OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Tips Memilih Semangka Terbaik Menurut Pakar Makanan

Saat berbelanja buah dan sayuran, berapa banyak dari Ladies yang memilih produk melalui visualnya? Semakin mulus dan berkilau, semakin besar kemungkinan buah dan sayur tersebut Ladies pilih. Tidak mengherankan jika Ladies melakukannya sebab memang beberapa makanan membuat impresi untuk menyingkirkan produk yang tampak ‘buruk rupa’ dan memilih makanan yang tampak ‘cantik dan memikat’. 

Namun, ada rahasia kecil yang harus Ladies ketahui mengenai satu buah favorit banyak orang ini: semangka. Rupanya bentuk semangka yang paling buruk, yaitu dengan kulit yang tidak mulus, bintik hitam, dan noda ternyata merupakan buah semangka terbaik! 

What? Masa sih? Yup betul, Ladies. Tips memilih semangka antigagal ini dibagikan oleh My Nguyen,  koki dan penulis buku My Healthy Dish. Kok bisa sih semangka yang ‘buruk rupa’ ini akan memberikan rasa yang paling memanjakan lidah? Simak penjelasannya di bawah ini Ladies!

Bagaimana cara memilih semangka? 

Menurut Nguyen, memilih semangka jelek adalah metode yang paling mudah untuk memilih semangka termanis. Nguyen rupanya mendapatkan trik ini dari ayahnya saat ia masih anak-anak dulu. “Dia akan memberi tahu saya bahwa memetik semangka manis sangat mudah hanya dengan melihatnya,” kenangnya.

Jadi, apa sebenarnya semangka yang jelek itu? Perhatikan tiga indikator utama dari apa yang disebut keburukan yang sebenarnya menunjukkan kekayaan rasa manis dan cita rasa.

1. Bercak kuning besar

Tips Memilih Semangka Terbaik Menurut Pakar Makanan
Foto: buzzfeed

Jika Ladies selalu mencari semangka dengan warna hijau yang merata dan menghindari semangka dengan noda bercak kuning, berarti Ladies telah melakukan kesalahan besar. 

“Anda harus mencari tambalan kuning besar, karena itulah bagian yang berada di bawah matahari. Semakin besar tambalan, semakin lama matang di tanah, ”kata Nguyen. Dan seperti yang kita ketahui dengan baik, kematangan puncak berarti puncak rasa manis dan bersari.

2. Anyaman atau jaring besar (webbing)

Tips Memilih Semangka Terbaik Menurut Pakar Makanan
Foto: thissoutherngirlcan

Dalam hal anyaman, semakin jelek, semakin baik. “Anyaman disebabkan oleh penyerbukan lebah, jadi jika ada lebih banyak anyaman, itu akan lebih manis,” jelasnya. Bahkan hasil ini sepadan meskipun Ladies harus membongkar tumpukan semangka untuk menemukan semangka dengan banyak anyaman. 

3. Bintik-bintik coklat kehitaman

Tips Memilih Semangka Terbaik Menurut Pakar Makanan
Foto: pexels.com

Selanjutnya, Nguyen mengatakan bahwa akan beruntung jika Ladies dapat menemukan semangka dengan beberapa (atau banyak) bintik coklat kehitaman. “Bintik-bintik gelap ini sebenarnya menunjukkan bahwa gula merembes keluar, yang merupakan tanda lain bahwa semangka sangat manis,” katanya.

4. Berat

Nguyen juga menambahkan satu tip terakhir yang perlu diingat saat Ladies melatih otot bisep untuk mencari semangka termanis di pasar. Semangka yang sempurna akan padat dan berat, yang menunjukkan bahwa itu penuh sari-sari buah dan tidak kering, katanya.

Jangan lupa bahwa semangka mengandung hingga 92% air, menjadikannya salah satu cara yang paling menyenangkan dan penuh rasa untuk tetap terhidrasi.

Baca juga: 5 Hidangan Unik dari Semangka

5 Hidangan Unik dari Semangka

5. Batang berwarna gelap

Tips Memilih Semangka Terbaik Menurut Pakar Makanan
Foto: benefitsofstretching

Saat semangka siap dipetik, tangkai batangnya akan mulai mengering secara alami dan menjadi gelap. Jika dipetik saat batangnya masih segar dan hijau, maka semangka akan terasa hambar. Jika semangka yang Ladies lihat tidak memiliki batang, periksa saja ujung area batangnya. Semangka manis harus memiliki titik gelap di area tersebut. Jika area batang tersebut masih terang, carilah semangka lain, Ladies.

Disadari atau tidak, semangka mengajarkan kita untuk menurunkan standar visualmu: di balik tampilan eksterior yang tidak selalu tampak cantik rupanya terdapat hal yang lebih besar yang layak untuk diperhitungkan. 

“Pada dasarnya, jangan biarkan penampilan membodohi Anda dengan memilih semangka hijau yang sempurna,” simpul Ngyuen. “Sebaliknya, pilih yang paling jelek yang bisa kamu temukan.”

Siap berburu semangka, Ladies?

 

Sumber: wellandgood.com

Must Read

Related Articles