OUR NETWORK

No Hair Dryer! Cara Mengeringkan Rambut Secara Alami Menurut Pakarnya

Setelah keramas tentunya rambut perlu dikeringkan dong, Ladies. Jika dibandingkan antara mengeringkan rambut dengan hairdryer, mengeringkan alami dengan diangin-angin lebih aman karena matahari tidak terpapar panas berlebihan seperti pada hair dryer. Ada teknik tersendiri nih agar rambut kamu kering alami dan terlihat cantik natural. Yuk simak tips dari Kerastase Expert, Patrick Wilson dan hairstylist selebriti, Sean Paul Nother & Nick Latham berikut ini!

Mengeringkan rambut lurus

Rambut lurus biasanya akan tertarik ke bawah saat basah dan cenderung mengembang saat kering. Untuk mencegahnya, gunakan produk yang dapat memberikan kelembapan pada rambut sehingga rambut memiliki tekstur yang terlihat menambah volumenya.

No Hair Dryer! Cara Mengeringkan Rambut Secara Alami Menurut Pakarnya
Foto: unsplash.com

Ada cara mudah nih untuk mengetahui seberapa banyak produk yang kamu perlukan untuk keseluruhan rambutmu. Satukan rambut seperti saat kamu akan mengikat satu lalu satukan jari telunjuk dan jempol kamu saling menempel mengelilingi ikatan tersebut. Tarik jarimu sambil menjaga posisi jari tersebut. Nah, sebanyak bulatan jarimu itulah jumlah produk yang kamu perlukan,

Mengeringkan rambut ikal

Bagaimana dengan rambut ikal? Apakah harus diluruskan terlebih dahulu kemudian dikeriting? Wilson menjawab, tidak perlu. Kunci agar rambut ikal dapat kering alami dengan baik terdapat pada shampoo dan kondisioner yang digunakan. Shampoo dan kondisioner harus dapat membersihkan rambut dan kulit kepala, menguatkan akar rambut sekaligus melembapkan dan menghaluskan helai rambut.

Baca juga: Rekomendasi Hair Serum Terbaik untuk Rambutmu

Gunakan juga bahan kaos atau handuk microfiber untuk mengeringkan rambut. Kedua kain tersebut lembut dan dapat mencegah gesekan berlebihan pada rambut yang menyebabkan rambut kusut dan mudah rusak. Jangan menggosok-gosok rambut saat dikeringkan, cukup ditekan pelan-pelan. Rambut paling lemah saat sedang basah. Kalau kamu ingin menyisir rambut saat sedang basah, pastikan kamu menambahkan produk di bagian tengah ke ujung rambut untuk mencegah kusut.

Mengeringkan rambut afro

No Hair Dryer! Cara Mengeringkan Rambut Secara Alami Menurut Pakarnya
Foto: unsplash.com

Gunakan leave-in conditioner untuk melembapkan rambutmu karena rambut lembap lebih mudah ditata. selanjutnya, siapkan handuk berbahan microfiber dan keringkan rambut dengan cara ditekan perlahan. Keringkan sampai 80-90% rambut kering dan tambahkan hair serum.

Mengeringkan rambut bob

Rambut pendek seperti model bob memang lebih mudah untuk dikeringkan. Jadi kamu tidak perlu khawatir rambut kamu basah terlalu lama, Ladies. Tapi kamu harus memperhatikan produk rambut yang kamu pakai. Gunakan shampoo dan kondisioner yang dapat membersihkan kulit kepala dan menjaga tekstur dari rambut kamu.

Cukup mudah kan cara-caranya, Ladies? Jadi nggak perlu pakai hair dryer nih, keringkan secara alami aja udah cukup kok.

 

Sumber: Womens Health Magazine

Must Read

Related Articles