OUR NETWORK

Hubunganmu Sudah Tak Sehat? Begini Tips untuk Menghentikannya

Hubunganmu Sudah Tak Sehat? Begini Tips untuk Menghentikannya
Foto: usafellows.org

Perpisahan bukanlah hal yang mudah, tetapi hal itu tidak selalu buruk. Ketika sebuah hubungan telah ada pada kondisi yang tidak sehat, ketika sepasang kekasih justru menjadi dua orang yang saling menyakiti satu sama lainnya. Ketika tak ada lagi jalan keluar untuk memperbaiki hubungan, berpisah barangkali dapat menjadi hal terbaik yang bisa dilakukan. Sebab, bertahan dalam hubungan yang membuat fisik dan psikismu lemah bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. 

Baca juga: Jalin Hubungan Serius, Ini Hal Penting yang Perlu Dikomunikasikan

Hubungan berakhir bisa jadi karena banyak alasan. Apa pun alasannya, mengakhiri hubungan memang bisa jadi hal yang sulit untuk dilakukan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengakhiri hubungan tak sehatmu dengan pasangan, Ladies. 

1. Mempersiapkan

Pikirkan tentang apa yang akan kamu katakan dan cobalah untuk berlatih dengan teman atau di depan cermin, atau menulis pemikiran kamu agar arah pembicaraan yang akan kamu sampaikan ke pasangan tidak berubah atau keluar konteks.

2. Pilih tempat yang tepat

Bicaralah dengan pasangan di tempat yang nyaman bagi kalian berdua. Jika kamu khawatir tentang keselamatan, tempat umum mungkin menjadi pilihan terbaik.

3. Katakan langsung

Jika kamu merasa aman, bicarakan dengan pasangan tentang keinginanmu untuk berpisah secara langsung. Surel, mengirim pesan teks, atau berbicara di telepon mungkin terdengar lebih mudah, tetapi biasanya bukan pilihan terbaik karena akan memungkinkan kesalahpahaman dan ketidakjelasan persoalan. Ingat ya, Ladies, jangan sekali-kali minta teman untuk menyampaikannya kepada pasanganmu, rawan informasi yang barangkali bertambah atau berkurang dan akan memperkeruh situasi.

4. Hormati pasanganmu

Jika pasangan kamu bertanya mengapa kamu harus putus dengannya, bersikaplah jujur! Hal itu bisa membantu pasanganmu memiliki hubungan yang lebih baik di masa depan. Tapi,  jangan menghina atau mencoba menyakitinya. Akhirilah hubungan dengan situasi dan kondisi yang baik. 

5. Jangan beri harapan palsu

Biasanya ketika kita ingin mengakhiri hubungan dengan pasangan, kita seringkali mengatakan “Kita bisa jadi teman kan?” Meski niat untuk berteman hanya sekadar basa-basi. Jika kamu benar-benar ingin menjadi teman, itu tidak masalah. Tetapi,  jika kamu hanya mengatakan ini untuk membuat pasangan kamu menerima keputusan berpisah ini lebih mudah, maka jangan lakukan, Ladies. Ini dapat menyebabkan perasaan yang lebih terluka. Bahkan jika kamu berencana untuk tetap berteman, berikan ruang pada pasangan kamu. Mungkin ada baiknya untuk beristirahat sejenak dari melihat atau berbicara satu sama lain untuk sementara waktu agar tidak timbul harapan yang berlebihan dan justru lebih menyakitkan.

Baca juga: Anti Galau, Ini Hal-hal yang Bisa Kamu lakukan Setelah Jadi Korban PHP

6. Tetap dengan keputusan 

Jika kamu merasa keputusan berpisah ini adalah hal yang benar, jangan biarkan pasangan kamu mencoba meyakinkan kamu untuk tetap bersama. Itu normal bagi seseorang untuk menangis atau marah selama putus dan itu bisa sangat sulit untuk dihadapi. Tetapi merasa buruk atau bersalah bukan alasan untuk tetap menjalin hubungan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengakhiri hubungan dengan pasanganmu, Ladies. Berpisah memang bukan pilihan yang menyenangkan, tapi dalam sebuah hubungan yang sudah tak lagi bisa diselamatkan, berpisah bisa jadi keputusan yang bijak, demi kedua belah pihak. 

 

Sumber: plannedparenthood

Comments

Loading...