Tips Jaga Mental Health dengan Self-Care Mudah Rekomendasi Tenaga Profesional

Situasi sekarang dimana kamu dituntut di rumah aja bisa jadi momen untuk self-care yang bagus nih, Ladies. Self-care sendiri sebenarnya ritual yang bersifat personal banget dan tergantung kamu kegiatan apa yang paling sesuai. Beberapa ada yang memilih meditasi, lari, menggambar, berendam air panas, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 13 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Merasa Lebih Baik Ketika Bersedih

Buat kamu yang ingin melakukan self-care tapi bingung mesti apa, ada tips dari professional mental care nih yang bisa kamu lakukan. Tips dari lima mental health care professional ini bisa dilakukan semua orang dan kamu adaptasikan dengan jadwal keseharianmu. Yuk, kita liat bareng apa saja tipsnya!

1. Lakukan kebiasaan kecil yang bisa kamu nikmati

Tips Mental Health Self-Care Mudah Rekomendasi Tenaga Profesional
Foto: pexels.com

Ketika kamu sedang stress atau khawatir, kamu bisa melakukan cognitive behavioral therapy atau CBT dengan melakukan ritual rutin kecil. Dr. Sanam Hafeez, psikolog dari New York mempunyai ritual pagi tersendiri yakni 45 menit sarapan di jendela dapurnya sambil membaca koran.

Ada berbagai pilihan lain sesuai dengan preferensi kamu, Ladies. beberapa orang senang berjalan keluar, membuat kopi sendiri di pagi hari, menulis sebelum tidur, ngobrol dengan teman, atau mandi dengan essential oil. 

2. Cintai rutinitasmu dan kelonggaran yang diperlukan

Tips Mental Health Self-Care Mudah Rekomendasi Tenaga Profesional
Foto: pexels.com

Walaupun di rumah aja, jadwal satu hari kamu bisa tetap padat nih, Ladies. Selipkan hal-hal kecil sebagai bentuk cinta kamu untuk fisik dan mental yang lebih baik seperti bangun pagi dan stretching. Disarankan juga untuk berpakaian rapi meskipun nggak ke mana-mana juga. Hal ini sebagai sinyal ke otak bahwa kamu menikmati kegiatan kamu yang di rumah aja ini. Nyatanya, dressing up tuh emang kebahagiaan cewek banget! Hihi.

3. Hadir di momen saat ini

Tips Mental Health Self-Care Mudah Rekomendasi Tenaga Profesional
Foto: pexels.com

Banyak di antara kita yang tidak sadar saat melakukan kegiatan sehari-hari. Macam robot gitu deh, Ladies. Mulai sekarang pastikan kamu selalu hadir di setiap momen yang tengah kamu lakukan. Rasakan aroma dan manisnya teh saat kamu meminumnya. Hirup aroma embun saat kamu membuka jendela di pagi hari. Rileks aja, Ladies, dan nikmati momen-momen kamu sesederhana apapun momen itu.

4. Tertawa!

Tips Mental Health Self-Care Mudah Rekomendasi Tenaga Profesional
Foto: pexels.com

Dalam terapi mental, tertawa dan olahraga adalah dua hal yang terbukti mengurangi stres. Jadi kalau kamu lagi down, langsung aja cari memes atau komika favorit kamu buat tertawa sejenak. Kamu juga bisa mengajak keluarga kamu untuk menonton acara komedi bersama. Kadang justru suara tawa dari orang lain yang bikin lebih ngakak dibanding jokes-nya.

5. Slow life, diamlah untuk sesaat

Tips Mental Health Self-Care Mudah Rekomendasi Tenaga Profesional
Foto: pexels.com

Merasa hidup kayak dikejar-kejar sesuatu? Waktu 24 jam sehari berasa nggak cukup? Ini tandanya kamu perlu melakukan slow life nih, Ladies. Jika kamu suka buru-buru ngabisin kopi, mulai sekarang coba hirup kopi pelan-pelan, Ladies. Jangan makan terburu-buru, kunyah makanan kamu baik-baik, rasakan sampai ke butir-butir nasinya hehehe. Luangkan waktu di pagi atau malam hari misal 30 menit untuk membaca dan rehat sebentar. Capek loh melakukan semuanya serba terburu-buru. Kalau kamu sudah merencanakan apa saja yang akan kamu lakukan, kenapa harus terburu-buru?

Tips tadi cukup umum dan bisa dilakukan siapapun, Ladies. Tinggal kamu implementasikan aja secara teratur ya.

 

 

Sumber: The Zoe Report

Must Read

Related Articles