OUR NETWORK

4 Manfaat Lemon Sebagai Alat Pembersih Rumah Natural dan Alami

4 Manfaat Lemon sebagai Alat Pembersih Rumah Natural dan Alami

Membahas perihal lemon, pasti tidak akan terlepas dari pembahasan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Lemon adalah salah satu bahan yang cukup banyak ditemukan dalam suplemen dan produk kecantikan. Wajar saja sih sebab kandungan vitamin C-nya yang tinggi membuat buah ini mampu memberikan berbagai keuntungan bagi tubuh, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mengusir jerawat, hingga mencerahkan kulit.

Baca juga: Pengusir Serangga dengan Aroma Parfum

Pengusir Serangga dengan Aroma Parfum

Namun, di samping semua manfaat lemon di bidang kesehatan dan kecantikan, ada pula manfaat lainnya yang tidak kalah penting bagi kemaslahatan umat hihihi. Ternyata, buah lemon dapat digunakan sebagai bahan alternatif untuk membersihkan berbagai perabotan rumah. Yup, jika Ladies gemar menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, singkirkan semua bahan pembersih kimia berbahaya dan segera stok buah lemon sebanyak mungkin. Selain berfungsi sebagai disinfektan alami, buah lemon pun terkenal dengan aromanya yang menyegarkan.

Apa saja sih yang bisa Ladies lakukan dengan buah lemon? Cek ulasannya di bawah ini yuk.

1. Disinfektan bagi talenan dapur

4 Manfaat Lemon sebagai Alat Pembersih Rumah Natural dan Alami
Foto: Bored Panda

Talenan adalah salah satu peralatan masak yang tidak mungkin tidak digunakan oleh Ladies. Seringkali, Ladies hanya memiliki satu talenan untuk segala jenis bahan masakan alias one talenan for rule them all. Alhasil, talenan pun akan dipenuhi segala bau-bauan dan bakteri. Hiii…

Tenang, ada lemon yang bisa membantumu membersihkan talenan secara natural, ladies. Caranya, potong lemon menjadi beberapa bagian, tergantung selera, kemudian taburkan garam ke atas talenan, lalu gosok garam tersebut dengan potongan lemon. Jangan lupa untuk menekan lemon hingga air lemonnya keluar ya Ladies. Setelah seluruh permukaan talenan tergosok dengan baik, biarkan selama lima menit, baru bilas dengan air mengalir.

2. Pembersih alami serba guna

4 Manfaat Lemon sebagai Alat Pembersih Rumah Natural dan Alami
Foto: Bored Panda

Ingin punya pembersih serba guna yang bisa dipakai untuk membersihkan perabotan apa saja? Bisa banget kok, Ladies. Bahan yang Ladies butuhkan hanyalah cuka, air, spray bottle, dan tentu saja lemon.

Tuangkan 250 ml cuka dan 250 ml air ke dalam spray bottle, kemudian masukkan irisan lemon ke dalam larutan tersebut. Diamkan larutan selama 1-2 minggu agar lemon terinfus dengan air dan cuka. Setelah selesai didiamkan, larutan pun siap digunakan. 😉

3. Pembersih microwave

4 Manfaat Lemon sebagai Alat Pembersih Rumah Natural dan Alami
Foto: Bored Panda

Noda-noda di dalam microwave terkadang terabaikan sehingga bukan tidak mungkin noda tersebut berubah menjadi kerak. Untuk menghilangkannya, ada solusi sederhana dan alami. Potong lemon menjadi dua kemudian masukkan ke dalam mangkuk yang sudah diisi air. Masukkan mangkuk tersebut ke dalam microwave, kemudian nyalakan microwave selama 1-2 menit. Uap dari air lemon akan menghidrasi kerak-kerak makanan sehingga lebih mudah dibersihkan.

4. Disinfektan bagi saluran bak cuci piring

4 Manfaat Lemon sebagai Alat Pembersih Rumah Natural dan Alami
Foto: Bored Panda

Saluran bak cuci piring seringkali terabaikan saat sedang bersih-bersih dapur. Namun tenang saja Ladies, ada lemon yang dapat menjadi asistenmu. Untuk membersihkan saluran bak cuci piring, tuangkan garam ke permukaan saluran bak cuci piring, kemudian gosok dengan potongan lemon. Lemon bukan hanya akan mengusir bakteri tetapi juga membersihkan water spots. Setelah dirasa cukup, bersihkan saluran bak cuci piring dengan air mengalir.

Baca juga: Bumbu Dapur yang Bisa Bantu Kesehatan

Bumbu Dapur yang Bisa Bantu Kesehatan

Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber, foto, dan foto cover: Pop Sugar

Comments

Loading...