OUR NETWORK

Tetap Berteman dengan Mantan? Begini Tips-tips yang Bisa Kamu Lakukan

Tetap Berteman dengan Mantan? Begini Tips-tips yang Bisa Kamu Lakukan
Foto: amongmen.com

Sebelum menjalin hubungan asmara, kamu dan dia sebelumnya adalah teman yang begitu dekat. Dan setelah putus, kamu tetap ingin berteman dengannya dan tak mau dia ‘menghilang’ begitu saja. Hal ini memang terjadi dan banyak yang melakukannya. Dengan syarat, kamu putus baik-baik, bukan karena kekerasan atau hal-hal mengerikan lainnya.

Selain itu, pastikan jika perasaan sudah benar-benar hilang, karena tidak bisa dipungkiri saat nantinya menjalin hubungan pertemanan dengan mantan, kamu juga menjadi orang-orang pertama yang tahu jika ia dekat dengan orang lain. Bukan malah menyiksa tuh kalau kamu dekat-dekat dengan mantan dan berkamuflase menjadi temannya?

Baca juga: Ini Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Sahabatmu yang Baru Saja Putus Cinta

Erica Gordon, dating expert dan juga founder the Babe Report serta penulis buku Aren’t You Glad You Read This? Memberikan beberapa tips mengubah patah hati menjadi pertemanan kembali. Apa sajakah itu? Yuk, kita ulas seperti berikut ini.

Putus Secara Baik-baik dan Hentikan Membicarakan Keburukannya

Tetap Berteman dengan Mantan? Begini Tips-tips yang Bisa Kamu Lakukan
Foto: davidwolve.com

Jika kamu memiliki harapan yang tinggi untuk bisa berteman dengannya kembali, hal yang paling penting adalah putus secara baik dan hentikan membicarakan keburukannya. Hal ini akan membantu proses penyembuhan patah hati dengan lebih cepat juga. Selain menghindari berbicara buruk, jangan terlibat perkelahian dengannya, dan kurangi mengatakan hal-hal menyakitkan. Gordon menyebutkan jika perasaan terluka setelah putus memang tidak dapat dihindari, namun ada cara untuk mengurangi dampaknya.

Mute Dia di Berbagai Media Sosial

Jika kamu ingin segera sembuh dan kembali berteman dengannya kembali, Gordon menyebutkan untuk memberi jarak di media sosial. Lepaskan dirimu dari berbagai “belenggunya” di media sosial. Perlu usaha yang keras untuk tidak stalking mantan di media sosial. Namun setelah kamu bisa melakukannya, hal tersebut akan membuatmu lebih tenang dan produktif. Daripada stalking dan akhirnya sakit hati, ada baiknya untuk menghentikannya saja.

Kamu ingin memblokirnya? Tidak masalah jika itu membuat mentalmu tetap baik-baik saja. Kamu bisa blok atau mute dia untuk sementara ya, Ladies.

Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Tetap Berteman dengan Mantan? Begini Tips-tips yang Bisa Kamu Lakukan
Foto: lovepanky.com

Meskipun memutuskan untuk tetap menjadi teman, kamu butuh waktu sendiri juga. Bisa melakukan berbagai hobi sendirian tanpa gangguan dari orang-orang, apalagi mantan yang jadi teman. Ambil waktu sebanyak yang kamu butuhkan. Bersiap-siaplah dan kuatkan hati untuk bisa kembali menjalin pertemanan.

Jujur Pada Diri Sendiri

Hal lainnya yang perlu untuk dipastikan adalah jujur pada diri sendiri. Tanyakan pada diri sendiri ‘mengapa kamu melakukan ini’ apakah kamu benar-benar ingin menjalin pertemanan kembali dengannya ataukah diam-diam masih mengharapkan untuk bisa kembali. Jika kamu merasa jika belum siap untuk berteman kembali, beri waktu. Ingat Ladies, percikan harapan akan berakhir pada patah hati yang lebih menganga nantinya. Jadi, selalu utamakan kesehatan mental ya.

Baca juga: 5 Tanda Mantan Menyesal Putus Denganmu

Intinya, yang menanggung semuanya adalah kamu. Jadi, jika memang belum siap untuk kembali berteman, lakukan hal-hal yang membuatmu nyaman. Jangan menuruti orang-orang yang kurang mengerti isi dari hati dan kepalamu.

Sumber: Elite Daily

Comments

Loading...