OUR NETWORK

Cara Alami Untuk Mengusir Kecoa dari Rumah

Cara Alami Untuk Mengusir Kecoa Selamanya
Foto: readersdigest.ca

Serangga satu ini emang nggak banget ya, Ladies. Apalagi kalau udah terbang… Wihhh, horror banget deh, sampai bikin traumatik hihi. Kamu mungkin sering memburu kecoa dengan semprotan obat nyamuk atau dengan alat pukul seperti sapu lidi dan berbagai benda yang lagi dekat kamu saat kecoa itu muncul. 

Baca juga: Cara Alami Atasi Gigitan Serangga

Buat kamu yang gak mau sisa semprotan obat nyamuk menempel di perabotan rumah, atau menghindari isi tubuh kecoa yang keluar karena kena pukul, cara-cara alami berikut bisa kamu coba nih untuk mengusir kecoa. Yuk, disimak, Ladies!

1. Bersihkan tempat tinggalmu sebersih mungkin

Pastikan tidak ada sisa makanan di setiap sudut-sudut rumah. Perhatikan remah-remah atau sisa makanan kecil bekas kamu makan, karena remahan kecil ini adalah makanan favorit kecoa, apalagi kalau sisa makanannya berminyak. 

Sebelum tidur, pastikan meja setelah kamu makan sudah bersih, daerah sekitar kompor juga sudah bersih dari sisa-sisa memasak, dan jangan tinggalkan piring belum dicuci di bak cuci. hitung-hitung olahraga setelah makan nih hehe.

2. Tutup celah dan lubang

Tubuh kecoa cukup kecil untuk berkeliaran di celah-celah, terutama di bagian pertemuan antara permukaan meja atau lemari dan perabotan rumah lainnya dengan dinding. Pastikan tidak ada celah atau lubang yang bisa menjadi jalan serangga satu ini berkeliaran. Mungkin akan memakan waktu lama dan lebih dari sehari untuk mengerjakannya tapi worth it lho, Ladies.

3. Perbaiki saluran pipa yang bocor

Kecoa tertarik akan suasana yang lembap dan air yang menetes dari pipa yang bocor atau keran wastafel yang tidak tertutup sempurna. Oleh karena itu kamu sering menemukan mereka di kamar mandi dan bawah wastafel serta saat hujan turun. 

Kecoa bisa bertahan hidup berbulan-bulan tanpa makanan, tapi mereka hanya bertahan beberapa hari jika tanpa air. Mirip manusia ya, Ladies. Perbaiki saluran air yang bocor dan jangan menyiram tanaman dalam ruangan secara berlebihan. Sebisa mungkin jangan sampai ada air tergenang ya.

4. Buat umpan pembunuh kecoamu sendiri!

Ternyata gampang lho jika kamu ingin membuat umpan kecoa sendiri di rumah. Campur asam borat dengan gula dengan perbandingan asam borat dan gula yaitu 3:1. Gula akan menarik kecoa sedangkan asam borat akan membunuh mereka. Letakkan di tempat yang sering dikunjungi kecoa seperti belakang kulkas, kompor, tempat cuci piring, bagian bawah wastafel, serta celah-celah di sekeliling rumah. Tapi hati-hati ya, Ladies, terutama bagi kamu yang punya anak kecil di rumah. Walaupun asam borat tidak membahayakan nyawa manusia, namun zat ini bisa menyebabkan iritasi.

Baca juga: Banyak Semut Mengganggu di Rumah? Coba Usir dengan 6 Cara Mudah Ini

5. Buat tempat tinggalmu sedingin mungkin

Selain tempat yang lembap, kecoa suka dengan cuaca panas. Disaat tersebut mereka akan keluar dan ikut menikmati cuaca cerah. Kemungkinan mereka untuk terbang juga meningkat lho, Ladies. Jadi sebisa mungkin jaga ruanganmu tetap dingin ya.

6. Panggil ahlinya

Walaupun sudah berusaha, ada beberapa hal yang memang perlu kita serahkan pada ahlinya. Jika masalah kecoa dan teman-temannya terlalu berat untuk kamu tanggung, sudah saatnya kamu menelpon pembasmi hama untuk mengusir mereka sekarang (dan mungkin) selamanya.

Semoga kamu bisa say bye-bye ya pada kecoa di rumahmu, Ladies.

 

Sumber: mnn

Comments

Loading...