OUR NETWORK

Mengelola Konflik dalam Sebuah Hubungan dengan Humor

Mengelola Konflik dalam Sebuah Hubungan dengan Humor
Foto: inovasee.com

Tertawa adalah obat terbaik dalam kehidupan, benar nggak Ladies? Dengan tertawa, stress kita bisa berkurang, suasana hati menjadi lebih positif, dan pikiran kita juga akan ikut menjadi jernih dan tenang, lho. Apalagi dalam sebuah hubungan, tertawa ini benar-benar sangat diperlukan untuk menjaga keharmonisan. 

Apa hubungannya tertawa dan keharmonisan hubungan? Jadi, rupanya humor bisa menjadi alat yang efektif untuk mengatasi konflik dalam hubungan kamu dan pasanganmu lho, Ladies. Tidak hanya untuk menarik perhatian, humor dalam sebuah hubungan bisa mengatasi kecanggungan yang muncul selama proses mengenal satu sama lain. Sedangkan untuk pasangan yang sudah lama menjalin hubungan, humor dapat membuat hal-hal menarik, segar, dan lebih membangkitkan semangat lagi. Ini juga dapat membantu kamu melewati konflik, pertentangan, serta kejengkelan kecil yang menumpuk seiring berjalannya waktu dan berpotensi menghancurkan ikatan kalian.

Baca juga: Inilah Hal-Hal Positif yang Kamu Rasakan Saat Berkencan dengan Cowok Humoris

Ketika konflik dan perbedaan pendapat menimbulkan persoalan besar dalam hubunganmu dan pasangan, humor dan kesenangan dapat membantu meringankan ketegangan dan mengembalikan ikatan emosional kamu dan pasanganmu, Ladies. Jika digunakan dengan baik, sedikit humor ringan dapat dengan cepat mengubah konflik, dan ketegangan menjadi peluang untuk kesenangan dan keintiman bersama. Hal ini memungkinkan kamu untuk menyampaikan maksud dalam hati tanpa harus melukai perasaan pasanganmu, lho. 

Berikut ini ada tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi konflik dalam hubungan dengan menggunakan humor atau lelucon. 

1. Pastikan kalian berdua berada dalam suasana tenang dan bisa menerima lelucon

Mengelola Konflik dalam Sebuah Hubungan dengan Humor
Foto: today.line.me

Humor hanya dapat membantu kamu mengatasi konflik ketika kedua belah pihak sedang dalam suasana atau situasi bercanda. Penting untuk peka terhadap orang lain ya, Ladies. Jika pasanganmu cenderung tidak menghargai lelucon itu, jangan katakan atau lakukan itu, Ketika lelucon itu hanya sepihak alih-alih menyelesaikan masalah malah justru merusak hubungan.

2. Jangan gunakan humor untuk menutupi emosi lain

Mengelola Konflik dalam Sebuah Hubungan dengan Humor
Foto: imaji.live

Humor membantumu tetap tangguh dalam menghadapi tantangan hidup. Tetapi ada saat-saat ketika humor itu juga jadi tidak sehat yakni ketika humor itu kamu gunakan untuk menutupi emosi, menghindari hal yang menyakitkan, dan tidak digunakan untuk mengatasinya. Tertawa menjadi bentuk penyamaran bagi perasaan terluka, takut, marah, dan kecewa ketika kamu tidak tahu cara mengekspresikannya.

Benar deh, Ladies, menutupi kebenaran itu tidak lucu. Kamu akan terpuruk dalam persoalanmu di balik tawa dan humor yang kamu ciptakan itu justru membuat humor dalam hubunganmu tidak sehat dan sangat berpotensi semakin merusak keharmonisan hubungan dengan pasangan. 

3. Kembangkan selera humor yang lebih cerdas

Mengelola Konflik dalam Sebuah Hubungan dengan Humor
Foto: onikah.com

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan membuat olok-olok ringan atau bercanda, atau kesulitan untuk mengetahui apa yang sesuai dalam situasi yang tengah kamu hadapi, mungkin kamu bisa memulai dengan menggunakan humor yang sedikit menjatuhkan diri sendiri dulu. Nggak apa-apa Ladies, ini hanya pemantik kok.  

Kita semua mencintai orang-orang yang tidak menganggap diri mereka terlalu serius dan mampu mengolok-olok kegagalan mereka sendiri. Lagipula, kita semua tidaklah sempurna dan pastinya pernah membuat kesalahan. Setelah kamu merasa nyaman membuat lelucon tentang diri sendiri, kamu bisa memperluas jangkauan untuk memasukkan jenis humor lainnya yang menarik bagi pasangan.

4. Manfaatkan sisi humoris dalam dirimu

Mengelola Konflik dalam Sebuah Hubungan dengan Humor
Foto: idntimes.com

Memanfaatkan sisi menyenangkan dalam diri kita itu penting ya, Ladies. Penolakan atau cemoohan ketika mencoba humor adalah ketakutan yang bisa dipahami, tetapi penting untuk menunjukkan bahwa kamu tidak perlu menjadi pelawak untuk menggunakan humor sebagai alat mengelola konflik. Intinya bukan untuk mengesankan atau menghibur orang lain, tetapi hanya untuk meringankan suasana hati dan meredakan ketegangan. Jadi, jangan takut bertingkah konyol atau seperti anak kecil. Ini dapat menurunkan pertahanan orang lain, membuat kamu dan pasanganmu berada dalam kondisi pikiran yang lebih positif yang kondusif untuk merapikan perbedaan.

Baca juga: Tips Buat Kamu yang Bosan dengan Hubungan Tapi Tetap Ingin Melanjutkan

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meredakan ketegangan bersama pasangan menggunakan humor, Ladies. Dengan menggunakan tips ini, kamu dapat belajar menggunakan humor untuk meredakan perbedaan, menurunkan tingkat stress semua orang, dan berkomunikasi dengan cara yang bisa memperkuat dan memperdalam hubungan kalian. Yuhu! Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: helpguide

Comments

Loading...