OUR NETWORK

Perpanjang Usia dengan Lakukan Dua Fitness Kunci Ini

Perpanjang Usia dengan Lakukan Dua Fitness Kunci Ini
Foto: runnersworld.com

Sebagaimana yang diketahui, olahraga merupakan aktivitas yang sangat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak hanya kesehatan otot, melainkan juga meningkatkan kesehatan otak dan fungsi memori yang membantu mencegah gangguan neurodegeneratif seiring bertambahnya usia. Mengingat, otak ialah kunci dari kehidupan manusia, menjaga kesehatan otak dinilai berkaitan dengan usia yang panjang. Menyadari hal tersebut, dari berbagai olahraga yang ada, ahli fisiologi olahraga, Ben Greenfield, merekomendasikan dua pilihan terbaik olahraga yang secara khusus dapat membantu memperpanjang umurmu, Ladies.

Olahraga yang pertama ialah jenis olahraga yang berkaitan melibatkan pergerakan otot dengan cepat, seperti sprinting, jumping, atau latihan kekuatan otot. Menurut Greenfield, otot yang kuat dan meledak-ledak dengan cepat merupakan salah satu pilihan terbaik untuk memperpanjang umur secara keseluruhan. Tidak perlu melakukan olahraga berat yang mengharuskan mengangkat dumble atau adu kecepatan. Cukup lakukan latihan-latihan yang biasa disebut sebagai high-intensity interval training (HIIT) routines. Latihan yang dilakukan secara singkat tapi sekaligus bertenaga, cepat, eksplosif hanya dengan menggunakan bodyweight.

Pada praktiknya, olahraga ini disarankan Greenfield dilakukan selama 7-10 menit, di mana, kamu bergerak sangat cepat dan eksplosif selama 30 menit dan diselang istirahat selama 15 detik.

Beberapa gerakan yang dapat kamu lakukan selama rutinitas latihan HIIT ini diantaranya plyometrics, lunges, explosive push up, dan lainnya.

Perpanjang Usia dengan Lakukan Dua Fitness Kunci Ini
Foto: post.healthline.com

Kemudian, tips kedua dari Greenfield yang perlu dilakukan ialah mengelola pola dan rutinitas berolahraga. Ia menyarankan untuk melakukan tips olahraga pertama tersebut secara bergantian dengan olahraga yang lebih ringan dan stabil sepanjang minggu. Jadi, tidak setiap hari kamu harus melakukan olahraga dengan pase yang cepat. Olahraga yang ringan dan santai di sela-selanya dapat membantu tubuh untuk beristirahat, namun membuatnya tetap terlatih. Adapun, olahraga yang dimaksud seperti lari marathon atau jogging jarak jauh, jalan santai, berenang, atau mengangkat dumbbell ringan.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan HIIT dan Berbagai Manfaatnya

Berdasarkan studi yang telah dilakukan, paduan kedua tipe olahraga ini dengan total waktu berolahraga sebanyak 150 menit setiap minggu dinilai sebagai cara terbaik untuk memperpanjang umur. Latihan ketahanan tubuh pada program HIIT, dianggap mampu menunda penuaan tubuh sekaligus memperkuat kebugaran kardiorespirasi. Sementara, latihan kekuatan dengan beban yang ringan, dinilai mampu memperlambat hilangnya massa otot yang secara alami terjadi pada proses penuaan.

So, dengan memadukan kedua tipe olahraga ini dengan pola yang tepat, kamu bisa menjaga tubuhmu tetap sehat secara fisik sekaligus membuatnya berumur lebih panjang. Tentunya, penuaan tubuh yang tertunda ini juga dibarengi dengan kesehatan mental yang meningkat pula ketika melakukan kedua tipe olahraga ini. Untuk hasil yang maksimal, pastinya kamu tetap harus rutin, ya dalam melakukannya. Selamat mencoba, Ladies!

 

 

Sumber: Mind Body Green

Comments

Loading...