OUR NETWORK

Lingkaran Setan, 6 Alasan Pacaran yang Dipastikan Gagal

Lingkaran Setan, 6 Alasan Pacaran yang Dipastikan Gagal
Foto: unsplash.com

Merasa hubungan kamu gagal terus? Mungkin sebenarnya tanpa kamu sadari, kamu melakukan hal-hal berikut ini, Ladies. Memang, ada banyak faktor yang menjadi penentu dalam sebuah hubungan, Ladies. Tapi, kalau kamu memulai hubungan karena alasan ini, besar kemungkinan hubungan kamu akan kandas. Kenapa? Simak penjelasannya di sini.

1. Kamu mencari pasangan seperti mencari pasien penyakit mental

Jika kamu berkali-kali mencari pasangan dengan kriteria punya masa lalu kelam atau punya penyakit mental seperti depresi dengan harapan bisa membantu mereka, kamu melakukan kesalahan besar, Ladies.

Mungkin kamu akan merasa bahagia karena pasangan kamu sembuh karena dirimu, tapi hubungan seperti ini akan membuat kamu terus-menerus memberi sedangkan si pasangan terus-menerus menerima. Dalam perjalanannya, kamu akan kelelahan dan justru kehilangan banyak hal.

Baca juga: Merasa Jomblo Meski Sudah Punya Pacar, Mungkin Inilah Alasannya

Jika kamu tersadar melakukan hal ini, sebaiknya kamu alokasikan energi baik kamu ke komunitas relawan aja. Bangun kepercayaan diri kamu tanpa harus memberi makan kebutuhan kamu untuk ‘memperbaiki’ pasangan. Memang tidak ada salahnya membantu seseorang bangkit, tapi kamu juga tidak memiliki kewajiban untuk menjadi ‘pahlawan’ dan satu-satunya orang yang membantunya.

Lingkaran Setan, 6 Alasan Pacaran yang Dipastikan Gagal
Foto: unsplash.com

2. Pasangan kamu adalah orang yang ‘aman’, nggak mungkin ninggalin atau nyakitin

Ini sering terjadi jika kamu punya trauma percintaan yang buruk di masa lalu atau menyaksikan keluarga dan teman dekat yang mengalami percintaan yang menghancurkan mereka. Akhirnya kamu memilih pacaran dengan orang yang ‘aman’ walaupun kamu gak begitu bahagia dengan dia.

Jika ini terjadi, kamu perlu membangun kepercayaan diri dan pandangan kamu terhadap cinta agar pengalaman masa lalu tidak menjadi hantu di setiap hubunganmu. Mintalah bantuan sahabat kamu juga untuk mengecek kamu agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

3. Takut dengan intimasi, kamu mencari orang yang nggak single

Kenapa? Karena orang yang sebenarnya nggak single tidak akan meminta hubungan yang lebih intim lagi dan dijamin mereka nggak akan berkomitmen dengan kamu. Kamu juga nggak mau berkomitmen lebih karena tidak nyaman dengan hubungan yang lebih intim.

Hal ini jangan diterusin Ladies karena berakibat buruk bagi kamu maupun si dia. Jika kamu punya masalah dengan intimasi, lebih baik utarakan secara jujur dengan orang yang sedang dekat denganmu. Diskusikan juga dengan teman dekatmu Ladies dan minta bantuan mereka jika kamu merasa butuh.

Lingkaran Setan, 6 Alasan Pacaran yang Dipastikan Gagal
Foto: unsplash.com

4. Kamu nggak suka sendirian

Kalau ini alasan kamu, karena nggak mau sendiri, itu artinya kamu nyari pelarian aja ladies. Jika kamu sadar kamu ternyata seperti ini, lakukan tantangan ke dirimu untuk melakukan aktivitas sendirian seperti beli kopi di coffee shop sendiri dan duduk di sana sekitar 20 menit. Belajar untuk nyaman dengan dirimu ya.

5. Kamu gampang ogah sama seseorang karena hal-hal yang kurang penting

Pasti ada kriteria pasangan ideal yang kamu punya dan kamu cek setiap kali ada yang ngedeketin kamu. Jika check list kamu seperti tidak berpusat ke norma dan nilai yang dia anut, mending revisi deh, Ladies. Hal-hal seperti religius, senang berpetualang, sering melakukan kegiatan amal, integritas dan disiplin tinggi bisa jadi check list baru untuk kamu.

Lingkaran Setan, 6 Alasan Pacaran yang Dipastikan Gagal
Foto: unsplash.com

6. Secara tidak sadar, kamu terus mencari dan membuat drama ketika pacaran

Mungkin kamu sesekali berbeda pendapat dengan pasangan, tapi bukan berarti setiap hari kerjaannya berantem mulu. Ingat Ladies, cinta sejati gak harus lewat jalanan yang berliku tajam dan penuh ranjau. Asalkan nilai, visi, dan misi yang kamu anut dan pasangan saling bersesuaian, hubungan kalian akan punya umur yang panjang.

Baca juga: 5 Tanda Mantan Menyesal Putus Denganmu

Jika kamu tersadar bahwa kamu melakukan hal-hal tadi, itu sudah pertanda bagus, Ladies. Mulailah memperbaiki diri dan bangun kepercayaan diri kamu untuk kesempatan selanjutnya. Semoga hubungan kamu selanjutnya langgeng ya!

 

Sumber: mindbodygreen

Comments

Loading...