Tips dan Trik Bikin Peralatan Dapur Bersih Seketika

Frekuensi pemakaiannya yang tinggi dan mudah kotor, membuat dapur menjadi ruangan yang seringkali malas dibersihkan dengan benar oleh kebanyakan orang. Cipratan minyak, sisa adonan lama yang menempel pada alat hingga sulit dibersihkan, dan lainnya, menyita waktu yang cukup banyak untuk dibersihkan. Semakin besarlah kemungkinan ruangan ini dibersihkan seadanya, bahkan ada yang membiarkannya. Bagaimana denganmu, Ladies, apakah kamu termasuk salah satu diantaranya?

Well, di kelompok mana pun kamu berada, mengingat dapur berhubungan dengan isi perutmu, maka, penting untuk menjaganya tetap bersih, ya Ladies. Mengingat, banyak kegiatan lain yang membutuhkan tenaga dan waktu, kamu memerlukan tips pembersihan dengan cepat. Nah, dilansir dari Apartment Therapy ada beberapa tips dan trik membersihkan alat secara kilat, loh! Penasaran, kan? Simak, yuk!

Tips dan Trik Bikin Peralatan Dapur Bersih Seketika
Foto: eatthis.com

1. Lemon, holy grail microwave

Alih-alih membuang-buang tenagamu menggosok setiap noda di dalam microwave secara manual dengan tangan, manfaatkanlah sihir lemon. Caranya, siapkanlah lemon, potong dan bagi menjadi dua bagian, masukkan ke dalam microwave. Biarkan uap di dalamnya bekerja keras untukmu. Setelah itu, bersihkan seluruh bagian dalam microwave yang telah memperoleh uap lemon dengan cepat. Voila, microwave-mu bersih dari noda dalam waktu singkat. Cara ini juga berlaku untuk membersihkan lemak dan kotoran yang ada di steamer, ya Ladies.

Baca juga: 4 Manfaat Lemon Sebagai Alat Pembersih Rumah Natural dan Alami

2. Sikat pembersih spesial dari bor listrik

Dengan menambahkan penyambung sikat khusus pada ujungnya, bor listrik bisa disulap menjadi sikat khusus yang sangat berguna, loh! Karena tenaganya yang besar dan konsisten, bor listrik khusus ini dapat bekerja lebih efektif dibandingkan tangan kita. So, gunakanlah bor khusus ini ketika melakukan pembersihan yang memerlukan kegiatan menggosok.

3. Tenggelamkan perlengkapan dapur di air sabun

Perlengkapan dapur seperti peralatan makan, pisau, dan lainnya yang telah lama tidak dicuci akan semakin sulit dibersihkan. Namun, jangan khawatir, metode ini dapat membuat peralatanmu menjadi lebih mudah dicuci, Ladies. Yup, dengan merendamnya di air sabun, sedikit demi sedikit noda yang mengeras akan lebih mudah digosok dibandingkan sebelumnya. Hanya saja, jangan menerapkan metode ini pada peralatan yang berbahan kayu, ya Ladies.

Tips dan Trik Bikin Peralatan Dapur Bersih Seketika
Foto: kompas.com

4. Biarkan ovenmu membersihkan dirinya sendiri

Eits, maksudnya bukan menggunakan fitur self-cleansing, ya Ladies, melainkan memanfaatkan baking soda. Caranya sangat mudah, loh! Pertama, buat adonan dari baking soda, lalu aplikasikan pada ovenmu dan biarkan semalaman. Pada pagi harinya, seka ringan dan voila, kamu akan melihat ovenmu bersih sempurna.

Baca juga: 9 Hal yang Tidak Bisa Dibersihkan dengan Pembersih Serbaguna

Proses membersihkan dengan baking soda juga bisa kamu aplikasikan slow cooker dan blendermu, loh! Bedanya, pada kedua peralatan ini, kamu tidak perlu meninggalkannya semalaman. Hal yang perlu kamu lakukan ialah memenuhi kedua peralatan ini dengan campuran baking soda, cuka, dan air. Kemudian nyalakan mesinnya. Semua noda dan kotoran yang menempel akan hilang seketika, dan ini tentunya akan menghemat waktumu, Ladies.

5. Letakkan koran untuk melindungi lemari dan kulkas

Seringkali bagian atas lemari atau kulkas terlewat saat proses pembersihan, sehingga debu dan kotoran semakin menumpuk. Kabar buruknya, sedikit demi sedikit debunya akan jatuh dan mengotori lantai bahkan makanan yang kamu ambil setiap kamu menggerakkannya ketika membuka pintunya. So, alih-alih harus melakukan pembersihan keseluruhan setiap hari, kamu bisa menjauhkannya dari debu dengan melapisi bagian atas lemari maupun kulkasmu dengan koran atau wax paper. Sehingga, kamu hanya perlu menggantinya sesekali untuk menjaga lemari atau kulkasmu tetap bersih.

Nah, bagaimana Ladies, mudah bukan trik membersihkan perlengkapan dapur pada ulasan di atas? Dalam waktu singkat, kamu akan mendapati dapurmu bersih dengan sempurna. So, tunggu apalagi, selamat mencoba!

 

Sumber: Apartment Therapy

Must Read

Related Articles