OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tips Tetap Terlihat Kece di Foto Formal

Foto apa sih yang paling Ladies enggan perlihatkan ke teman, rekan, bahkan pasangan? Mungkin sebagian besar dari Ladies akan menjawab: foto KTP, foto SIM, atau foto ijazah. Ketiga jenis foto formal tersebut memang kerap menjadi “aib” karena, biasanya, memuat ekspresi wajah Ladies yang nggak banget deh hihihi. Wajar saja sih sebab pada saat difoto untuk kepentingan formal, Ladies diminta untuk meminimalisasi ekspresi dan menahan mata agar tidak terpejam. Namun yang paling penting: foto formal biasanya tidak di-filter hihihi.

No more worries, Ladies! Ternyata ada beberapa tips dan trik yang dapat Ladies terapkan agar foto formal tidak menjadi cerita horror dalam hidup Ladies. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Temukan angle terbaikmu.

Tips Tetap Terlihat Kece di Foto Formal
Foto cover: shutterstock.com

Kebanyakan dari Ladies mungkin sudah mengetahui angle terbaik saat foto kasual, tetapi menemukan angle terbaik saat foto formal ternyata lebih sulit. Untuk mengatasi hal ini, Danilo, celebrity stylist dari Pantene, Danilo, menyarankan Ladies untuk melakukan sesi selfie sesaat sebelum pengambilan foto formal sebagai latihan menemukan angle terbaik.

2. Kendalikan rambutmu.

Tips Tetap Terlihat Kece di Foto Formal
Foto: pinterest.com

Tips Tetap Terlihat Kece di Foto Formal
Foto: pinterest.com

Salah satu kesalahan banyak orang, terutama wanita, adalah membiarkan rambut tidak tertata rapi. Gaya rambut yang asal-asalan akan membuat wajah tampak berantakan, leher tampak tidak seimbang, serta pundak tampak kurang proporsional. Danilo menyarankan para perempuan untuk menerapkan gaya ekor kuda atau cepol. Namun, sedikit juntaian rambut di area telinga bukanlah masalah, justru bagus karena dapat membuat tampilan terlihat lebih lembut. Selain itu Danilo pun menegaskan bahwa rambut harus disisir sesaat sebelum pengambilan foto, juga Ladies boleh menyemprot rambut agar tidak ada rambut yang “berdiri”.

3. Red-carpet makeup? No!

No

Tips Tetap Terlihat Kece di Foto Formal
Kalau untuk foto formal sih no… Foto: preview.ph

Yes!

Tips Tetap Terlihat Kece di Foto Formal
Foto: stylecaster.com

Beralih ke makeup, sebaiknya Ladies jauh-jauh dari pulasan makeup tebal. Menurut makeup artist Mally Roncal, jauhilah makeup berat seperti kombinasi smokey eye dengan lipstik merah, dan pilihlah gaya makeup natural dengan lipstik dan blush on warna peach (kulit medium) dan pink (kulit light). Selain itu, gunakan foundation, bedak, eyeshadow, dan produk alis seperlunya saja. Makeup natural dengan pilihan warna yang tepat akan membuat wajah tetap berseri tetapi tidak berlebihan.

4. Skip the shimmer.

Tampil natural bukan berarti Ladies bebas menggunakan shimmer, luminizer, highlighter, atau reflecting product lainnya. Menurut Mally, tata cahaya studio foto akan membuat shimmer terlihat berlebihan. Akibatnya, wajah terlihat basah, berminyak, dan bahkan mempertegas keberadaan reflecting pigment tersebut.

5. Jangan gunakan translucent powder.

Tips Tetap Terlihat Kece di Foto Formal
Foto: simplysona.com

Translucent powder memang sangat berguna untuk menge-set alas bedak agar tidak mudah luntur. Namun, hindari penggunaan translucent powder karena akan membuat wajah terlihat ashy alias pucat pasi. Selain itu, translucent powder biasanya akan membuat flashback saat terkena blitz kamera karena kandungan silica-nya. Bila Ladies ingin menghindari kulit berminyak, cobalah gunakan bedak tabur atau padat biasa, dan aplikasikan tipis-tipis saja.

6. Jangan kaku dan tegang

Agar Ladies tidak tampak mengerikan saat di foto, cobalah untuk membuat ekspresi se-friendly mungkin. Ladies boleh tersenyum tipis dengan mata yang tulus, kecuali memang ada larangan tersenyum dari instansi yang dituju. Ladies boleh loh berlatih dulu sebelum akhirnya mengakusisi poin kelima ini.

Siap ya… 1, 2…

via GIPHY

Sumber: Refinery29, Foto cover: youtube.com

Must Read

Related Articles