang digunakan pure bahan alami yang tak akan menimbulkan efek samping pada kulit. Mau tahu bahan apa saja yang bisa kamu gunakan? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Black Pepper atau Lada Hitam

diy body scrub detoks di rumah
Foto: infokecantikan.co

Black pepper atau dalam bahasa Indonesianya adalah lada hitam merupakan bahan dapur yang mudah untuk ditemui. Biasanya, lada hitam banyak digunakan sebagai campuran untuk pizza maupun masakan daging. Rupanya, bukan hanya itu ladies, lada hitam juga bisa digunakan sebagai body scrub untuk mengeluarkan racun pada kulit loh! Lada hitam mampu membantu memperlancar sirkulasi darah, memberikan asupan oksigen, dan nutrisi untuk permukaan kulit.

Selain itu, teksturnya sendiri bisa mengangkat sel kulit mati. Lada hitam mengandung antioksidan, antiinflamatori, dan antimicrobial yang menangkal radikal bebas. Untuk membuat sendiri exfoliator lada hitam, kamu bisa mencampurkannya dengan garam atau gula ya, Ladies. Untuk menambah aroma, kamu bisa menggunakan daun mint.

Cardamom atau Kapulaga

diy body scrub detoks di rumah
Foto: diets-doctor.com

Salah satu jenis rempah yang banyak digunakan saat memasak khususnya makanan khas Indonesia. Tak hanya digunakan untuk memasak, kapulaga juga dikenal sebagai campuran jamu untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi sayang, tak banyak orang yang tahu jika kapulaga juga bisa digunakan sebagai scrub untuk badan. Sama halnya dengan lada hitam, kapulaga memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak anggota tubuh.

Terlebih lagi, keunggulan cardamom atau kapulaga ini sebagai antibakteria yang bisa membunuh kuman yang menempel pada kulit. Untuk kamu yang sering melakukan aktivitas di luar rumah, bisa mencoba membuat scrub kapulaga sendiri ya ladies. Caranya mudah saja. Kamu bisa mencampurkan baik bubuk kapulaga atau minyak kapulaga dengan bubuk bilberry powder dan minyak zaitun. Kamu juga bisa menggunakan oat untuk mendapat manfaat yang lebih banyak.

Sesame Seeds atau Biji Wijen

diy body scrub detoks di rumah
Foto: caramemutihkanwajah.org

Bagi kamu pencinta makanan khas onde-onde mungkin sudah tak asing lagi dengan biji yang biasa menempel pada kulit luar kuliner satu itu. Yup! Betul sekali, biji wijen banyak digunakan sebagai campuran makanan, Ladies. Selain itu, kamu juga bisa membuat scrub dari biji-bijian yang satu ini. Tak hanya hadir dalam bentuk biji, minyaknya pun dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Antiiflamasi yang terkandung di dalamnya bisa mempercepat penyembuhan dan mencegah terjadinya radang. Nah, buat kamu yang kulitnya mudah berjerawat baik di muka, punggung, atau bagian tubuh lainnya bisa mencoba scrub biji wijen ini, Ladies! Kamu bisa mengombinasikan minyak wijen dan biji wijen kemudian dicampur dengan ginger powder untuk efek menenangkan.

Agak aneh ya karena pakai bumbu masak bahan-bahan yang biasa dijadikan bumbu masak tersebut, walau emang beneran punya khasiat. Tapiii… kalau kamu nggak yakin untuk mencoba membuatnya sendiri, kamu bisa pakai produk yang udah tersedia di pasaran ya.

Sumber: Bustle, Foto cover: internetpositif

 

Comments

Loading...