OUR NETWORK

Banyak Semut Mengganggu di Rumah? Coba Usir dengan 6 Cara Mudah Ini

Banyak Semut Mengganggu di Rumah? Coba Usir dengan 6 Cara Mudah Ini

Selain harus hidup berdampingan dengan manusia lain, kita juga harus hidup berdampingan dengan berbagai makhluk hidup. Tapi sayangnya, kadang ada beberapa makhluk hidup yang kemunculannya suka bikin kita terganggu. Misalnya semut dan serangga. Nah, kalau ada banyak semut mengganggu di rumah kamu, coba deh pakai tips ini untuk mengusirnya.

1. Parit portable

Banyak Semut Mengganggu di Rumahmu? Coba Usir dengan 6 Cara Mudah Ini

Sebagian besar dari serangga tidak terlalu pandai berenang, jadi air adalah musuh alami mereka. Untuk mengusir semut dari meja makan, Ladies bisa memanfaatkan air dan kaleng atau wadah bekas. Siapkan beberapa wadah bekas, bisa kaleng, mangkuk, atau apapun yang sudah jarang terpakai, kemudian tempatkan wadah tersebut di kaki-kaki meja. Setelah itu, tuangkan air ke dalam parit-paritan tersebut secukupnya. Kaki meja adalah satu-satunya jembatan semut untuk tiba ke meja. Kehadiran kolam-kolam berbahaya di setiap meja kaki akan membuat senyum jauh-jauh dari meja. Jangan lupa untuk mengganti airnya setiap satu minggu sekali ya, Ladies.

2. Bersihkan tempat dan sampah makanan yang terpapar gula

Banyak Semut Mengganggu di Rumahmu? Coba Usir dengan 6 Cara Mudah Ini

Ada gula, ada semut. Literally. Semut biasanya sangat mudah ditemukan di tempat sampah, atau di tempat Ladies meninggalkan tetesan susu kental manis atau butiran cokelat. Oleh sebab itu, pastikan Ladies membuat semut tidak dapat mendeteksi keberadaan gula di tempat sampah. Caranya? Mudah sekali, cukup cuci atau basuh kemasan bekas makanan dan minuman manis, atau bersihkan tempat-tempat yang terpapar makanan manis tersebut.

3. Sirup boraks

Banyak Semut Mengganggu di Rumahmu? Coba Usir dengan 6 Cara Mudah Ini

Apabila semut sudah sangat mengganggu kenyamanan di rumah, sampai-sampai anggota keluarga Ladies ada yang digigiti, Ladies boleh bertindak cukup keras. Salah satunya adalah dengan membuat jebakan semut. Ladies dapat membuatnya dengan campuran gula dan boraks. Campurkan 3 sdm gula dan 1 sdm borax ke dalam wadah kecil yang bertutup, kemudian tambahkan beberapa tetes air, kemudian aduk hingga larut. Tutup wadah tersebut rapat-rapat, kemudian buatlah lubang dengan ukuran yang sedikit lebih besar daripada ukuran semut. Simpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Tunggu beberapa hari, kemudian lihat hasilnya. Ingat ya Ladies, jebakan ini hanya boleh digunakan apabila semut sudah mengganggu kenyaman dan keselamatan keluarga.

4. Trik semprotan cuka

Banyak Semut Mengganggu di Rumahmu? Coba Usir dengan 6 Cara Mudah Ini

Apabila Ladies melihat untaian panjang semut, segeralah semprot dengan cairan cuka. Menurut beberapa percobaan, semprotan cuka akan membuat semut segera mencari jalan pulangnya. Nah, Ladies ikuti dan semprot-semprot saja saja ke mana semut-semut tersebut lari kalang-kabut. Setelah selesai, jangan lupa mengelap bekas pertempuran dengan cairan pembersih lantai.

5. Banjir bandang

Banyak Semut Mengganggu di Rumahmu? Coba Usir dengan 6 Cara Mudah Ini

Ada semut merah bersarang di halaman rumah? Jika tidak membahayakan, biarkan saja. Bagaimanapun, mereka berhak untuk hidup. Namun apabila semut sudah berani bersarang di dalam rumah, misalnya di lemari, di dapur, di tembok dan lantai rumah sehingga membuat rumah menjadi keropos, Ladies diperbolehkan untuk bertindak. Salah satu cara yang bisa Ladies lakukan adalah dengan membanjiri sarang mereka. Bukan dengan air biasa, melainkan dengan air rebusan cabai rawit, atau larutan air dengan cuka.

6. Bersihkan jejak-jejak semut

Banyak Semut Mengganggu di Rumahmu? Coba Usir dengan 6 Cara Mudah Ini
Foto: stoppestinfo.com

Selain membersihkan sarang semut, jejak-jejak semut pun harus ditangani loh Ladies. Semut akan meninggalkan feromon di setiap tempat yang dijejakinya, dan membuat semut lain akan mengikutinya. Cara mudah menghilangkan jejak feromon tersebut adalah dengan semprotan cuka. Sediakan botol semprot, isi setengahnya dengan air, dan setengahnya dengan cuka, kemudian tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring. Aduk atau kocok perlahan hingga larut kemudian semprotkan di manapun semut-semut menjalar di rumah.

Tentunya, selain langkah-langkah di atas, kamu bisa juga menggunakan kapur khusus untuk semut dan serangga. Jadi, kalau semut-semut di rumahmu sudah menganggu sampai ke tahap yang lumayan ekstrem, kamu boleh mencoba tips ini ya, Ladies.

 

Sumber: Family Share, Foto dan foto cover: Pixabay

Comments

Loading...