OUR NETWORK

Cara Untuk Tetap Punya Harapan Walaupun di Saat Paling Sulit

Cara Untuk Tetap Punya Harapan Walaupun di Saat Paling Sulit
Foto: pexels.com

Situasi pandemik saat ini mengubah berbagai aspek dalam hidup. Beberapa orang mampu langsung beradaptasi dengan baik namun tidak sedikit yang mengalami kesulitan hingga depresi karena perubahan tersebut.

Sulit rasanya untuk memaksakan diri melihat optimis dan penuh harap ke depan, namun hal ini penting untuk kesehatan mental kita, Ladies. Kita perlu untuk punya harapan dan melihat masa depan dengan lebih positif sesulit apapun keadaanya. Bagaimanakah caranya? Cek ulasannya di bawah ini.

Apa sih harapan itu?

Menurut American Psychological Association (APA), secara umum, harapan adalah ekspektasi bahwa sesuatu yang baik akan terjadi atau sesuatu yang buruk tidak akan terjadi di masa depan. Kamu bisa mengartikan harapan dengan definisi yang lain. Harapan bisa juga adalah motivasi untuk kamu bergerak maju.

Cara Untuk Tetap Punya Harapan Walaupun di Saat Paling Sulit
Foto: pexels.com

Manfaat dari selalu memiliki harapan

Harapan, optimisme, dan pandangan positif akan masa depan saling berkaitan erat. Secara psikologis, memiliki harapan meningkatkan kekuatan mental kita. Mempunyai harapan juga membantu mempercepat bangkit kembali dari krisis atau keadaan traumatis. Nggak cuman itu, harapan juga membantu kita untuk hidup lebih baik dan lebih bermakna.

Cara untuk tetap punya harapan

1. Untuk mempunyai harapan, terima terlebih dahulu keadaan sekarang

Harapan tidak serta merta muncul apalagi ketika dalam keadaan sangat sulit. Memiliki harapan terasa tidak mungkin untuk dilakukan karena kamu terkurung dalam situasi saat ini. Jika kamu merasa demikian, cobalah untuk menerima dahulu keadaan kamu sekarang dengan hati lapang.

Punya harapan bukan berarti kamu langsung sangat optimis dengan hidup ya. Harapan dapat berupa kemungkinan-kemungkinan positif dan realistis yang dapat terjadi dan dalam kuasa kamu.

Cara Untuk Tetap Punya Harapan Walaupun di Saat Paling Sulit
Foto: pexels.com

Cari tahu juga apa yang bisa menjadi pengharapan kamu di situasi saat ini. Anggota keluarga atau teman yang pernah mengalami keadaan seperti kamu dan mampu melewatinya dapat menjadi harapan baru untukmu.

2. Lakukan rutinitas yang membawa perasaan senang

Cara Untuk Tetap Punya Harapan Walaupun di Saat Paling Sulit
Foto: pexels.com

Aktivitas harian yang membuat kamu bahagia seperti skincare rutin atau bermain dengan kucing di rumah dapat membantu kamu untuk selalu punya harapan. Hal-hal kecil sederhana yang bisa kamu lakukan dan membuat kamu senang membuat kamu punya pandangan positif dalam hidup dan di situ lah harapan muncul. Jadi self care itu penting, Ladies! Jangan sampai lepas dari rutinitas kamu yaaa…

Baca juga: Tips Jaga Mental Health dengan Self-Care Mudah Rekomendasi Tenaga Profesional

3. List pikiran negatif lalu ubah!

List pikiran atau hal-hal negatif yang tengah kamu pikirkan dan menghambat kamu punya harapan lalu ubah mindset tersebut. Contohnya: kamu punya rencana namun karena pandemik rencanamu harus dibatalkan semua. Kalau seperti ini, tidak usah membuat rencana saja untuk ke depannya.

Ubah mindset tadi, misal kamu punya rencana untuk 5 tahun ke depan dan diubah menjadi 6 tahun ke depan. Tidak masalah, Ladies! Bukan berarti rencana kamu benar-benar gagal. Pandemik ini juga memberi waktu untukmu merencanakan masa depan kamu dengan lebih matang. So have some faith, ‘kay?

4. Ingat, kamu punya kontrol penuh dengan hidup kamu

Cara Untuk Tetap Punya Harapan Walaupun di Saat Paling Sulit
Foto: pexels.com

Punya harapan erat hubungannya dengan kuasamu akan hidupmu. Ada hal-hal yang kamu bisa ubah dan ada yang tidak. Hal-hal yang tidak bisa kamu kontrol seperti kematian seseorang, kamu perlu belajar untuk menerimanya dengan lapang dada.

Poin ini berhubungan dengan poin 2, rutinitas sehari-hari ya, Ladies. Ketika kamu berhasil menciptakan kebahagiaan-kebahagiaan kecil di keseharian kamu, kamu pun dapat memiliki harapan dan pandangan lebih positif pada hidup secara menyeluruh.

Walaupun sulit pada awalnya, yakin kamu pasti bisa melakukannya, Ladies! Let’s have some hope!

 

Sumber: Self

Comments

Loading...