OUR NETWORK

6 Tips Meningkatkan Produktivitas, Supaya Nggak Rebahan Seharian!

6 Tips Meningkatkan Produktivitas, Supaya Nggak Rebahan Seharian!
Foto: niledu.com

Saat pekerjaan menumpuk, bukannya menjadi tambah rajin, terkadang semakin malas. Penginnya rebahan terus dan bermain sosial media. Ditambah dengan camilan, pasti betah seharian tidak melakukan apa-apa.

But wait, jika kamu terus menerus melakukan hal yang sama, pekerjaan akan semakin menumpuk, deadline semakin dekat, jika pekerjaan tidak selesai juga, bisa-bisa diputus kontrak oleh klien. Maka dari itulah Ladies, MeraMuda memberikan tips supaya kamu tetap produktif!

1. Singkirkan semua distraksi

6 Tips Meningkatkan Produktivitas, Supaya Nggak Rebahan Seharian!
Foto: forbes.com

Baik itu smartphone, game, drama Korea ada baiknya untuk disimpan terlebih dahulu. Pergilah ke ruangan kerjamu dan lakukan pekerjaan. Jika notifikasi dari smartphone mengganggumu terus menerus, jangan segan untuk menonaktifkannya sebentar sampai pekerjaanmu selesai.

Bahkan jika tab-tab di web browser dirasa sangat mengganggu, kamu bisa menyingkirkannya sementara waktu. Terutama browser-browser yang tidak penting. Tutup saja sementara, Ladies. Setelah pekerjaanmu beres, kamu bisa membukanya lagi kok.

2. Nyalakan musik favorit

Tips lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menyalakan musik favorit yang selama ini membuat mood jadi naik. Namun, sebenarnya tips ini tidak berlaku untuk semua orang, hanya beberapa orang saja. Karena memang ada beberapa orang yang malah merasa terganggu saat mendengarkan musik.

Jadi, bagi kamu yang menambah konsentrasi saat bekerja, jangan segan untuk mengumpulkan berbagai lagu favorit nantinya digunakan untuk teman kerja.

3. Prioritaskan hal yang dilakukan

6 Tips Meningkatkan Produktivitas, Supaya Nggak Rebahan Seharian!
Foto: linovhr.com

Saat pekerjaan sedang banyak-banyaknya, pikirkan sebentar. Pilih mana yang perlu dikerjakan terlebih dahulu. Mana pekerjaan yang sudah mendekati batas deadline. Dan buatlah perkiraan beberapa lama pekerjaan tersebut sekiranya akan di-handle. Ini untuk deadline selanjutnya. Supaya semuanya lebih terorganisasi

4. Selesaikan pekerjaan ‘mematikan’ di pagi hari

Saat pagi hari, otak masih sangat segar, jadi jika kamu memiliki pekerjaan atau tugas yang cukup sulit, lebih baik pada waktu ini. Dibandingkan mengecek berbagai pekerjaan, yang nantinya akan membuat ilusi susah pada pikiran. Ada baiknya untuk langsung eksekusi menyelesaikannya ya. Meski terlihat sulit, jika dikerjakan akan selesai juga kok. Percaya deh.

Baca juga: Tips Menciptakan Batasan untuk Keluarga saat Bekerja di Rumah

5. Beri hadiah untuk diri sendiri setelah selesaikan pekerjaan

Supaya harimu tetap baik-baik saja dan tetap cerah, kelelahan terbayar dengan indah, beri hadiah untuk diri sendiri. Hadiahnya terserah apa yang kamu gemari. Sesimple belanja online atau istirahat seharian.

6. Jangan melakukan multitasking

Banyak orang percaya melakukan multitasking akan membuat pekerjaan jadi lebih cepat. Namun, menurut penelitian, multitasking menyebabkan tidak produktif. Jika kamu pikir jika bisa melakukan multitasking dengan baik, coba pikir-pikir lagi. Memang cara paling optimal untuk produktif adalah melakukan satu pekerjaan dalam satu waktu.

Itulah tips-tips mudah yang bisa dilakukan supaya kamu tetap bisa produktif seharian suntuk. Pekerjaan akan terselesaikan dengan lebih baik tentunya.

  

Sumber: Lifehack

Comments

Loading...