OUR NETWORK

Cara Memulai Kembali Pertemanan yang Telah Berakhir

Cara Memulai Kembali Pertemanan yang Telah Berakhir
Foto: unsplash.com

Bukan hanya hubungan percintaan, hubungan pertemanan juga bisa berakhir karena satu dan lain hal. Dan, percaya deh, rasa sakit dan galau yang ditimbulkan juga nggak kalah hebat loh, Ladies. Apakah kamu baru-baru ini mengalaminya dan sedang mempertimbangkan untuk memperbaiki lagi hubungan kalian? Kalau iya, kamu bisa memulainya dengan cara-cara berikut, Ladies.

1. Pastikan perasaanmu

Cara Memulai Kembali Pertemanan yang Telah Berakhir
Foto: unsplash.com

Sebelum kamu memulai membuka kemungkinan kalian berteman kembali, tanyakan ke diri kamu apakah pertemanan kamu merupakan pertemanan yang sehat. Pikirkan kembali mengapa pertemanan kamu berakhir sebelumnya. Apakah ada batas-batas yang dilanggar? Adakah sesuatu yang mereka lakukan dan kamu tidak suka? Apakah kamu merasa hubungan kalian hanya hubungan atas dasar profit atau hanya satu pihak yang mendapatkan keuntungan?

Pertanyakan hal-hal tadi Ladies untuk memastikan kalian dapat memulai pertemanan kamu tanpa ada sisa-sisa kesal dari perselisihan sebelumnya. Ini juga momen untuk kamu mengingat kembali waktu-waktu berharga yang kamu apresiasi dari pertemanan tersebut. Nah, jika sudah, putuskan apakah kamu memang benar mau memulai kembali pertemanan tersebut atau memang sebaiknya disudahi saja.

2. Langkah pertama (mengirim pesan)

Kata pertama yang kamu kirimkan ke teman kamu setelah lama tidak berkomunikasi bisa jadi awkward banget. Agar tidak terlalu canggung, cukup katakan sesuatu yang simpel, Ladies. Misalnya, “Hey, apa kabar? Semoga kamu dan keluarga sedang sehat-sehat saja sekarang.” Bisa juga kamu memulai dengan menulis “Hi/hello” di DM Instagram atau Facebook mereka. Simpel kan? Yang penting mulai aja dulu, Ladies! 

Disarankan juga untuk memulai percakapan kalian lewat media tulis, entah itu email, DM, atau SMS di handphone dibanding telepon langsung. Hal ini dengan tujuan agar orang yang menerimanya punya waktu untuk berpikir tidak merasa tertekan untuk cepat menjawab.

Cara Memulai Kembali Pertemanan yang Telah Berakhir
Foto: unsplash.com

Kamu juga tetap perlu mengingat kemungkinan mereka tidak akan membalas pesanmu. Mereka pasti mempertimbangkan apakah masih ingin berteman denganmu atau tidak. Jika tidak, kamu harus menghormati keputusan dia, Ladies. Bukan berarti itu salahmu ya karena ada banyak faktor yang mungkin tidak bisa dia jelaskan. Jadi, jangan anggap sebagai serangan secara personal.

Baca juga: Ini Cara Move On dari Berakhirnya Hubungan Pertemanan

3. Langkah Kedua (Menerima Respon)

Jika teman kamu membalas, jangan langsung buru-buru membalas balik, Ladies. Take your time, bahkan direkomendasikan menunggu sampai besok harinya untuk membalas. Mulailah membahas alasan mengapa pertemanan kamu berakhir sebelumnya. Pastikan masalah kamu selesai sebelum kalian memulai kembali pertemanan kalian.

Cara Memulai Kembali Pertemanan yang Telah Berakhir
Foto: unsplash.com

Tetap bersabar, pelan-pelan namun pasti, serta gunakan kata-kata baik. Bisa jadi hasil dari percakapan kalian adalah momen indah dimana kalian bisa saling memaafkan dan berbaikan. Apapun hasilnya, percayalah bahwa itu merupakan yang terbaik.

 

Sumber: Hello Giggles 

Comments

Loading...