Free Porn
xbporn
OUR NETWORK

Yuk, Kenalan dengan HIIT dan Berbagai Manfaatnya

Untuk memperoleh tubuh yang bugar, caranya beragam. Namun, salah satu cara efektifnya adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga sendiri juga dibagi menjadi banyak hal, bisa olahraga ringan ataupun berat sekelas HIIT. Apakah kamu sudah mendengar tentang HIIT sebelumnya?

Baca juga: 5 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Olahraga Angkat Beban

HIIT merupakan singkatan dari High-Intensity Interval Training yang sudah mulai berkembang beberapa tahun belakangan. Olahraga jenis ini pertama kali dibuat pada tahun 2014 yang lalu oleh American College of Sport Medicine sebagai salah satu daftar fitnes di tahun tersebut.

Cara melakukan HIIT juga gampang, kamu tinggal mengombinasikan beberapa macam gerakan olahraga. Misalnya saja push up, squat, dan lain sebagainya. Jenis olahraganya bisa kamu sesuaikan sendiri. Yang paling penting adalah intensitasnya, formulanya adalah work-to-rest-ratio yang paling populer dan banyak dilakukan adalah 2:1. Contohnya, kamu berolahraga 40 detik kemudian istirahat selama 20 detik, dan diulangi 5 sampai 10 kali banyaknya.

Manfaat Melakukan HIIT Secara Teratur

Yuk, Kenalan dengan HIIT dan Berbagai Manfaatnya
Foto: self.com

HIIT ini juga merupakan latihan kardio intensitas tinggi dengan kombinasi gerakan yang dilakukan dalam durasi yang cukup singkat, kisaran 5-20 menit saja. Namun, meskipun sebentar, efeknya sangat besar, digadang-gadang HIIT juga merupakan salah satu yang paling efektif membasmi lemak di tubuh.

Saat kamu melakukan HIIT, denyut jantung akan meningkat hingga 85 sampai 90 persen. Dan kondisi ini akan membuat tubuh menghasilkan energi tanpa bantuan oksigen atau yang disebut juga dengan anaerobic. Dengan begitu jumlah EPOC atau Excess Post-Exercise Oxygen Consumption akan bisa dimaksimalkan.

Baca juga: Inilah Cara Olahraga Memengaruhi Kesehatan Kulitmu

Singkatnya, jika jumlah EPOC yang dihasilkan semakin tinggi, maka semakin besar pula lemak yang dibakar oleh tubuh. Tidak hanya itu saja, banyak juga manfaat HIIT lainnya. Misalnya memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Ditambah lagi, melakukan HIIT secara berkala akan meningkatkan kelenturan tubuh. Kesehatan makin membaik, kolesterol stabil, dan juga bisa menjadi penangkal untuk diabetes tipe 2.

Jadi, HIIT ini bisa dilakukan buat kamu yang sedang program menurunkan berat badan. Namun, tetap saja tidak boleh berlebihan ya, Ladies. Karena ditakutkan tubuh tidak akan kuat. Jadi, lakukan sesuai dengan yang dianjurkan dan jangan berlebihan. Penting juga untuk mengimbanginya dengan gaya hidup yang sehat.

 

Sumber: Pop Sugar

Must Read

Related Articles