OUR NETWORK

Menjadi Bahagia di Sekitar Orang-Orang Negatif? Bisa Banget!

Ada banyak hal yang bisa bikin kita stres dan terbawa aura negatif. Nah, bagaimana kalau orang-orang di sekitar kita yang negatif terus? Kamu bisa mencoba beberapa hal berikut ini supaya bisa bahagia di sekitar orang-orang negatif, Ladies.
Foto: pixabay.com

Orang-orang dengan emosi dan respons yang negatif memang dapat membuat mood kita berubah sehingga dapat membuat kita merasa kurang bahagia. Meski emosi dan respons mereka negatif, jangan sampai hal itu membuat kamu terus-menerus ikut merasa tidak bahagia, Ladies. Yuk, kendalikan emosi dan buat dirimu lebih bahagia di sekitar orang-orang negatif dengan cara-cara berikut!

Baca juga: Tips Mengelola Stres, Mudah, dan Cepat

1. Mencari Penyebab dari Emosi Negatif

Semua hal yang terjadi tentu ada penyebabnya, termasuk alasan di balik perasaan kamu yang dikelilingi oleh suasana negatif dari orang-orang sekitar. Sebagai langkah awal, yuk kenali akar masalah dari rasa tidak nyaman tersebut. Perlahan tapi pasti kamu akan menemukan dan menyadari penyebab yang menciptakan aura negatif di sekitar kamu.

2. Fokus pada Hal-hal yang Bisa Dikendalikan

Berusaha mengendalikan hal-hal di luar kuasa kita tentu akan membuat kita menjadi sulit untuk bahagia. Oleh karena itu, fokuslah pada hal-hal yang bisa kamu kendalikan. Cobalah untuk mengalihkan perhatian kamu dari emosi negatif dan buatlah dirimu menjadi lebih produktif.

3. Bangkitkan Sugesti Positif

Saat kamu terus-menerus memikirkan hal yang negatif, bisa saja hal tersebut malah akan benar-benar terjadi. Ini karena pikiran kamu sendiri dapat memengaruhi tindakanmu. Saat kamu percaya hal-hal buruk akan datang, maka tanpa butuh waktu lama pikiran tersebut seolah hadir dalam dunia nyata. Begitu juga saat kamu fokus memikirkan sesuatu yang positif. Oleh karena itu, sebisa mungkin jauhi pikiran buruk dan ciptakan pikiran yang baik meski kamu terjebak dalam lingkungan yang tidak membuat kamu nyaman, Ladies.

4. Tanamkan Emosi Baik dalam Diri

Kebahagiaan sulit dicapai tanpa diiringi dengan usaha yang maksimal. Daripada terus memasang wajah cemberut yang malah akan bikin bad mood, lebih baik tenangkan diri dengan melakukan aktivitas lain yang bisa bikin senang. Membaca buku favorit, berdansa sambil mendengarkan musik di kamar, menonton film, atau melakukan yoga bisa jadi beberapa pilihan kegiatan positif.

Baca juga: Redam Emosi Negatif dengan lakukan 3 Hal Ini!

Nah, setelah selesai dengan semua langkah di atas, coba rasakan perubahan emosi dalam diri kamu Ladies. Kamu mungkin akan merasa lebih bahagia di sekitar orang-orang negatif setelah melakukan langkah-langkah di atas. Tapi kalau merasa terganggu, kamu bisa loh mencoba berdiskusi dengan mereka. Kalau masih begitu juga yah… mungkin kamu butuh lingkungan yang lebih ‘mendukung’. Selamat mencoba!

 

Sumber: HuffPost, Foto Cover: pixabay.com

Comments

Loading...