OUR NETWORK

6 Alasan Mengapa Seseorang Berbohong, Menurut Para Ahli

6 Alasan Mengapa Seseorang Berbohong Berdasarkan Para Ahli
Foto: freepik.com

Setiap orang pernah berbohong minimal sekali dalam hidupnya. Entah saat mereka masih kecil, atau saat mereka dewasa dan berada di masyarakat. Kayaknya gak ada deh seseorang yang tidak pernah berbohong dalam hidupnya. Jika pun ada, mungkin jarang banget nih, Ladies.

Berbohong bukanlah perkara gampang. Bella DePaulo, psikolog dari Universitas Virginia mengatakan wanita lebih cenderung untuk berbohong demi orang terdekatnya ketimbang laki-laki.

Baca juga: 5 Kebohongan “Nice Guys” yang Perlu Kamu Waspadai

Sebuah penelitian di jurnal Personality and Individual Differences mengidentifikasi secara tipologi mengenai kebohongan. Beberapa tipe kebohongan cenderung digunakan untuk tipe kepribadian tersebut. Jadi kamu bisa menebak kebiasaan berbohong seseorang dari kepribadiannya.

Berikut 6 tipe utama dalam berbohong menurut jurnal tersebut.

1. Untuk mendapatkan keuntungan pribadi

6 Alasan Mengapa Seseorang Berbohong Berdasarkan Para Ahli
Foto: unsplash.com

Tipe kebohongan ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan ataupun hasil yang positif untuk diri sendiri. Contohnya untuk mendapatkan uang atau menyatakan hak milik atau kepunyaan akan sesuatu.

2. Untuk melindungi diri

Tipe kebohongan ini bertujuan untuk menghindari kerugian atau hasil yang negatif untuk diri sendiri. Contohnya seperti saat kamu berbohong kepada temanmu bahwa kamu tidak memecahkan vas bunga kesayangannya.

3. Untuk mendapatkan keuntungan tertentu

6 Alasan Mengapa Seseorang Berbohong Berdasarkan Para Ahli
Foto: unsplash.com

Tujuan dari tipe kebohongan ini yaitu untuk mendapatkan hasil atau respon positif dari seseorang. Seperti saat kamu mengatakan pada anak kecil bahwa gambar yang dia buat adalah gambar terindah yang pernah kamu lihat.

4. Untuk melindungi seseorang

Tujuan dari kebohongan ini adalah untuk mencegah seseorang mendapatkan hasil negatif yang bisa melukai mereka. Contohnya ketika kamu mengatakan pada temanmu bahwa dompet mereka yang hilang pasti akan ketemu.

5. Untuk menguntungkan dirimu dan orang lain

Kebohongan ini bertujuan untuk menguntungkan diri sendiri dan orang lain. Seperti mengakui hadiah yang seharusnya bukan untuk tim kamu pada perlombaan proyek grup.

6 Alasan Mengapa Seseorang Berbohong Berdasarkan Para Ahli
Foto: unsplash.com

6. Untuk melindungi dirimu dan orang lain

Tipe kebohongan ini memiliki tujuan untuk mencegah diri sendiri dan orang lain terluka akibat hasil yang negatif. Contohnya dengan mengaku bahwa bukan kamu dan temanmu yang menyebabkan gagalnya event minggu lalu.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mendeteksi Kebohongan

Apakah kamu pernah melakukan salah satu kebohongan tersebut, Ladies? Jangan sering-sering berbohong ya. Kalau bisa berkata jujur, lebih baik jujur saja apapun konsekuensinya. Okay, Lades?

Sumber: mindbodygreen.com

Comments

Loading...