Di saat Islamphobia melanda wilayah Eropa dan Amerika, sosok muslimah ini berhasil memasuki dunia yang kejam bagi siapapun yang berbeda: dunia modeling. Usianya bahkan terbilang cukup belia, baru 19 tahun! Namun, baik usia, suku, agama, dan ras tidak menghalanginya untuk menaklukkan setiap tantangan yang menghampirinya. Adalah Halima Aden, sosok remaja berkulit hitam yang berhasil menarik perhatian dunia.

Langkah awal gadis campuran Somalia-Amerika untuk mencapai tempatnya saat ini adalah kontes Miss Minnesota pada tahun 2016 silam. Keikutsertaannya dalam kompetisi kecantikan tersebut merupakan catatan sejarah. Halima merupakan peserta berhijab pertama yang mengikuti kontes tersebut!

Foto: hautehijab.com
Foto: people.com

Halima menjadi bahan pembicaraan setelah mengenakan hijab dan burkini pada saat berkompetisi. Langkahnya tersebut merupakan statement besar darinya terhadap keberagaman di dunia modeling. Juga menjadi penegasan bahwa hijab bukanlah kekangan, melainkan pilihan penting dalam hidup seorang muslimah.

Seperti yang Ladies ketahui, di dunia modeling, tampaknya gadis-gadis terlihat serupa.

Namun belakangan, gadis-gadis berpenampilan berbeda mulai meraih tempatnya, salah satunya adalah Halima. Bahkan, Halima berhasil dikontrak oleh IMG Models, agensi model yang juga menaungi Kate Moss, Lily Aldrige, Candice Swanepoel, Martha Hunt, Chanel Iman, Miranda Kerr, dan Karlie Kloss. Halima kembali menjadi sorotan saat melaksanakan debutnya di New York Fashion Week untuk line Yeezy Season 5.

Foto: vogue.com

Atas prestasinya tersebut, Halima mendapatkan kehormatan untuk menjadi salah seorang juri di Miss USA 2017. Halima terus melebarkan kariernya di dunia modeling dengan menjadi mode berhijab pertama yang menjadi cover Vogue Arabia pada Juni 2017 lalu, dan majalah Allure di bulan berikutnya.

Foto: citypages.com
Foto: thesnobette.com
Foto: cosmopolitan.com

Pengaruh Halima terhadap dunia fashion tampaknya terus berlanjut. Baru-baru ini, Halima berpartisipasi dalam iklan terbaru American Eagle. Gadis yang lahir di kamp pengungsian di Kenya tersebut terlihat sangat percaya diri dengan hijab dan kawat giginya.

Foto: cosmopolitan.com

Yang lebih mengejutkan adalah, American Eagle kini menjual hijab jeans! Bukan scarf loh, tapi hijab!

Foto: cosmopolitan.com

Semoga saja Halima Aden-Halima Aden berikutnya segera lahir agar citra muslimah berhijab di dunia akan semakin bersinar!

Sumber: Cosmopolitan [1], [2], Foto cover: refinery29.com

Komentar Kamu