OUR NETWORK

Kenapa Mereka yang Berpasangan Sering Berpegangan Tangan?

Kenapa Mereka yang Berpasangan Sering Berpegangan Tangan?
Foto: pexels.com/TanDanh

Entah itu saat nonton film, berjalan-jalan santai, atau cuman lagi ketemuan aja, kamu dan pasangan pasti pernah pegangan tangan di momen tersebut. Tapi kenapa sih kita suka pegangan tangan dengan pasangan? Ada beberapa alasannya nih, Ladies.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Agar Hubunganmu dan Pasangan Tetap Harmonis

1. Meredakan stres

Kamu sedang menonton film horror, dan tiba-tiba monsternya keluar. Hiiii, apa reaksi yang biasa ladies lakukan? Jika kamu lagi dengan pasanganmu, kamu pasti otomatis memegang tangannya kan? Nah itu karena kamu stress dan mencari rasa nyaman nih, Ladies.

Menurut psikolog klinis, Dr. James Coan, hal ini adalah perilaku naluriah. Siapa pun kamu, dari budaya mana pun kamu berasal, di saat stres kemudian kamu memegang tangan pasanganmu, tingkat stresmu akan menurun, Ladies.

2. Titik akupuntur di tangan

Terdapat titik akupuntur di area antara telunjuk dan jempol. Area ini disebut hegu, menekan daerah ini dapat menurunkan rasa sakit seperti sakit kepala, sakit gigi, ataupun karena sinus. Jadi saat kamu berpegangan tangan, titik ini pun tertekan dan meredakan rasa sakit yang kamu rasa.

Kenapa Mereka yang Berpasangan Sering Berpegangan Tangan?
Foto: pexels.com

3. Karena tangan itu sensitif

Tangan memiliki beberapa syaraf dan reseptor. Pernah tidak sengaja memegang benda panas? Tidak sampai sedetik kamu langsung merasa panasnya kan? Karena tangan sesensitif itu, tentunya akan menyenangkan jika dipegang oleh seseorang yang kamu suka.

4. Menyentuh adalah bentuk komunikasi

Bersentuhan adalah bentuk komunikasi tidak langsung nih, Ladies. Ketika kamu menyentuh tangan seseorang, kamu akan mengirimkan sinyal emosi pada orang tersebut. Menurut penelitian, seseorang mampu menebak secara benar emosi pasangannya ketika mereka berpegangan tangan lebih dari 75%. Jadi kalau pasangan lagi galau terus kamu bingung apa yang sedang terjadi, mungkin kamu bisa pegang tangannya, Ladies. Tapi harus pasangan sendiri ya, jangan pasangan orang lain.

5. Dari lahir, manusia senang berpegangan tangan

Hal naluri yang dilakukan bayi yang baru lahir adalah menggenggam jari kita ketika didekatkan ke dirinya. Jadi memang bawaan dari lahir nih Ladies keinginan untuk menggenggam tangan tersebut.

Kenapa Mereka yang Berpasangan Sering Berpegangan Tangan?
Foto: pexels.com

6. Membuatmu tangan hangat

Skin contact atau bersentuhan memang salah satu cara untuk tetap hangat. Kalau tangan kamu kedinginan dan lupa bawa sarung tangan, kamu bisa menggenggam tangan pasanganmu nih, Ladies.

7. Sebagai pernyataan

Berpegangan tangan adalah pernyataan bahwa kamu dan pasangan memiliki hubungan khusus. Ini juga tanda bahwa kamu dan pasanganmu tidak malu dengan hubungan kalian dan nyaman dikatakan sebagai “pasangan”. Makanya kalau di drama Korea dan pacar pemeran utamanya gak mau pegangan tangan, pasti pemeran utamanya marah, Ladies.

Baca juga: 5 Lagu Romantis Ini Cocok Didengarkan Bersama Pasangan

Nah itu alasannya. Jadi kalau Ladies lagi sama pasangan, jangan sungkan untuk pegangan tangan ya.

 

Sumber: Seventeen

Comments

Loading...