OUR NETWORK

Cara Sederhana Tingkatkan Kepercayaan Diri

Cara Sederhana Tingkatkan Kepercayaan Diri
Foto: inc.com

Ladies, perlu disadari bahwa pengkritik terbesar dalam hidup kita ialah diri kita sendiri. Bagaimana cara kita menilai diri kita sendiri setiap harinya akan memengaruhi tingkat kepercayaan diri, bahkan dapat memunculkan insecurities tertentu di dalam diri. Memang, cara kita menilai diri tersebut telah melalui berbagai proses dengan sejumlah alasan. Mulai dari asuhan sejak kecil, hubungan dengan lingkungan sekitar, media, dan lainnya. Namun, tidak berarti kamu perlu menerima begitu saja ketika kepercayaan dirimu rendah. Justru, ada yang perlu kamu periksa kembali alasan yang membuatmu merasa seperti itu.

Pasalnya, memiliki kepercayaan diri dan keyakinan yang kuat atas kemampuan diri, sangat penting kamu miliki untuk mengatasi tantangan hidup ke depan. Saat seseorang memiliki kepercayaan diri yang besar, ketika ia menemukan batu yang menghalangi, ia cenderung akan segera mencari jalan keluar untuk melaluinya, alih-alih jatuh dalam sikap menyalahkan diri dan menganggap diri tak sanggup karena kekurangan yang kamu pikir menjadi titik permasalahan utamanya dan tidak bisa diubah.

Cara Sederhana Tingkatkan Kepercayaan Diri
Foto: swnsdigital.com

Dengan kata lain, kepercayaan diri dinilai sebagai fondasi penting dalam hidup untuk menguasai setiap aspek kehidupan dan ini sangat penting untuk kamu miliki. Tapi Ladies, meningkatkan percaya diri bukan berarti memanipulasi diri dengan mengharuskan kamu berpandangan positif setiap saat, ya. Percaya diri berkaitan dengan meningkatkan perasaan diri untuk menghadapi penghalang yang menghadang, mengurangi pemicu yang membuatmu tenggelam dalam penyalahan diri.

Baca juga: Ini 5 Cara Tingkatkan Kepercayaan Diri Menurut Para Ahli

Meski tampaknya sulit dan bukan hal yang instan, tapi ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari nih, yang dinilai dapat berpengaruh besar dalam meningkatkan kepercayaan dirimu. Penasaran, kan? Simak, yuk!

Cara Sederhana Tingkatkan Kepercayaan Diri
Foto: freepik.com

1. Hujani diri dengan penegasan positif

Tak jarang kata-kata negatif meluncur begitu saja pada diri setiap harinya, sehingga, membuat kepercayaan dirimu semakin menurun. Untuk mencegahnya, kamu perlu mengatakan hal yang sebaliknya setiap hari. Pada praktiknya, mungkin mirip dengan hypnotherapy manual, di mana, kamu mensugesti diri dengan kata-kata positif untuk mengatasi kata-kata negatif yang dilontarkan pada dirimu sendiri. Nah, jangan lupa, cara ini dilakukan setiap hari secara berulang ya, untuk membantu meningkatkan kepercayaan dirimu sedikit demi sedikit, Ladies.

2. Berpakaian sesuai seleramu

Tidak hanya dari dalam, kepercayaan diri juga dapat meningkat dari penampilan luarmu, loh! Yup, dengan mengenakan pakaian yang membuatmu sangat nyaman sesuai dengan selera, kepercayaan diri dapat meningkat, Ladies. Sebaliknya, ketika kamu merasa tertekan dengan pakaian yang kamu kenakan sendiri karena tidak nyaman dan tidak sesuai dengan seleramu, hal ini dapat membuatmu semakin insecure. Tidak perlu modis dan mengikuti tren, cukup ikuti kata hatimu, ya!

Cara Sederhana Tingkatkan Kepercayaan Diri
Foto: elyson.com

3. Belajar hal baru

Secara ajaib, memperoleh ilmu pengetahuan yang baru dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang, loh! Semakin banyak mengetahui sesuatu, diri seseorang akan merasa mampu melakukan lebih dari sebelumnya, dan ini berkaitan langsung dengan tingkat kepercayaan diri untuk menghadapi tantangan ke depan. Tidak perlu hal besar seperti memiliki banyak gelar, cukup mempelajari hal-hal di sekitarmu, seperti membaca sebuah buku dengan topik yang kamu minati, atau mempelajari musik atau kursus tertentu, sedikit demi sedikit akan meningkatkan kemampuan diri yang berkelindan dengan kepercayaan dirimu, Ladies.

Baca juga: Cara Berdamai dengan Diri Sendiri, Apapn Kondisi Tubuhmu Saat Ini

4. Perawatan diri

Selain ketiga tips di atas, ada salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental, emosional, dan fisikmu sekaligus menciptakan kenyamanannya dari dalam dan luar, loh! Caranya ialah dengan menciptakan rutinitas gabungan yang berfokus pada perawatan diri. Bisa dengan memanjakan diri meminum boba favoritmu, membaca buku baru yang telah kamu tunggu-tunggu rilisnya, mengaplikasikan masker kesukaanmu atau lainnya yang dapat membuat diri merasa istimewa.

Ingat, lakukan hal ini setiap hari, ya Ladies, untuk mencegah faktor eksternal menggerogoti kenyamanan dan kepercayaan diri yang telah kamu bangun. Jangan biarkan kata-kata negatif itu memperburuk keyakinanmu, balikkan keadaan dengan memancarkan kepercayaan diri melalui aktivitas favoritmu sehari-hari. Semangat!

 

Sumber: All Women’s Talk

Comments

Loading...