OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

10 Kesalahan yang Membuat Bibirmu Terus-menerus Kering (Bagian 1)

Bibir kering dan pecah-pecah mungkin kamu anggap masalah sepele, Ladies. Namun faktanya kondisi ini akan membuatmu merasa tidak nyaman, bahkan kesakitan, terutama jika bibir sudah mengalami pecah-pecah, luka, dan berdarah.

Penyebab dari bibir kering ternyata bukan hanya saja masalah kosmetik loh Ladies. Bisa jadi masalah kesehatanlah yang membuat bibirmu terus-menerus kering.

Menurut Sam Rizk, MD, ahli bedah plastik wajah di New York, NY, “Bibir sangat tipis, dan tidak seperti area kulit lainnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak sehingga cenderung mudah kering. Perbatasan bibir bisa menjadi pecah-pecah dan mengelupas karena kekeringan berlebihan yang disebabkan oleh cuaca, udara dingin, udara kering, pemanas ruangan, atau paparan bahan kimia dan obat-obatan tertentu.”

Lalu apa saja sih yang bisa membuat bibirmu kering atau memperburuk kondisi bibirmu? Simak ulasannya di bawah ini, Ladies!

1. Menjilat bibir

Fakta ini mungkin tampak berlawanan dengan tujuanmu, tetapi menjilati bibir akan membuat bibir semakin kering.

“Air liur mengandung enzim yang mengeringkan dan mengiritasi kulit bibir,” kata Neil Sadick, MD, pendiri dan direktur Sadick Dermatology dan profesor klinis dermatologi di Weill Cornell Medical College di New York, NY. jadi segeralah hilangkan kebiasaan menjilati bibir untuk mendapatkan kelembapan pada bibir. Alih-alih, gunakan pelembab bibir setiap kali Ladies merasa ingin menjilat bibir.

2. Bepergian dengan pesawat terbang

10 Kesalahan yang Membuat Bibirmu Terus-menerus Kering (Bagian 1)
Foto: people

Udara di pesawat diketahui mengalami dehidrasi serius. Kelembaban yang rendah dan ketinggian yang tinggi menyedot kelembapan dari kulit, termasuk bibir, kata Dr. Rizk, yang mengakibatkan bibir pecah-pecah saat tiba.

“Pastikan Anda mengaplikasikan lip balm dan minum banyak air selama penerbangan untuk menghidrasi bibir Anda dari dalam dan luar, jelas Dr. Rizk.

3. Hubungan cintamu dengan lipstik

10 Kesalahan yang Membuat Bibirmu Terus-menerus Kering (Bagian 1)
Foto: howstuffworks

Yup, lipstik kesayanganmu itu sangat mungkin membuat bibirmu jadi kering. Namun, jangan khawatir, Ladies masih tetap bisa menggunakan lipstik tanpa membuatnya kering dengan mengoleskan lip balm terlebih dahulu, Ladies. Siapkan lip balm favoritmu setiap sebelum memulaskan lipstik ya Ladies!

4. Pasta gigi

10 Kesalahan yang Membuat Bibirmu Terus-menerus Kering (Bagian 1)
Foto: pexels

“Ya, menyikat gigi secara teratur memang sangat penting untuk kebersihan mulut, tetapi pilihan pasta gigi yang salah dapat mengacaukan bibirmu,” kata Gervaise Gerstner, MD, seorang dokter kulit di New York, NY.

Jika Ladies menduga bahwa bibir keringmu disebabkan oleh pasta gigi ang sedang kamu gunakan, cobalah untuk menggunakan merek lain dengan daftar bahan yang terlihat seberbeda mungkin.

5. Lip balm pilihanmu

10 Kesalahan yang Membuat Bibirmu Terus-menerus Kering (Bagian 1)
Foto: pexels

“Tidak seperti lip plumper, lip balm seharusnya tidak membuat bibirmu terasa tersengat, tergelitik, atau membengkak,” kata American Academy of Dermatology. Jika lip balm-mu membuatmu merasa tidak nyaman, segeralah ganti dengan yang lebih membuatmu nyaman, Ladies. Menurut dokter Sadick, “Hindari lip balm yang mengandung bahan kering, seperti wewangian buatan, dan pastikan mengandung bahan pelembab termasuk cocoa butter atau oatmeal koloid.”

Masih ada lima lagi hal yang dapat membuat bibirmu terus-menerus kering meskipun kamu sudah minum lima liter air. Apakah itu? Tunggu bagian duanya ya!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles