OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Menentukan Warna Rambut yang Tepat Berdasarkan Undertone

Selain memotong rambut, mewarnai rambut adalah salah satu cara untuk membuat rambut terlihat menarik. Bila memerhatikan media sosial seperti Instagram, ataupun platform Pinterest, mungkin Ladies dapat melihat betapa banyaknya perempuan yang terlihat cocok dengan warna rambut apapun.

Hmmm… benarkah demikian?

Perlu Ladies ketahui bahwa tidak semua orang akan cocok dengan warna rambut apapun. Mengapa? Sebab setiap warna akan terlihat berbeda tergantung dengan warna kulit. Misalnya, teman Ladies, sebut saja Dewi, tampak terlihat manis dengan rambut platinum blonde. Namun saat Ladies mencoba warna serupa… loh, kok wajah justru tampak kusam seperti habis kerja paksa di bawah pemerintahan Jepang? ☹ Tidak usah sedih, Ladies. Bukan berarti Ladies lebih jelek atau tidak berbakat untuk mengikuti gaya Barat, sama sekali tidak, namun hal tersebut menandakan bahwa warna tersebut tidak cocok dengan undertone Ladies. Nah, apabila Ladies berniat mengecat rambut pekan ini, sebaiknya Ladies baca terlebih dahulu ulasan di bawah ini agar dapat mengetahui warna rambut apa yang cocok untuk undertone-mu!

Langkah Pertama: Ketahui undertone-mu.

Ada dua acara mudah untuk mencari tahu undertone-mu.

1. Ketahui dengan mengecek nadi di pergelangan tangan

  • Pastikan Ladies mengecek nadi di bawah cahaya alami.
  • Bila urat nadi Ladies berwarna keunguan atau kebiruan, berarti Ladies memiliki cool skin tone.
  • Bila urat nadi Ladies berwarna hijau, berarti Ladies memiliki warm skin tone.
  • Apabila urat nadi terlihat biru keunguan dan kehijauan, berarti bisa saja Ladies memiliki neutral skin tone.

2. Meminta bantuan kertas putih

  • Jajarkan kertas putih dengan wajah agar terlihat perbedaannya.
  • Apabila kulit terlihat kuning atau kusam, kemungkinan besar Ladies memiliki warm skin tone.
  • Apabila kulit terlihat sedikit merah muda atau merah-kebiruan, kemungkinan besar Ladies memiliki cool skin tone.
  • Apabila kulit terlihat keabu-abuan, kemungkinan besar Ladies memiliki neutral undertone.

Ingin mengetahui cara menentukan skin tone-mu lebih lengkap? Cek di sini, Ladies.

Nah, setelah mengetahui undertone-mu, yuk cari tahu, warna rambut apa sih yang dapat menonjolkan kecantikanmu, Ladies. ?

Langkah Kedua: Sesuaikan warna rambut dengan undertone.

1. Cool undertone

Menentukan Warna Rambut yang Tepat Berdasarkan Undertone
Foto: byrdie.com

Bila Ladies memiliki cool undertone apapun, pastikan agar warna rambut tidak terlalu warm, tetapi juga terlalu cool, jadi pilih yang sedang-sedang saja. Warna yang terlalu warm akan membuat wajah Ladies tampak kusam, dan warna yang terlalu cool akan membuat wajah terlihat memerah.

Perempuan Indonesia biasanya memiliki warna kulit medium hingga dark, tetapi bukan berarti Ladies tidak bisa mengecat rambut sesukanya loh. Bagi Ladies yang memiliki medium atau dark skin dengan cool undertone, dan ingin mengecat rambut dengan warna pirang, cokelat, atau merah, pastikan untuk membiarkan akar rambut berwarna lebih gelap. Dengan demikian, rambut dan warna kulit akan tetap seimbang.

2. Warm Undertone

Menentukan Warna Rambut yang Tepat Berdasarkan Undertone
Foto: byrdie.com

Warna cool brunette seperti ash brown dan iced chocolate strawberry akan terlihat sangat bagus pada kulit dengan warm undertone. Tidak peduli apapun warna kulit Ladies baik itu fair, medium, ataupun deep, pastikan agar Ladies meminta penata rambutmu untuk memberikan cool brown tone sebagai warna yang membantu mencerahkan kulit. Apabila Ladies tidak mau rambut hanya memiliki satu warna rambut yang solid, mintalah penata rambut untuk menggunakan foil agar rambut memiliki dimensi dan tekstur.

3. Neutral Undertone

Menentukan Warna Rambut yang Tepat Berdasarkan Undertone
Foto: byrdie.com

Beruntung sekali deh Ladies yang memiliki neutral undertone karena hampir bisa menerapkan warna apapun. Namuuuun, tetap ada pengecualian ya, pastikan warna rambut tidak terlalu warm atau golden karena akan membuat wajah terlihat kusam. Mintalah kepada penata rambut untuk menggunakan warna honey, biscuit, atau walnut.

Ganti warna rambut bisa jadi alternatif nih untuk kamu yang lagi merasa bosan banget dengan penampilan. Tapi, jangan lupa konsultasi dulu dengan ahlinya, ya.

Sumber: Byrdie, Foto cover: allure.com

Must Read

Related Articles