Setiap manusia mempunyai emosi untuk mengekspresikan perasaan yang sedang mereka rasakan. Tak hanya emosi kebahagiaan, deg-degan, gairah, emosi marah, kecewa atau tidak senang terhadap sesuatu bisa diwujudkan dalam berbagai macam bentuk, dan dengan beragam sebab. Misalnya saja amarah, bisa saja dipicu mulai dari hal besar, hingga hal sepele. Namun, apapun itu sebaiknya kamu berusaha untuk segera meredamnya, Ladies!

Tidak semua orang mampu meredam amarah mereka dengan cepat. Sebagian malah cenderung meledakkannya hingga tak jarang orang lain pun jadi sasaran empuk kemarahannya. Atau, kamu kecewa pada sesuatu atau bisa juga tiba-tiba baper ingat masa lalu. Kamu bisa coba lakukan hal-hal berikut ini untuk meredam emosi negatif kamu.

Perbaiki Situasi

Salah satu penyebab timbulnya emosi negatif seperti tiba-tiba ingat kenangan masa lalu yang kurang mengenakkan adalah berada di situasi yang sama. Atau, jika kamu marah karena ada orang yang membuatmu tergesa-gesa sebaiknya kamu mulai menghindari masuk dalam situasi itu. Lakukan upaya apapun yang bisa membuatmu terbebas dari situasi tersebut, Misalnya jika kamu marah dan tidak suka dengan orang yang membuatmu tergesa-gesa, kamu bisa berangkat lebih awal. Sayangnya kita hanya bisa mencoba memperbaikin situasi tertentu aja ya, Ladies.

Terima keadaan yang nggak bisa kita kendalikan

Jika kamu tak lagi punya pilihan, satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan untuk meredam emosi negatif kamu adalah dengan memilih alternatif lain yang bisa membuatmu mencapai hal yang diinginkan. Misalnya saja, kamu berniat untuk membuat kejutan untuk sahabat baikmu dengan menyiapkan pesta kejutan dan hadiah yang dibuat sendiri serta menyiapkan menu makanan favoritnya. Karena kesibukan, waktu yang tersisa tak cukup. Nggak usah kecewa berkepanjangan. So what kalau kamu nggak ada waktu untuk masak khusus buat dia? Yang penting kan kamu punya cara lain untuk menunjukkan kepedulian kamu.

Alihkan fokus kamu ke hal yang lebih positif

Perkara move on bagi sebagian orang memang bukan merupakan hal mudah, khususnya bagi para wanita. Move on bukan sekedar pindah dari satu hati ke hati yang lain ya, Ladies! Move on yang kita bahas kali ini adalah berhasil mengalihkan fokus pikiran dari hal negatif ke yang positif. Marah, kesal, kecewa, baper termasuk emosi negatif. Nah, jika tanda-tanda emosi negatif tersebut muncul maka segeralah alihkan fokus kamu ke hal lain yang lebih positif. Atau berkumpulah dengan orang-orang yang bisa merubah mood dan menularkan energi positif mereka.

Terkadang, ada keadaan yang sama sekali nggak bisa kita ubah, seberapa kerasnya kita mencoba. Jadi, cobalah berdamai dengan keadaan itu dan tetap lakukan yang terbaik. 🙂

Sumber: PsychologyToday, Foto cover: Today.com

Komentar Kamu