OUR NETWORK

6 Perilaku Beracun yang Akan Menjauhkan Orang-orang Darimu

6 Perilaku Beracun yang Akan Menjauhkan Orang-orang Darimu

Pembahasan mengenai perilaku beracun atau toxic behavior tampaknya tidak pernah habis dibahas ya, Ladies. Wajar saja sebab perilaku ini akan memengaruhi hidupmu secara keseluruhan. Mengatasi perilaku beracun bukan saja akan membuatmu disukai banyak orang, tetapi hidupmu pun akan lebih tenang. Yuk, simak enam perilaku beracun yang harus Ladies hindari agar orang-orang terdekat atau teman baru betah dekat-dekat denganmu.

Baca juga: 9 Tanda Kamu Berada dalam Toxic Relationship

1. Mengambil segalanya secara personal alias baperan

Dalam sebuah buku mungil tetapi sakti mandraguna, The Four Agreements, Miguel Ruiz membahas pentingnya tidak menganggap personal segala persoalan. Yup, orang-orang cenderung menjadi beracun saat mereka menganggap bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan adalah penghinaan yang ditujukan kepadanya atau berputar di sekitarnya. Kenyataannya, kebanyakan hal-hal yang orang-orang katakan sesungguhnya lebih banyak mengenai dirinya sendiri daripada orang lain. Reaksi orang-orang terhadapmu adalah refleksi dari perspektif, luka, serta pengalaman mereka. Entah mereka menganggap Ladies luar biasa hebat atau buruk sekalipun, sesungguhnya itu lebih tentang diri mereka. Namun, bukan berarti Ladies harus menjadi seorang narsisis dan mengabaikan semua saran. Ada begitu banyak kesakitan, kekecewaan, serta kesedihan yang diakibatkan sifat baperan. Oleh sebab itu, lebih baik dan lebih sehat bagi Ladies untuk mengikhlaskan opini baik maupun buruk, dan lebih mengikuti hati, intuisi, serta kebijaksanaan untuk hidup.

2. Terobsesi dengan pemikiran negatif

Sangat sulit berada di sekitar orang yang tidak bisa atau tidak mau melepaskan negativitas. Orang yang terobsesi dengan pemikiran negatif gemar berbicara tanpa henti mengenai hal-hal mengerikan yang bisa dan telah terjadi, penghinaan yang mereka alami, serta derita ketidakadilan hidup. Orang-orang seperti ini biasanya dengan keras kepala menolak untuk melihat sisi positif dari kehidupan dan pelajaran positif dari apa yang terjadi. Pesimisme adalah satu hal, tapi tetap terkunci dalam pikiran negatif adalah hal lain. Realistis boleh, tapi kalau hanya melihat sisi negatif, dan hidup dengan pandangan bahwa segala sesuatu negatif dan akan menentangmu adalah cara berpikir dan hidup yang tidak seimbang.

3. Memperlakukan diri sendiri sebagai korban

Perilaku beracun lainnya adalah keluhan nonstop yang akan membakar rasa “menjadi-korban”-mu. Dengan yakin bahwa dirimu telah menjadi korban, bahwa Ladies tidak memiliki daya dan upaya untuk mengatur arah hidupmu, adalah racun yang membuatmu terjebak dan kerdil. Saat Ladies berhenti merengek dan menolak menganggap dirimu sebagai korban dari nasib, kesempatan, atau diskriminasi, Ladies akan melihat bahwa diri Ladies ternyata jauuuuh lebih kuat dari yang Ladies kira.

4. Kejam – kurang rasa empati, kasih sayang, atau menempatkan diri pada posisi orang lain

Salah satu perilaku yang paling beracun dan merusak, yaitu kekejaman, berasal dari kurangnya total empati, perhatian atau belas kasih bagi orang lain. Contohnya dapat Ladies lihat setiap hari secara online dan di media. Orang-orang menjadi sangat kejam dan merusak bagi orang lain hanya karena mereka bisa melakukannya. Mereka meruntuhkan orang-orang secara online tetapi dengan cara pengecut, yaitu menggunakan anonimitas sebagai senjata. Kekejaman dan pengkhianatan yang akan merobek seseorang sampai hancur adalah racun, dan sesungguhnya hal itu bukan hanya menyakiti korban, tetapi juga pelaku. Mengapa? Sebab segala sesuatunya berputar. Kekejaman akan berbuah kekejaman pula. Oleh sebab itu, hentikan kejahatan dan kekejaman dan mulailah menebarkan kasih sayang.

5. Reaktivitas yang berlebihan

Ketidakmampuan diri untuk mengelola emosi adalah racun bagi diri dan orang-orang di sekitarmu. Contohnya banyak sekali loh Ladies. Misalnya saja pelanggan bank yang marah-marah pada teller karena antrean yang panjang, berteriak dan memaki rekan kerja karena kesalahan yang dibuat, atau memarahi adik atau anak saat mereka menumpahkan makanan. Marahnya sebentar, tetapi efeknya panjang. Jika Ladies sering menemukan diri Ladies lepas kendali seperti itu, segeralah cari bantuan ahli untuk menyelesaikan masalah hingga ke akar.

6. Membutuhkan validasi secara kontan

Orang yang haus akan validasi dan harga diri dengan terobsesi pada pencapaian-pencapaian sangat lelah untuk ditemani. Mereka yang terjebak dalam keinginan untuk membuktikan diri mereka akan terus-menerus ingin menang dari rekan/teman sangatlah beracun dan menguras akal sehat. Bersikap terlalu kaku pada bagaimana hal harus terlihat dan berjalan, serta keharusan untuk meraih capaian tertentu, alih-alih hidup dengan lebih fleksibel dan santai akan menguji akal sehat diri dan orang-orang di sekitarmu. Hidup bukan sekadar sukses ataupun gagal hari ini, tetapi lebih besar dari itu. Hidup adalah mengenai perjalanan, proses dan langkah yang terus dan terus Ladies pelajari dan terapkan.

Baca juga: 9 Ciri Toxic Friends yang Harus Kamu Waspadai

Nah, itu dia beberapa perilaku beracun yang bisa mengancam hubunganmu dengan orang-orang terdekat. Kalau kamu mulai mengalaminya, jangan ragu untuk berbicara dengan orang yang kamu percaya untuk membantumu mencari solusinya, Ladies.

Sumber: Thrive Global, Foto cover: jackiemoorewagner.com

Comments

Loading...