OUR NETWORK

Mahasiswa Hong Kong Membuat Gagang Pintu yang Bisa Mensterilisasi Diri Sendiri dengan Sinar UV

Mahasiswa Hong Kong Membuat Gagang Pintu yang Bisa Mensterilisasi Dir Sendiri
Foto: dezeen.com

Selain bikin hidup kita jadi lebih mudah, kemajuan teknologi juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup kita, Ladies. Ada penemuan menarik nih Ladies yang bisa jadi inspirasi kita semua. Sum Ming Wong dan Kim Pong Li, dua lulusan dari Universitas Hong Kong mendesain gagang pintu yang bisa mensterilisasi sendiri dengan sinar UV secara rutin. Duh, kok kepikiran aja sih?

Baca juga: Liburan ke Pantai? Ini Tips Mencegah Kulit Terbakar Sinar Matahari

Mereka mengatakan bahwa penemuan mereka ini terinspirasi dari epidemi SARS (severe acute respiratory syndrome) yang sempat terjadi di awal tahun 2000-an. Sum dan Kin mengatakan bahwa gagang pintu yang diberi nama ‘self-sanitizing door handle’ ini memiliki mekanisme sanitasi lebih baik dibanding menggunakan bahan kimia cair.

Mahasiswa Hong Kong Membuat Gagang Pintu yang Bisa Mensterilisasi Dir Sendiri
Foto: dezeen.com

Pada kedua ujung gagang pintu ini dilapisi bahan dari alumunium sedangkan gagangnya sendiri terbuat dari bahan kaca. Gagang pintu ini dilapisi semacam mineral bernama titanium dioksida yang sebelumnya sudah dibuat menjadi bubuk halus. Lapisan tipis ini akan menghancurkan bakteri lewat reaksi kimia yang diaktifkan dengan sinar UV. Gagang ini mendapat energi dari generator internal yang merubah energi kinetik setiap kali pintu dibuka dan ditutup. Inilah yang nantinya menjadi energi untuk menyalakan sinar UV.

Mahasiswa Hong Kong Membuat Gagang Pintu yang Bisa Mensterilisasi Dir Sendiri
Foto: dezeen.com

Sistem self-sanitatizing dengan teknologi sinar UV ini juga ditemukan pada desain botol LARQ yaitu pada bagian tutup botolnya yang bisa mensterilkan sendiri. Desainer dari kedua produk ini memang terinspirasi dari epidemi SARS di Hong Kong.

Penyakit SARS mulai menjadi epidemi di tahun 2003. Penyakit ini kemudian menginfeksi lebih dari 8.000 orang dan menyebabkan 700 kematian. Sebagian dari angka tersebut merupakan warga Hong Kong dan China.

Mahasiswa Hong Kong Membuat Gagang Pintu yang Bisa Mensterilisasi Dir Sendiri
Foto: dezeen.com

Sum dan Kin juga menjelaskan bahwa gagang pintu terutama di fasilitas pabrik adalah sarana utama bakteri tinggal, terutama tempat-tempat seperti kamar mandi umum. Berbagai penyakit menular dengan kontak langsung seperti SARS, MERS, penyakit kaki dan mulut, serta Candida auris adalah beberapa yang mengancam diri kita di publik.

Baca juga: L’Oreal Memperkenalkan Teknologi UV Sensor

Berdasarkan tes di laboratorium, gagang pintu ini mampu membunuh 99,8 % mikroorganisme. Desain gagang pintu ini juga masuk dalam nominasi James Dyson Awards 2019, yaitu penghargaan untuk mahasiswa di bidang desain dan teknik internasional.

Semoga desain seperti ini bisa dipakai segera diaplikasikan ke sarana publik ya, Ladies. Kita tunggu saja perkembangan ke depannya.

Sumber: dezeen.com

Comments

Loading...