OUR NETWORK

Cara Efektif Menghilangkan Kapalan di Kaki Menurut Ahli Dermatologi

Cara Efektif Menghilangkan Kapalan di Kaki Menurut Ahli Dermatologi
Foto: unsplash.com

Walaupun kapalan dan sel kulit mati tidak membahayakan tubuh, tapi keberadaannya bisa cukup mengganggu nih, Ladies. Alasan mengapa kulit menjadi menebal dan terbentuk kapalan yakni sebagai bentuk respon psikologi tubuh. Kulit menebal demi melindungi diri dari faktor luar seperti tertekan atau tergesek. Jadi, semakin sering tertekan dan tergesek, semakin besar kemungkinan bagian kulit tersebut menebal dan membentuk kapalan.

Tempat paling sering kapalan muncul yakni bagian kaki, tangan, serta jari-jari tangan. Di antara bagian tadi, kapalan di kaki merupakan kondisi yang paling mengganggu. Kalau kamu ingin sedang mencari metode terbaik untuk menghilangkan kapalan di kaki menurut ahli dermatologi, cek tips berikut ini, Ladies!

1. Gosok dengan batu apung

Cara Efektif Menghilangkan Kapalan di Kaki Menurut Ahli Dermatologi
Foto: utamaspicebali.com

Menggosok dengan batu apung merupakan cara paling populer untuk menghilangkan kapalan di kulit. Rendam kaki di air hangat selama 15-20 menit kemudian gosok bagian kapalan di kaki menggunakan batu apung. Jangan terlalu keras menggosoknya Ladies atau kulit kamu akan terkikis, iritasi, hingga berdarah. Kamu juga bisa menambahkan garam epsom di air rendaman kaki untuk hasil yang lebih baik.

2. Gunakan pad kaki berbahan asam salisilat

Jika kamu mau yang lebih simpel, salicylic acid pad bisa jadi pilihan. Rendam kaki selama 5 menit di air hangat. Keringkan (sampai tidak ada tetesan air), kemudian tempel salicylic acid pad. Pad kaki ini bisa pasang di pagi hari dan kamu gunakan sepanjang hari.

3. Lindungi kaki dengan kaos kaki atau bantalan

Salah satu cara simpel lainnya yakni dengan mencegah kapalan tersebut terjadi. Amati area yang cenderung mengalami kapalan lalu beri perlindungan lebih di daerah tersebut. Misal, dengan menggunakan bantalan tambahan di sepatu serta menggunakan kaos kaki untuk mencegah gesekan. Plester obat juga bisa kamu gunakan untuk mencegah friksi namun plester cenderung gampang lepas saat kulit berkeringat jadi tidak tahan lama, Ladies.

4. Pastikan Sepatu Kamu Pas

Cara Efektif Menghilangkan Kapalan di Kaki Menurut Ahli Dermatologi
Foto: unsplash.com

Hal ini penting banget Ladies terutama saat memilih sepatu lari. Sepatu yang kekecilan menyebabkan jempol kaki menyentuh bagian depan sepatu, terlibat, dan tentunya tidak nyaman. Jika sepatu kebesaran maka tumit kamu akan terangkat dan gesekan di bagian tersebut semakin besar. Tipsnya adalah dengan merotasi sepatu yang kamu pakai setiap harinya ladies untuk mencegah kaki terluka oleh sepatu yang sama.

Baca juga: Sel Kulit Mati Membawa Dampak yang Baik Bagi Kulitmu, Benarkah?

5. Callus Remover Elektrik? Why Not?

Sekarang sudah banyak lho alat mengikis kapalan secara elektrik. Jadi gak perlu susah-susah menggosok secara manual nih, Ladies. Kamu tinggal cari di berbagai online market seperti Emjoi Micro Pedi Callus Remover ini.

6. Si Viral, BabyFoot

Cara Efektif Menghilangkan Kapalan di Kaki Menurut Ahli Dermatologi

BabyFoot sempat viral di media sosial nih, Ladies. Produk satu ini bentuknya mirip gel dan cara kerjanya mirip masker peel-off.

  • Cuci kaki hingga bersih
  • Masukkan kaki ke dalam BabyFoot (bentuk mirip kaos kaki)
  • Diamkan selama sejam
  • Bilas

BabyFoot juga mampu menghilangkan sel kulit mati. Cuman kamu perlu hati-hati karena beberapa orang punya gejala alergi seperti gatal dan iritasi saat memakainya. Proses eksfoliasi juga akan berlangsung selama beberapa hari. Proceed with caution, ya!

7. Rendam Kaki di DIY Cuka Apel

Kamu perlu menyiapkan barang-barangnya dulu, Ladies. Siapkan cuka apel, roti, dan kantong plastik.

  • Langkah pertama, rendam roti dalam cuka apel selama beberapa jam
  • Gunakan roti hasil rendaman tersebut ke bagian yang mengalami kapalan
  • Bungkus kaki kamu yang sudah diberikan roti tadi dengan kantong plastik atau plastik pembungkus lainnya
  • Diamkan semalaman
  • Bilas di pagi hari

Jangan lupa untuk merawat kaki kamu secara rutin, Ladies. Walaupun kapalan sudah hilang, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan sekaligus skincare kaki teratur. Jangan lupa moisturizernya ya agar kaki kamu halus, lembap, dan enak dipijak.

 

Sumber: Byrdie

Comments

Loading...