OUR NETWORK

Tidur Lebih Cepat dengan Melakukan 5 Tips Berikut Ini

Tidur Lebih Cepat dengan Melakukan 5 Tips Berikut Ini
Foto: wecityguide.com

Kecemasan berlebih yang muncul ketika akan menghadapi hari penting atau stress karena menumpuknya hal yang dipikirkan dapat menjadi penyebab tubuh kesulitan tertidur ketika malam hari. Alhasil keesokan harinya kamu akan merasa lemas dan sulit berkonsentrasi. Untuk itu penting memperoleh tidur yang berkualitas. Nah, berangkat dari hal tersebut, dilansir dari Byrdie, berikut ini ada beberapa tips nih yang bisa membantumu untuk tidur lebih cepat dan berkualitas. Simak, yuk!

Hindari tertidur tepat ketika naik ke tempat tidur

Sekilas memang tampak berlawanan dari tujuan kita, namun, Sleep Educator, Terry Cralle, menyatakan, dengan membuat tubuh bersantai dahulu sebelum tidur, justru akan membuat tubuh lebih mudah tertidur. Langkah ini akan mengurangi tekanan pada tubuh untuk tertidur dan membantumu beristirahat lebih cepat dan berkualitas.

Tidur Lebih Cepat dengan Melakukan 5 Tips Berikut Ini
Foto: marthasteward.com

Simpan smartphone dan jauhkan perangkat dari mata

Langkah ini penting dilakukan untuk melindungi matamu dari blue light yang justru dapat membuatmu merasa lebih terjaga. Pakar tidur, Michael Breus, menyatakan, bila kamu terpaksa harus menggunakannya sebelum tidur, sebaiknya kamu menggunakan kacamata dengan perlindungan dari blue light, sehingga matamu tetap terlindungi.

Mandi air hangat

Studi baru menemukan, mandi air hangat satu hingga dua jam sebelum tidur dapat membantu tubuh untuk tertidur lebih cepat. Tepatnya, bisa 36 persen lebih cepat.

Meditasi dan relaksasi

Sisihkan waktu selama satu jam sebelum tidur untuk melakukan meditasi. Aktivitas ini akan membantu membuat tubuh menjadi lebih santai dan memperoleh kualitas tidur yang lebih baik. Bila kamu tidak ahli dalam melakukannya, kamu bisa menggunakan aplikasi untuk membantu memandumu melakukan meditasi dengan baik.

Tidur Lebih Cepat dengan Melakukan 5 Tips Berikut Ini
Foto: stocksy.com

Pastikan keadaan dan posisi tangan dan kaki terasa nyaman

Cralle menyatakan, tangan dan kaki terasa dingin akan membuat tubuh kesulitan untuk tertidur. Senada dengan Cralle, penelitian Swiss juga menunjukkan bahwa kaki dan tangan yang hangat adalah faktor terbaik yang secara efektif dapat membuat tubuh tertidur lebih cepat.

Terkadang memang hasil yang diharapkan tidak langsung terlihat setelah melakukan salah satu cara pada ulasan di atas. Biasanya itu dikarenakan tubuhmu masih tidak merasakan relaksasi yang menjadi fokus kelima cara pada ulasan di atas. Untuk itu, percobaan beberapa kali dan fokus pada relaksasi tubuh perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: Byrdie

Comments

Loading...