OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Buka Rekening Bersama Pasangan? Ketahui Manfaat dan Resikonya!

Rekening bersama pasangan, ini menjadi pilihan utama bagi para couple yang akan menuju langkah serius, yaitu pernikahan. Sudah menjadi rahasia umum, untuk memasuki jenjang yang lebih serius dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga, memiliki tabungan bersama ini bertujuan untuk menopang beban finansial satu sama lain agar dapat mempersiapkan rencana pernikahan yang diimpikan.

Namun, tidak jarang pula loh yang memiliki keraguan untuk membuka tabungan bersama pasangan. Ini karena banyaknya pro dan kontra yang berterbangan di masyarakat. Nah, maka dari itu sebelum kamu memutuskan untuk menabung bersama pasangan kamu, pahami dulu yuk manfaat dan risikonya, Ladies!

Baca juga: Pendapat Wanita Tentang Membuat Rekening Gabungan dengan Pasangan

Manfaat dari membuka rekening bersama pasangan

Buka Rekening Bersama Pasangan? Ketahui Manfaat dan Resikonya!
Sumber: istockphoto.com

Melangkah ke jenjang yang lebih serius, tentu saja membutuhkan persiapan yang matang dari kedua pasangan. Seperti persiapan mental, restu, kesehatan, dan yang paling utama adalah finansial. Dalam mempersiapkan pernikahan ataupun rumah tangga, memiliki finansial yang sehat adalah factor pertama yang harus diperhatikan Ladies. Ini agar pernikahanmu dapat berjalan sesuai dengan yang telah kamu rencanakan.

Itulah mengapa saat ini banyak para pasangan yang memilih untuk membuka rekening bersama pasangan dalam mempersiapkan pernikahan mereka. Karena dengan menabung bersama, memiliki manfaat dalam mengatur dan mengelola keuangan yang dibutuhkan untuk keperluan pernikahan kamu dengan lebih baik.

Menurut pakar hukum keluarga, Leanne Townsend bahwa keuntungan dari memiliki tabungan bersama pasangan adalah adanya transparansi penuh dalam mengelola keuangan satu sama lain. Hal ini membuat kita bertanggung jawab dan saling terbuka dengan keuangan masing-masing. Ini karena kamu dan pasanganmu memiliki akses yang sama dari tabungan tersebut.

Selain itu, manfaat lainnya dari membuka tabungan bersama ini yaitu jumlah tabungan kamu akan bertambah dengan cepat. Karena adanya transparansi satu sama lain, sehingga kedua pasangan akan lebih bertanggung jawab dan memiliki motivasi yang tinggi untuk menabung. Ini juga membuat target yang telah direncanakan bersama pasanganmu lebih cepat tercapai, Ladies.

Resiko membuka rekening bersama pasangan

Buka Rekening Bersama Pasangan? Ketahui Manfaat dan Resikonya!
Sumber: istockphoto.com

Meskipun ada banyak manfaat dari membuka rekening bersama, tidak dipungkiri ini juga memiliki resiko loh Ladies. Risiko dari membuka rekening bersama pasangan mungkin yang paling jelas adalah bahwa kedua belah pihak dapat mengakses semua dana dalam rekening. Ini adalah resiko khusus jika suatu hubungan memburuk. Salah satu pihak dapat menggunakan dana tersebut untuk tujuan lain atau bahkan mengosongkan rekening tanpa perlu izin dari pasangan mereka.

“Kamu benar-benar harus mempercayai orang itu. Jika semuanya tidak berjalan dengan baik, satu orang dapat mengambil uang dari rekening yang tidak memerlukan dua tanda tangan. Kemudian mengumumkan kepada kamu bahwa mereka telah pergi,” kata Townsend.

Untuk menghindari hal tersebut, sebelum membuka rekening bersama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Memiliki komunikasi yang jelas satu sama lain mengenai tujuan dari rekening bersama dan tentukan berapa banyak uang yang diperlukan untuk disetor ke akun secara teratur.
  • Saling terbuka dan jujur satu sama lain. Kedua belah pihak harus mengetahui segala jenis transaksi dari rekening tersebut.
  • Saling meninjau rekening secara teratur.
  • Kedua belah pihak memiliki akses yang setara.

Nah, Ladies beberapa manfaat dan resiko yang telah dijelaskan di atas dapat menjadi pertimbangan sebelum membuka rekening bersama pasangan kamu. Namun, kesimpulan di atas adalah memiliki kepercayaan dan komunikasi yang baik menjadi faktor utama yang harus dimiliki sebelum menabung bersama pasangan kamu ya, Ladies. Ini agar menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan.

 

Sumber: vice, theprogenygroup

Must Read

Related Articles