OUR NETWORK

Membedakan Jerawat Akibat Stres dengan Breakout Lain

Membedakan Jerawat Akibat Stres dengan Breakout Lain
Foto: pexels.com

Siapa yang kalau lagi stres, jerawat langsung muncul?? Pasti nggak enak banget kan, Ladies. Rasanya kayak peribahasa “sudah jatuh, tertimpa tangga.” Sayangnya, stress acne atau jerawat akibat stres merupakan hal umum yang dapat terjadi pada siapa saja. Penasaran bagaimana cara membedakan dan menghilangkan stress acne? Langsung aja cek di bawah ini, Ladies! Tapi sebelum itu, kita kenalan dulu yuk dengan jerawat satu ini.

Penyebab stress acne

Berdasarkan penelitian, sekitar 41% wanita umur 25 sampai 40 tahun pernah mengalami jerawat stres. Hampir setengahnya ya, Ladies. Apakah penyebab jerawat akibat stres? Sudah jelas penyebabnya adalah stres hehe… 

Membedakan Jerawat Akibat Stres dengan Breakout Lain
Foto: byrdie.com

Lebih jauh lagi, stres berhubungan dengan hormon kortisol pada tubuh. Hormon inilah yang menyebabkan breakout pada kulit. Hormon kortisol akan mengganggu kestabilan sebum atau minyak di kulit, menyebabkan pori-pori tersumbat dan munculah jerawat.

Semakin stres, semakin tinggi hormon kortisol tersebut. Jadi deh stress acne. Jerawat akibat stres juga berbeda dengan jerawat karena menstruasi ya, Ladies. Dikarenakan hormon yang  berperan berbeda.

Baca juga: Kulit Alami Stres, Begini Tanda dan Cara Mengatasinya!

Letak jerawat

Letak jerawat akibat stres dapat bervariasi. Bisa jadi di dagu atau daerah rahang. Biasanya sih muncul di bagian kulit yang banyak mengandung minyak seperti T-zone. Stress acne biasa muncul disertai kemerahan dan rasa gatal. Beberapa juga disertai dengan pori-pori membesar, blackhead, whitehead, serta tekstur kulit berpasir, atau kasar.

Membedakan Jerawat Akibat Stres dengan Breakout Lain
Foto: pexels.com

Jangan panik! Lakukan hal berikut!

Kamu bisa melakukan spot treatment yakni dengan mengoleskan produk yang mengandung salicylic acid di jerawat tersebut. Kemerahan dan rasa sakit pada stress acne dapat diredakan dengan kompres air hangat ataupun air dingin. Lakukan dua kali sehari sampai breakout mereda.

Baca juga: Berjerawat di Usia Dewasa? Atasi dengan Hal Berikut

Jika kamu sering mengalami jerawat stress, saatnya mengganti skincare rutin kamu, Ladies. Pilih produk yang cocok dengan kulit kamu. Minum air yang cukup, pola makan yang sehat, dan tentunya manajemen stress yang baik dapat membantu mengurangi stress acne.

Jika kamu ingin hasil yang lebih optimal, saatnya konsultasi ke ahli dermatologis, Ladies. Tapi yang terpenting, usahakan mengatur tingkat stres kamu ya… Fighting!

 

 

Sumber: Byrdie

Comments

Loading...