OUR NETWORK

Brongkos Handayani di Yogya, Kuliner Legenda Alternatif Selain Gudeg

Brongkos Handayani di Yogya, Kuliner Legenda Alternatif Selain Gudeg
Foto: Instagram/njajan_dulu

Saat membahas makanan, Yogyakarta selama ini memang terkenal dengan gudegnya. Banyak bertebaran penjual gudeg, bahkan mulai dari pedagang kaki lima sampai dengan restoran bintang lima. Ternyata, selain gudeg banyak juga makanan lainnya yang recommended buat dicoba saat bepergian ke Yogyakarta alias Jogja. Misalnya saja Brongkso Handayani. Brongkos sendiri sebenarnya merupakan kuliner Jawa Tengah yang juga banyak terdapat di Yogya. Mungkin karena lokasinya yang dekat. Sekilas mirip rawon, tapi menggunakan santan dan juga lebih banyak bumbu.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Yogyakarta untuk Dibawa Pulang

Brongkos Handayani yang Melegenda

Brongkos Handayani di Yogya, Kuliner Legenda Alternatif Selain Gudeg
Foto: Instagram/ yuk.dolan.jogja

Brongkos Handayani merupakan salah satu pilihan tempat makan yang begitu melegenda di Jogja. Keberadaannya sudah ada sejak tahun 1960-an. Tempat makan ini dirintis oleh pasangan Adiyo Utomo dan Sardiyem. Meskipun sudah lama berdiri, bukannya berkurang pelanggannya malah semakin banyak berdatangan. Apalagi saat jam makan siang, tempat makan ini begitu padat merayap. Bisa jadi salah satu rujukan orang-orang yang makan siang nih, Ladies.

Kenikmatan Seporsi Brongkos di Sini

Brongkos Handayani di Yogya, Kuliner Legenda Alternatif Selain Gudeg
Foto: Instagram/ jogjaeatguide

Seporsi brongkos di sini ada beragam macam. Mulai dari brongkos telur, brongkos ayam, brongkos tetelan, brongkos empal, dan juga brongkos campur. Menu utamanya memang brongkos, tapi ada banyak menu lainnya yang bisa dicicipi seperti nasi rames, nasi pecel, dan lain-lain. Minumannya juga beragam, ada es campur, es kelapa muda, ataupun juga es tape. Enak diminum saat siang hari, pelepas dahaga yang bikin bahagia.

Rahasia yang membuat kuliner di sini memiliki cita rasa yang begitu nikmat adalah penggunaan beragam rempah dan bumbu dapur. Tambah gurih lagi lantaran penggunaan santan dan kaldu yang terbuat dari rebusan dagung sapi. Seporsi brongkos di sini akan membuat nafsu makan meningkat drastis.

Alamat Warung Brongkos Handayani

Brongkos Handayani di Yogya, Kuliner Legenda Alternatif Selain Gudeg
Foto: Instagram/ javafoodie

Warung Brongkos Handayani berlokasi di salah satu sudut Alun-alun Kidup Yogyakarta. Tempat tepatnya berada di ruas jalan menuju ke Plengkung Gading. Jika kamu datang dari arah utara, warung brongkos ini terletak di kanan jalan. Tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 WIB sampai waktu sore, atau jika brongkos sudah habis. Untuk harganya, mulai dari Rp11.000-Rp22.000 sajaaa…

Baca juga: Makin Mblusuk Makin Diburu, Ini Tempat Makan Tersembunyi di Yogya

Lokasi yang strategis untuk mencicipi seporsi brongkos yang nikmat. Nggak menyesal deh mampir ke sini untuk mencicipi brongkos. Semoga kamu bisa mencobanya kalau sedang ke sana ya, Ladies.

Sumber: Visiting Jogja, Makan Jogja

Comments