OUR NETWORK

Pendapat Wanita Tentang Membuat Rekening Gabungan dengan Pasangan

Pendapat Wanita Tentang Membuat Rekening Gabungan dengan Pasangan
Foto: pexels.com

Pasangan yang baru menikah mengalami banyak perubahan dalam hidupnya. Hal krusial yang pasti dibicarakan di awal mula perjalanan rumah tangga mereka yaitu keuangan. Perencanaan finansial dengan suami itu penting lho ladies, hal ini akan mempengaruhi keseluruhan kehidupan kalian.

Baca juga: Hindari Pengeluaran Membengkak Saat Traveling dengan 4 Aturan Shopping Ini

Salah satu hal yang sering diperbincangkan seputar keuangan ini adalah, apakah perlu membuat rekening gabungan? Beberapa wanita membagikan pendapatnya kepada Good Trade mengenai hal tersebut, ada yang membuatnya dan ada juga yang tidak dengan berbagai alasan. MeraMuda sudah merangkum berbagai alasan mereka nih, Ladies. Semoga menjadi inspirasi buat kamu.

Tidak Punya Rekening Gabungan

Pendapat Wanita Tentang Membuat Rekening Gabungan dengan Pasangan
Foto: pexels.com

Beberapa wanita mengaku nggak punya rekening gabungan karena alasan-alasan ini.

  • Masing-masing memiliki hutang. Masalah keuangan apalagi soal hutang memang bisa jadi topik yang sensitif ya, Ladies. Ada baiknya kamu memang terbuka soal utang dengan pasangan kamu. Atau seperti pasangan ini, selesaikan dulu utang kalian masing-masing sebelum membuat rekening gabungan.
  • Keuangan masih buruk dan masih harus belajar manajemen keuangan. Ini juga tepat, Ladies. Kamu harus bisa mengatur keuanganmu sendiri sebelum mengatur keuangan bersama.
  • Rekening gabungan untuk biaya bulanan rumah tangga saja. Ada juga pasangan yang menggunakan rekening gabungan atau rekening khusus untuk pengeluaran mereka bersama, misalnya untuk tempat tinggal dan pengeluaran rumah tangga lainnya. Sementara sisanya, tetap ada di rekening masing-masing karena kebiasaan belanja yang berbeda.
  • Ingin mandiri seacara finansial. Udah punya pasangan nggak menghentikan wanita ini untuk bisa mandiri secara finansial. Tapi bukan berarti nggak terbuka sama sekali dengan pasangannya, ia tetap berbagi rincian keuangannya lewat aplikasi. Duh, pasangan kekinian banget.

Punya Rekening Gabungan

Pendapat Wanita Tentang Membuat Rekening Gabungan dengan Pasangan
Foto:

Sementara itu di kubu berbeda, wnaita-wanita mengaku memiliki rekening bgabungan dengan pasangan mereka karena alasan mereka masing-masing pula.

  • Menghilangkan rasa tidak nyaman dan malu. Dengan punya rekening bersama, kamu nggak usah merasa canggung ketika ada pengeluaran tertentu yang mengharuskan kamu untuk meminta tambahan kepada pasanganmu. Saat membeli barang pun, kamu akan menjadi lebih bijak ketika membeli sesuatu, karena nantinya barang itu menjadi milik kalian bersama.
  • Rekening bersama kecuali untuk utang. Walaupun punya rekening bersama, utang yang ada tetap ditanggung oleh masing-masing pasangan yang berutang.
  • Rekening bersama membuat kita lebih terbuka dan jujur dengan pasangan.
  • Dibedakan berdasarkan tagihan. Metode ini juga bisa kamu coba, Ladies. Fungsinya mirip seperti rekening gabungan tanpa harus membuat rekening tambahan. Misalnya, rekening kamu digunakan untuk membayar tagihan besar per bulan, sementara rekening pasanganmu untuk membayar tagihan yang lebih kecil dan biaya sehari-hari (yang sebetulnya bisa jadi besar juga kalau sering hehe).
  • Team work! Hidup berpasangan memang mengharuskan kita bekerja sama dan berkompromi ya, Ladies. Jadi, keputusan yang tepat untuk membuat rekening bersama kalau kamu dan pasangan memiliki tujuan keuangan yang sama pula. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi keuangan untuk membantu melacak pengeluaran kamu.
Pendapat Wanita Tentang Membuat Rekening Gabungan dengan Pasangan
Foto: pexes.com

Semoga pendapat-pendapat tadi memberi inspirasi ya, Ladies. Nggak harus punya rekening gabungan dengan pasangan, semuanya harus kamu tentukan sesuai dinamika dan kesepakatan kalian ya, Ladies. Tentukan mana yang terbaik untuk dirimu dan pasanganmu supaya keuangan lebih rapi dan terencana.

 

Sumber: The Good Trade

Comments