OUR NETWORK

Atasi Jerawat Punggung dengan Produk Rekomendasi Para Ahli Dermatologi

Atasi Jerawat Punggung dengan Produk Rekomendasi Para Ahli Dermatologi
Foto: bustle.com

Jerawat di wajah yang selama ini kamu lawan dengan berbagai macam cara, bisa muncul di area lain pada tubuhmu, seperti punggung. Hal ini disebabkan oleh pakaian yang ketat atau berkeringat, sehingga pori-pori serta folikel rambut pada tubuhmu rentan tersumbat oleh kotoran, keringat, dan minyak di balik pakaian tersebut. Hingga akhirnya, muncul deh jerawat pada punggung, dada, atau lenganmu, Ladies.

Begitu pula dikatakan oleh dokter kulit di Texas, Heidi Prather, jerawat punggung terjadi ketika siklus pori-pori tersumbat, mengalami peradangan, dan pergantian kulit yang buruk dan tidak nyaman. Sehingga hal-hal ini kemudian mengakibatkan munculnya jerawat di punggung. Ia juga menambahkan bahwa kemunculan jerawat ini dapat berbentuk komedo kecil, pustula inflamasi, atau lesi kistik yang dalam dan lunak.

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Meski tampak sulit, kamu tidak perlu khawatir, Ladies. Sebagaimana jerawat pada wajah, jerawat pada punggung juga dapat dicegah dan diobati. Oleh karena itu, langkah pertama yang disarankan Prather ketika kamu mengalaminya ialah dengan mengidentifikasikan potensi pemicu kemunculan jerawatmu. Apakah dari makanan atau produk perawatan tubuh hingga rambut yang kamu gunakan? Penting untuk kamu selidiki, Ladies.

Atasi Jerawat Punggung dengan Produk Rekomendasi Para Ahli Dermatologi
Foto: rsvplive.ie

“Produk rambut seperti kondisioner atau yang mengandung silicon dan minyak dapat meninggalkan banyak residu pada kulit, sehingga pori-pori dan jerawat tersumbat. Hal yang perlu dilakukan ialah menyaring produkmu, ketahui mana yang komedogenik dan bukan. Sementara itu, pada produk perawatan tubuh seperti lotion, pilihlah yang memiliki tekstur ringan, hindari krim berat dan minyak pijat yang berpotensi memperburuk jerawat,” jelasnya.

Jika langkah sederhana ini tidak berhasil menghilangkan jerawat di tubuhmu, maka, kamu memerlukan beberapa produk berikut yang disarankan ahli dermatologi untuk membantu melawannya. Meski bentuknya serupa, namun, ahli dermatologi mengingatkan bahwa untuk melawan jerawat punggung tidak dapat menggunakan cara yang sama dengan jerawat pada wajah. Mengingat, area punggung merupakan lokasi yang lebih rawan terkena gesekan dan penumpukan kotoran, keringat, serta minyak. “Penting untuk menghindari sikap yang terlalu agresif pada perawatan jerawat di punggung untuk mencegah iritasi,” jelasnya. Nah, sudah penasaran, bukan, apa saja produk yang ampuh menurut para dermatologi? Langsung saja, lihat yuk!

1. Neutrogena Pink Grapefruit Body Clear Body Wash

Atasi Jerawat Punggung dengan Produk Rekomendasi Para Ahli Dermatologi
Foto: shopee.com

Dengan tekstur grapefruit-spiked yang ada di dalamnya, botol pink Neutrogena ini telah menjadi produk favorit banyak orang untuk membersihkan jerawat di tubuhnya, begitu pula ahli dermatologi. Meski kuno, Dokter Kulit dari New York, Michelle Henry, mengaku, produk ini sangat bagus. “Produk ini mengandung asam salisilat yang bagus untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat, selain itu, aromanya juga sangat menyegarkan,” jelasnya. Produk ini dibandrol dengam harga senilai $9 atau setara dengan Rp126 ribu.

2. SkinCeuticals Clarifying Exfoliating Cleanser

SkinCeuticals Clarifying Exfoliating Cleanser merupakan pembersih yang menyeimbangkan kerja eksfoliasi lembut dari batu apung dengan tiga kandungan kuat acne-fighting, seperti glikolat, laktat, dan asam salisilat. Untuk hasil yang maksimal, ketika menggunakannya, sebaiknya didiamkan selama beberapa menit sebelum dibilas. Produk ini dibandrol dengan harga seniai $35 atau setara dengan Rp491 ribu.

3. ZO Skin Health Oil Control Pads Acne Treatment

Selain asam salisilat dan glikolat, kandungan lain yang direkomendasikan oleh Prather untuk berjuang melawan jerawat ialah witch hazel, sebagaimana yang terkandung di dalam ZO Skin Health pads. Ketebalannya yang dinilai tepat dan memiliki daya tahan yang lama, membuat ZO Skin Health pads dapat memungkinkanmu merawat jerawat di beberapa area sekaligus. Buat kamu yang tertarik, kamu perlu merogoh kocek agak dalam senilai $62 atau setara dengan Rp870 ribu.

4. Glytone Acne Treatment Spray Back & Chest

Atasi Jerawat Punggung dengan Produk Rekomendasi Para Ahli Dermatologi
Foto: millerfamilydermatology.com

Setelah membersihkan tubuh, sebagaimana pada wajah, Prather merekomendasikanmu untuk mengoleskan toner yang mengandung bahan anti jerawat. Sekilas hal ini memang tampak sulit untuk meraih bagian belakang, apalagi jika produk yang digunakan membutuhkan waktu lama untuk mengering. Namun, kamu tidak perlu khawatir soal itu, karena produk seperti Glytone ini dapat mengering dengan cepat di tubuhmu. “Karena bagian belakang adalah area yang sulit dijangkau untuk menerapkan topical, carilah produk yang ramah pengguna dengan bentuk semprotan botol, sehingga dapat dengan mudah diaplikasikan ke area punggungmu, seperti Acne Treatment Spray dengan kandungan 2 persen asam salisilat ini,” jelas Prather. Dengan bentuk yang sangat fungsional, produk ini hanya dibandrol senilai $42! atau setara dengan Rp589 ribu.

5. Differin Adapalene Gel 0.1% Acne Treatment

Jika kemunculan jerawat pada tubuhmu tampak berkonsentrasi pada titip tertentu seperti bahu atau dadamu, Dokter Kulit di Connecticut, Deanne Mraz Robinson, merekomendasikan untuk menggunakan Differin Gel. Produk ini merupakan resep topical retinoid yang tersedia di konter dan dapat diperoleh tanpa resep. “Ini dapat membantu menjaga pori-pori tetap terbuka, membersihkannya dari sumber penyumbat seperti sebum dan bakteri,” jelasnya. Nah, buat kamu yang tertarik, kamu bisa memperolehnya dengan membayar senilai $29 atau setara dengan Rp406 ribu.

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat Berdasarkan Tipenya

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli salah satu dari beberapa produk pada ulasan di atas, langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah memastikan kondisi jerawat yang kamu alami dan di area mana ia muncul. Hal ini tentunya akan membantumu untuk memilih produk mana yang cocok untukmu. So, kamu akan terhindar dari salah produk dan dapat melawan jerawat secara maksimal, Ladies.

 

Sumber: Allure

Comments

Loading...