OUR NETWORK

Cara Mengurangi Negative Thinking Terhadap Pasangan

Cara Mengurangi Negative Thinking Terhadap Pasangan
Foto: pexels.com

Setiap hubungan pasti mengalami pasang surutnya tersendiri. Tidak ada pasangan yang selalu bahagia aja di sepanjang perjalanan hubungan mereka, Ladies. Salah satu hambatan yang sering dialami setiap pasangan yakni pikiran negatif atau negative thinking akan pasangan. 

Pikiran negatif dapat mengganggu hingga menghancurkan hubungan yang sudah kamu bangun. Jika kamu sedang struggling dengan negative thinking pada pasangan kamu, cek tips berikut Ladies untuk menguranginya!

1. Ingat kembali apa yang membuat kamu jatuh cinta dengan pasangan

Saat kamu sedang bertengkar, pikiran kamu akan dipenuhi pikiran-pikiran negatif dan mengelabui pertimbangan kamu. Saat seperti itu, ingat kembali saat kamu pertama kali jatuh cinta dengan pasangan kamu. Ingat hal-hal yang kamu sukai dari dirinya dan membuat kamu memutuskan untuk menjalin hubungan tersebut. Dengan begitu kamu akan melihat permasalahan kalian dengan pandangan lebih positif dan optimis.

2. Bedakan masa lalu dengan masa sekarang

Cara Mengurangi Negative Thinking Terhadap Pasangan
Foto: pexels.com

Jika kamu punya masa lalu yang kelam saat dengan mantan kamu, jangan bawa-bawa ke hubunganmu yang sekarang, Ladies. Walaupun pasangan kamu yang sekarang mirip dengan mantan kamu, mereka berdua adalah orang yang berbeda. Bedakan masa lalu dengan masa sekarang sehingga pikiran-pikiran negatif akan kejadian di masa lalu tidak menghantui kamu di hubunganmu saat ini.

3. Lakukan kegiatan untuk menyalurkan energi seperti Hobi

Apakah kamu pernah menelpon dan mengirim pesan berkali-kali untuk memastikan handphonenya aktif? Pernah meretas handphone pasangan untuk melihat isinya? Kemungkinan besar hal ini dikarenakan kamu butuh validasi bahwa pasangan kamu benar-benar peduli dengan dirimu.

Cara Mengurangi Negative Thinking Terhadap Pasangan
Foto: pexels.com

Jika pikiran negatif menyerang dan mendorongmu melakukan hal-hal yang merendahkan dirimu sendiri, segera alihkan perhatianmu ke hal-hal yang positif. Lakukan meditasi ringan dengan menghitung sampai angka 10 sembari menarik napas panjang dan dalam. Lakukan hobi seperti berolahraga atau tingkatkan skill seperti belajar bahasa baru untuk mengalihkan energi yang kamu punya.

4. Jangan suka menebak pikiran pasangan

Sebagian besar pikiran negatif merupakan asumsi kita yang sebenarnya tidak sesuai dengan kenyataan. Kuncinya adalah jangan membuat asumsi dan jangan membuat kesimpulan sendiri. Jika kamu ingin tau apa yang pasangan kamu pikirkan, tanyakan langsung dan minta klarifikasi. 

5. Cari satu teman tetap sebagai tempat curhat

Cara Mengurangi Negative Thinking Terhadap Pasangan
Foto: pexels.com

Pernah punya teman yang suka curhat kesana-kesini tentang hubungannya bersama pasangan? Duh jangan kayak gitu deh, Ladies. Menceritakan kemana-mana tentang masalah kamu justru akan membuat jurang besar yang menjadi celah pikiran negatif masuk diantara kalian. Tentunya pasangan kamu juga bisa jadi tidak nyaman jika masalah personal diumbar-umbar. Jika kamu ingin curhat mengenai kondisi hubungan kamu, cukup ke satu orang aja ya yang bisa kamu percaya.

Baca juga: Fenomena Relationship Goals

6. Buat list akan pikiran negatif kamu

Buat list pikiran-pikiran negatif yang sering membuat perselisihan dengan pasangan kamu.  Cari fakta-fakta terkait list tersebut dan pikirkan secara objektif cara untuk menyelesaikannya. Jika pasangan kamu lama membalas dan membuat kamu berpikir “dia tidak peduli lagi dengan aku”, klarifikasi dengan pasangan kamu. Ambil pandangan yang lebih positif yakni ‘walaupun dia tidak menghubungiku sekarang, bukan berarti dia tidak peduli denganku’.

7. Rehat sejenak

Cara Mengurangi Negative Thinking Terhadap Pasangan
Foto: pexels.com

Mudah saja untuk hilang arah dan lepas kendali saat sedang emosional. Jika kamu tengah  marah dan penuh dengan pikiran-pikiran negatif, lakukan time out. Hentikan argumen kalian dan rehat sejenak untuk meredakan emosi masing-masing. Dengan begitu, kalian berdua dapat melihat masalah dengan lebih objektif dan tidak terbawa arus emosi.

Intinya kamu harus ingat, pikiran hanyalah pikiran dan tidak menggambarkan kenyataan. Belajar mengatur pikiran kamu ya Ladies, agar hubungan kamu tidak terhambat pikiran-pikiran negatif.  Jangan lupa juga untuk selalu berkomunikasi dengan pasangan yaaa…

 

Sumber: HelloGiggles, yourtango

Comments

Loading...