OUR NETWORK

Serba-Serbi Diet Korea, Pengin Coba?

Serba-Serbi Diet Korea, Pingin Coba?
Foto: allkpop.com

Diet Korea, dikenal juga sebagai KPop diet tengah populer semenjak K-wave melanda dunia. Banyak yang langsung melakukan diet tersebut karena ingin memiliki penampilan seperti idol mereka. Buat kamu yang tertarik dengan KPop diet, cek penjelasannya di bawah ini ya!

Apa Itu Diet Korea?

Diet korea terinspirasi dari makanan tradisional korea yang sebagian besar terdiri atas makanan yang diproses seminimal mungkin serta rendah lemak dan gula. Diet ini menjanjikan kamu untuk turun berat badan dan menitik beratkan untuk olahraga teratur. Bahkan ada spesifik KPop workout yang direkomendasikan untuk diet satu ini.

Cara Mengikuti Diet Korea

Serba-Serbi Diet Korea, Pingin Coba?
Foto: pexels.com

Diet Korea berpusat pada mengubah pola makan dan memasukkan menu makanan tradisional Korea. Diet ini membuat kamu mengonsumsi makanan yang diproses seminimal mungkin dan juga menghindari gandum, produk susu, gula, dan lemak berlebih.

Menu yang dipilih terdiri dari sayuran, beras, beberapa jenis daging, ikan, dan seafood. Mereka juga memasukkan kimchi ke menu makanan kamu. Orang korea seneng banget dengan kimchi, Ladies, dan banyak yang mempromosikan kimchi sebagai makanan penurun berat badan.

Beberapa aturan yang perlu kamu ikuti dalam diet Korea yaitu:

Konsumsi kalori lebih sedikit

Serba-Serbi Diet Korea, Pingin Coba?
Foto: pexels.com

Tidak ada porsi spesifik atau angka kalori tertentu yang harus kamu ikuti dalam diet ini, Ladies. Sebagai gantinya, disarankan untuk mengikuti resep-resep korea seperti sup dan berbagai menu sayuran untuk menekan konsumsi kalori tanpa merasa lapar.

Baca juga: Tips Tetap Diet Saat Makan dengan Keluarga Besar

Olahraga teratur

Kamu diharuskan untuk berolahraga rutin ketika sedang diet ini, Ladies. Makanya ada istilah KPop workout untuk mereka yang sedang diet Korea.

Meminimalisir konsumsi gula

Say bye-bye dengan minuman soda dan manis-manis. Makanan dengan kadar gula tinggi seperti kue, permen, es krim, dan produk bakery lainnya harus kamu jauh-jauhin deh, Ladies. Cukup air putih aja yaaa…

Hindari ngemil

Serba-Serbi Diet Korea, Pingin Coba?
Foto: pexels.com

Ngemil diantara makan utama tidak diperlukan di diet ini jadi sebaiknya dihindari aja. Tapi jika kamu ingin ngemil, konsumsi buah-buah segar aja. Diet ini tidak membatasi jenis buah yang dimakan kok jadi kamu bisa makan buah apa aja yang kamu mau.

Keuntungan Diet Korea

Dapat Meningkatkan Kesehatan

Diet ini membuat kamu mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah, dua jenis makanan yang terbukti secara luas dapat meningkatkan kesehatan. Menu korea sebagian besar menggunakan sayuran sehingga cocok untuk mereka yang vegetarian serta bebas gluten.

Kimchi juga diketahui membantu mengurangi tekanan darah, tingkat gula, kolesterol serta LDL. Makanan fermentasi seperti kimchi juga meningkatkan kesehatan pencernaan karena kandungan probiotiknya.

Mengurangi Jerawat

Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi produk susu dapat menyebabkan jerawat. Diet Korea membatasi konsumsi produk susu karena itu mereka yang melakukan diet ini memiliki risiko berjerawat lebih sedikit.

Serba-Serbi Diet Korea, Pingin Coba?
Foto: pexels.com

Kekurangan Diet Korea

Terlalu terfokus pada penampilan

Banyak yang melakukan diet Korea karena ingin terlihat seperti bias idolnya. Akibatnya banyak yang mengalami eating disorder, mengakibatkan kesehatan mereka sendiri dalam bahaya karena diet. Hiii serem ya…

Tidak ada aturan yang jelas

Banyak yang melihat fleksibilitas diet korea sebagai keuntungan, namun banyak juga yang mengalami kesulitan karena minimnya petunjuk yang diberikan.  

Perlu diingat ya, diet apapun yang kamu pilih, pastikan kamu menaruh kesehatan kamu sebagai prioritas utama. Nggak asik kan kalau kamu turun berat badan tapi jadinya sakit? Stay safe, stay healthy, Ladies!

Sumber: healthline

Comments

Loading...