OUR NETWORK

9 Ciri Toxic Friends yang Harus Kamu Waspadai

9 Ciri Toxic Friends yang Harus Kamu Waspadai

Teman adalah keluarga dari orang tua yang berbeda. Namun, hati-hati dalam memilih teman ya Ladies sebab ada juga loh teman yang memberikan pengaruh buruk bagi Ladies alias toxic friends. Berteman dengan orang-orang beracun ternyata memberikan efek yang jauh lebih besar dari yang Ladies duga. Biasanya Ladies akan menjadi rendah diri, pesimis, dan bahkan membenci diri sendiri karena pengaruh yang beracun tersebut. Jadi, daripada Ladies salah memilih teman, lebih baik kenali ciri toxic friends tersebut agar dapat menjaga jarak sesegera mungkin.

1. Selalu fokus ke sisi negatif dari segala sesuatu.

Hidup akan selalu dipenuhi fluktuasi. Namun, toxic friends akan selalu berfokus pada sisi negatif dan jarang mencari sisi positif dari segala peristiwa. Hal tersebut akan memengaruhi Ladies dan hasilnya, mood, dan motivasi Ladies pun akan menurun drastis. Memahami hal negatif pada satu peristiwa memang penting, tetapi kalau sudah terlalu fokus hingga berefek negatif, duh mending jangan ya Ladies.

2. Tidak pernah bersedia mendengarkan.

Apakah Ladies memiliki teman yang apabila terkena masalah, ia akan mendatangimu. Namun saat Ladies terkena masalah, ia akan sulit ditemukan. Jika iya, lebih baik Ladies jaga jarak saja sebab teman jenis tersebut termasuk teman beracun yang akan membuatmu merasa lebih kesepian.

3. Selalu menyadari kelemahan dan kekuranganmu dengan cepat.

Kejujuran adalah hal yang penting di segala hubungan, baik keluarga, asmara, maupun pertemanan. Namun, ketika kejujuran berubah menjadi kritik pedas, maka hubungan tersebut sudah termasuk ke dalam kategori beracun. Saling kritik memang wajar. Namun jika Ladies memiliki ketakutan untuk curhat pada teman karena ia akan segera mengkritik dan menghakimi alih-alih memberikan dukungan, bisa jadi teman tersebut adalah jenis toxic friends.

4. Cepat marah.

Bertengkar dengan teman adalah hal yang sangat biasa. Namun, teman beracun akan selalu marah padamu, bahkan meskipun kesalahanmu kecil dan tidak perlu dibesar-besarkan. Akibatnya, Ladies akan merasa bersalah jika memberikan argumen.

5. Tidak senang dengan kesuksesanmu.

Teman yang tidak mengapresiasi kesuksesanmu kemungkinan besar adalah teman beracun. Teman sejati adalah teman yang berbahagia saat Ladies bahagia dan selalu mendukung hal positif yang Ladies lakukan.

6. Selalu membicarakan diri sendiri.

Adakah seorang teman yang gemar membicarakan prestasi ataupun raihan dalam hidup mereka tanpa mau memberikan waktu Ladies bercerita mengenai hidup Ladies? Nah, teman seperti itu kemungkinan besar adalah teman beracun. Sikap tidak peduli dan egois seperti itu hanya akan membuat Ladies merasa tidak penting dan tidak bermakna.

7. Tidak pernah memikirkan perasaan orang lain.

Ladies mungkin memiliki teman yang blak-blakan sehingga dari mulutnya, keluar komentar apapun, entah itu pedas, manis, atau asam. Namun apabila teman tersebut melakukan hal tersbeut untuk kepentingannya sendiri atau sengaja melukai Ladies, lebih baik Ladies jaga jarak saja deh.

8. Memaksa untuk melakukan hal yang tidak membuat nyaman.

Berteman dengan orang yang selalu mendukung hal yang Ladies lakukan memanglah baik. Namun apabila teman sudah berani memaksa Ladies untuk melakukan hal-hal yang membuat Ladies tidak nyaman, apalagi negatif, lebih baik jaga jarak saja ya, Ladies.

9. Tidak bersedia untuk berubah.

Manusia pada dasarnya akan selalu berubah dan sesungguhnya perubahan adalah hal yang sangat penting. Untuk menjaga hubungan baik dengan siapapun, setiap orang harus beradaptasi terhadap kondisi yang pasti mengalami perubahan. Apabila ada teman yang ingin melakukan segalanya sesuai dengan keinginannya tanpa bersedia berubah alias egois dan keras kepala, kemungkinan besar teman tersebut termasuk beracun.

Itu dia ciri toxic friends yang harus kamu waspadai, Ladies. Kamu pernah berpengalaman punya teman seperti ini, Ladies?

Sumber: Lifehack, Foto cover: pairedlife.com

Comments

Loading...