OUR NETWORK

5 Skill Penting Yang Harus Kamu Persiapkan di Masa Yang Akan Datang

5 Skill Penting Yang Harus Kamu Persiapkan di Masa Yang Akan Datang
Foto: industryweek.com

Seiring semakin cepatnya perkembangan zaman yang terjadi, maka semakin besar pula perubahan yang terjadi di dunia kerja. Untuk itu bagi kalian yang tidak mau berkembang, maka bersiaplah pada ketertinggalan, Ladies. 

Saat ini kita dituntut untuk bisa melakukan banyak hal. Mempersiapkan diri dan terus mengasah  skill yang akan dibutuhkan di masa depan adalah cara terbaik agar bisa bersaing di kemudian hari. Apa sih yang sebenarnya terjadi?

Perubahan yang terjadi ini bukan tanpa sebab. Pasti kamu juga sudah merasakannya. Kita bisa dengan mudahnya berinteraksi dengan orang-orang dari belahan dunia manapun dengan bekerja secara remote dan dengan orang-orang lintas budaya sekalipun. Juga perkembangan teknologi seperti yang selama ini kita nikmati di film-film sci fi mulai mampu menggantikan pekerjaan kita di dunia nyata saat ini. Maka sangat diperlukan untuk mulai mempelajari skill-skill terbaru pada level yang lebih tinggi. Sebagai contoh, kita sekarang bisa mengumpulkan dan memproses data yang bisa digunakan sebagai kebutuhan bisnis kita yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Dengan semua perubahan itu, maka dengan sadar kita memang harus mulai mengembangkan skill kita untuk kebutuhan di pasaran nantinya. 

Ini adalah 5 skill penting yang bisa mulai kamu asah dari sekarang untuk masa depan.

1. Kecerdasan Emosional

Skill yang bisa mulai kamu asah adalah kecerdasan emosional. Saat ini pun, dengan banyaknya tekanan pekerjaan kita dituntut untuk mampu mengendalikan emosi kita dan hal ini pun menjadi semakin penting. Kecerdasan emosional adalah kemampuan kita untuk memahami dan mengekspesikan emosi kita. Dengan begitu, kita juga lebih peka untuk memahami emosi orang lain, apalagi rekan kerja kita. Mengembangkan kecerdasan emosional adalah hal yang harus difokuskan saat ini. 

2. Kreativitas

Sebagai manusia kita memang memiliki kreativitas, mampu berhayal dan juga menciptakan hal baru. Dengan adanya kreativitas, kita mampu menciptakan hal-hal baru, yang hasilnya adalah pertumbuhan ekonomi. Semua orang dituntut untuk menjadi kreatif zaman sekarang. 

Baca juga: Ingin Tingkatkan Kreativitas? Ikuti Tips Ini, Yuk!

3. Fleksibilitas dan mampu beradaptasi

Yang terjadi saat ini adalah semakin banyaknya pekerjaan dan skill yang sudah tidak lagi dibutuhkan, tapi ada banyak juga profesi baru yang muncul. Maka dari itu, fleksibilitas dalam memposisikan diri serta mampu beradaptasi pada keadaan saat ini sangat diperlukan serta untuk selalu penasaran dan mencoba hal baru. Dengan begitu, nantinya kita akan lebih siap untuk menghadapi ketidakjelasan pada masa depan. 

4. Literasi data 

Di industri revolusi yang sedang kita jalani saat ini, kita dituntut untuk mampu membaca data. Jelas alasannya karena perusahaan saat ini dibombardir oleh data. Sehingga kita dituntut untuk memiliki keterampilan membaca data untuk mengekstraksi wawasan dan mengambil keputusan yang lebih baik dengan bantuan dari data yang ada. Hanya ada segelintir orang yang mampu mengolah data, sedangkan sangat dibutuhkan saat ini. Tenang, kamu nggak harus menjadi ilmuwan data kok, kamu bisa melatih skill ini dengan cara selalu bertanya “kenapa” setiap kali kamu membaca data yang sudah kamu peroleh. Kamu harus bisa menjawab setiap pertanyaan dari mana data itu datang dan bagaimana cara menggunakannya. 

5. Kecerdasan teknologi

Keterampilan yang lainnya yang kamu butuhkan di industri masa depan adalah kecerdasan teknologi. Saat ini pun sudah banyak sekali bisnis yang menggunakan teknologi, dan secara tidak disadari pun teknologi sudah membentuk dunia kita sekarang. Teknologi yang dimaksud termasuk kecerdasan buatan ‘AI’, big data, pengembangan realitas robotik, kemampuan mentransfer data ke jaringan, pencetakan 3D, catatan transaksi digital ‘blockchain’, dan ketika semuanya saling berhubungan maka akan terjadi perubahan di dunia nantinya. Semua orang harus dengan sadar mengetahui perubahan itu apa dan seberapa cepat teknologi itu berkembang, dan apa yang nantinya akan dibutuhkan. 

Baca juga: Ingin Mempertajam Daya Ingat Otak? Lakukan Tips Ini, Yuk!

Agar tak ketinggalan zaman, yuk kita mulai mempersiapkan diri pada perubahan yang semakin cepat ini, Ladies.

 

Sumber: Forbes

Comments

Loading...