OUR NETWORK

Begini Cara Mudah Bersihkan Karpet Bulu Kesayanganmu

Begini Cara Mudah Bersihkan Karpet Bulu Kesayanganmu
Foto: architecturaldigest.com

Kehadiran karpet bulu di antara beberapa interior, tak pernah gagal menyempurnakan sebuah ruangan untuk menjadi tampak estetik dan elegan. Namun, tanpa perawatan yang baik yang membuatnya tampak kusut dan kotor, alih-alih memperkuat sisi estetik ruanganmu, kehadirannya justru dapat membuat ruangan menjadi tampak berantakan dan kusam. Untuk itu, penting menjaga karpet bulu favoritmu berada dalam kondisi bersih, halus, dan ramah kamera.

Nah, untuk perawatannya sendiri jangan khawatir, Ladies. Tidak seperti kemampuannya dalam memberikan kemewahan pada ruangan, perawatannya tidak sesulit yang dibayangkan, kok! Ada beberapa cara mudah yang dibagikan Apartment Therapy terkait pembersihan dan perawatan karpet bulu yang dapat kamu aplikasikan langsung di rumah.

Baca juga: Bulu Hewan Peliharaan Menempel di Perabotan Rumah? Ini Cara Efektif Membersihkannya

Pada proses pembersihan kotoran ringan sehari-hari, karpet bulu domba asli maupun palsu memiliki perlakuan yang serupa. Dalam hal ini, kamu hanya perlu menggoyangkan bagian luar karpetmu dan sikat dengan menggunakan sikat logam bergigi jarang secara perlahan. Akan tetapi, bila karpet bulumu tidak hanya memiliki kotoran yang ringan melainkan terkena noda dan perlu pembersihan menyeluruh, kamu perlu menerapkan tiga langkah kunci.

Begini Cara Mudah Bersihkan Karpet Bulu Kesayanganmu
Foto: homedepot.com

Pertama, cucilah karpet bulumu secara manual dengan tangan, bukan dengan mesin, untuk menjaga kualitas dan ketahanan bulu-bulunya. Rendam karpet bulumu dengan air dingin dan sedikit detergen, sikat dengan lembut.

Kemudian, langkah kedua, setelah selesai dicuci, keringkan karpet bulumu dengan kombinasi handuk penyerap dan udara bebas. Tekan handuk penyerap pada karpet bulu yang basah untuk mengeluarkan lembap pada bulu-bulunya sebanyak mungkin, kemudian biarkan mengering dengan bantuan udara.

Setelah karpet bulumu benar-benar kering, langkah ketiga yang perlu kamu lakukan ialah menggoyangkannya kembali dan sisir dengan sikat khusus bulu dengan lembut. Hal ini penting dilakukan untuk mengembalikan bentuk bulu pada karpet seperti semula dan membuatnya mengembang serta lembut.

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Sesuai Bahannya Agar Pakaian Awet

Selain melakukan proses pembersihan, kualitas karpet bulu dapat tetap terjaga dengan menerapkan rutinitas perawatan. Berikut ini 5 tips kunci perawatan yang bisa langsung kamu aplikasikan di rumah, Ladies.

Begini Cara Mudah Bersihkan Karpet Bulu Kesayanganmu
Foto: globalestetik.com

1. Hindari paparan sinar matahari dan kelembapan

Bila kamu ingin kualitas karpet bulumu terjaga dan berumur panjang, sebaiknya jauhkan ia dari paparan sinar matahari yang berlebihan dan sesuatu yang basah. Paparan ataupun kelembapan yang berlebihan dapat merusak bulu hingga membuatnya keras bahkan rontok.

2. Rutin menggoyang dan menyikat karpet bulu

Kotoran ringan seperti debu selalu menyerang karpet bulumu setiap harinya. Untuk itu, kamu perlu menjaga kebersihan karpet bulumu dengan cara rutin menggoyangkannya serta menyikatnya dengan sikat logam bergigi jarang. Tindakan ini akan membuat karpet bulumu tetap terasa halus dan terjaga kualitasnya.

3. Bertindak cepat ketika noda hadir

Salah satu kesalahan yang seringkali terjadi dan akhirnya memberikan penyesalan mendalam ialah tidak segera mencuci karpet ketika noda tumpah di atasnya. Sebagian orang menganggap noda ini sepele. Padahal, tindakan yang lambat dapat mengakibatkan noda lebih sulit dihilangkan bahkan menjadi permanen ketimbang jika kamu melakukan tindakan cepat dalam membersihkannya. Agar hal ini tidak terjadi, ketika noda hadir, segeralah mengambil kain bersih dan kering untuk membersihkan noda tersebut hingga hilang. Jika noda masih ada, ambil kain bersih yang baru, basahi sedikit dengan campuran air dan deterjen khusus karpet bulu, bila memungkinkan, lalu seka searah bulu untuk menghilangkan nodanya.

Begini Cara Mudah Bersihkan Karpet Bulu Kesayanganmu
Foto: skylineclotheslines.com

4. Keringkan secara alami

Karpet bulu tidak sama dengan rambutmu, maka, hindari penggunaan hair dryer untuk mengeringkan karpetmu dengan cepat. Alih-alih mengering dengan sempurna, hair dryer justru meninggalkan area-area lembap pada karpet yang tidak mengering dengan merata. Selain itu, angin panas yang keluar dari hair dryer juga dapat merusak karpet bulu sebagaimana kulitmu yang terkena matahari. Untuk itu, sebaiknya keringkan karpet bulumu secara alami dengan udara bebas.

5. Hilangkan bau dengan baking soda

Bila tetap ada bau tidak sedap keluar dari karpet bulumu setelah sekian kali kamu membersihkannya, kamu perlu menaburkan sedikit baking soda ke karpetmu. Gosok lembut secara manual sebelum membiarkannya selama beberapa jam hingga semalaman. Setelah itu, goyang karpetmu atau gunakan vacuum cleaner dan bersihkan secara perlahan dengan teknik maju mundur. Tapi ingat, Ladies jangan gunakan vacuum yang dilengkapi dengan rolling brush, ya, karena tipe vacuum ini justru dapat merusak bulu karpetmu.

Selamat mencoba ya, Ladies!

 

 

Sumber: Apartment Therapy

Comments

Loading...